TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Ingin Ganti Ban Mobil? Kenali Tanda Ini!

Ban tergolong komponen sangat penting dan menimbulkan resiko kecelakaan jika kondisi ban botak dan aus. Mungkin ban mobil menjadi salah satu area yang sering luput dari perhatian Sahabat Daihatsu, kan?




Ban pada kendaraan merupakan salah satu bagian penting pada sistem kenyamanan dan keamanan kendaraan Sahabat. Fungsi ban sebagai sistem kenyamanan adalah mengurangi getaran pada kontur jalan yang dilalui.

Sedangkan fungsinya sebagai sistem keamanan adalah salah satu komponen keselamatan, akselerasi, pengendalian, dan sebagai tumpuan cengkraman kendaraan terhadap jalan pada saat melakukan pengereman.

Ban yang sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram, yang sangat berbahaya apabila digunakan pada kondisi jalan basah saat melakukan pengereman mendadak. 

Sehingga penting bagi Sahabat untuk tahu kapan waktu yang tepat harus mengganti ban kendaraan. Yuk, perhatikan langkah-langkah mudah untuk mengenali kondisi ban berikut ini:


1. Perhatikan Indikator TWI



Setiap ban pastinya memiliki  tread wear indicator  (TWI). Indikator ini biasanya terletak disela-sela alur kembang ban dan berbentuk segitiga. 

Tanda ini merupakan patokan keausan ban. Karena jika alur atau kembangan sudah habis, maka daya cengkram ban terhadap jalan pun mulai berkurang.


2. Cek Ketebalan Alur Kembang Ban




Ketebalan alur kembang ban bisa Sahabat lakukan secara visual untuk mengetahui kondisi ban. Kalau alur kembang sudah semakin tipis, berarti ban sudah tergolong aus dan perlu diganti. Karena sangat berbahaya jika dipakai saat jalanan dalam kondisi basah.


3. Perhatikan Benjolan pada Ban




Benjolan pada ban biasanya disebabkan adanya kawat penguat konstruksi ban yang terputus. 

Kondisi ini bisa ditimbulkan oleh berbagai sebab, di antaranya bisa terjadi karena tekanan angin yang sering kurang, kondisi kawat ban yang sudah mulai tua dan juga bisa disebabkan karena  sering melalui kondisi jalan yang rusak atau banyak jalan berlubang.

Jika memang terdapat benjolan, maka ban harus cepat diganti. Hal ini karena ban yang sudah terdapat benjolan biasanya tidak tahan panas dan sangat rawan pecah jika dibiarkan terlalu lama.


4. Sudah Banyak Tambalan




Jangan membiarkan ban kendaraan Sahabat terlalu banyak dengan berbagai tambalan. Semakin banyak tambalan di ban bisa berakibat putaran roda tidak seimbang. 

Dan itu sangat berpengaruh ke kenyamanan dan keamanan berkendara. Oleh karena itu, segera ganti ban kendaraan Anda.


So, perhatikan lagi ya kondisi mobil Sahabat jika ingin berkendara, karena keselamatan adalah segalanya. Semoga langkah diatas dapat bermanfaat dalam merawat mobil Sahabat Daihatsu.

2017-09-13 02:20:43