TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Lakukan 4 Tips Antisipasi Debu Vulkanik Supaya Tidak Merusak Cat Mobil!

Abu vulkanik selain memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan, juga turut membuat kerugian bagi warga yang memiliki kendaraan bermotor khususnya mobil. Seperti bencana letusan Gunung Agung yang menyebarnya abu vulkanik dihampir seluruh Pulau Bali.

Perlu kamu ketahui dalam abu vulkanik terdapat unsur asam sulfat yang sangat kental yang mampu menyebabkan korosi, merusak cat dan dapat menggores kaca mobil kamu loh!


Jika tidak cepat dibersihkan maka akan menyebabkan kondisi yang lebih buruk terjadi pada kendaraan kesayangan kamu, tentu tidak mau kan? Oleh karena itu buat kamu yang mobilnya terkena abu vulkanik, yuk simak cara berikut ini untuk membersihkannya dari mobil kamu.


1. Siram Air Secara Hati-Hati

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan status gunung sudah tidak erupsi dan tidak menyebar abu lagi.  Jika kamu rasa sudah aman, kamu bisa mulai menyemprot air ke mobil kamu. 

Tapi, untuk mengurangi risiko yang terjadi dari gesekan antara abu dengan cat mobil, maka kamu harus pintar-pintar mengatur tekanan air yang kamu gunakan ya. 

Jangan menggosok permukaan mobil dengan jenis kain apapun, apalagi kain yang berbahan kasar. Karena abu vulkanik memiliki tekstur yang dapat merusak lapisan cat dan kaca mobil loh. Jadi, pelan-pelan saja yang penting bersih.


2. Tingkatkan Tekanan Air

Periksa bagian ban dan bagian kaki-kaki mobil kamu, untuk membersihkan kotoran pada bagian ini sebaiknya kamu meningkatkan tekanan air pada selang agar memudahkan kamu  dalam membersihkan sisa kotoran yang menempel. Kamu juga harus sabar dan teliti ya, untuk membersihkan sela-sela bagian sempit di area bawah mobil tersebut.


3. Gunakan Sampo Mobil

Karena abu vulkanik mengandung asam, maka siapkan sampo yang biasa kamu gunakan untuk mencuci mobil. Sampo kendaraan yang baik harus memiliki kadar PH yang netral, hal ini juga mampu menjaga kualitas cat mobil. 

Setelah kamu merasa sisa-sisa abu vulkanik sudah menyingkir dari kendaraan kamu. Ulangi langkah ini sekali lagi dengan sampo yang sama dan perhatikan di sela-sela jendela, dimana abu vulkanik mungkin masih tersisa. 

Jika sudah selesai, bilas kendaraan menggunakan tekanan air yang sedang serta menggunakan kain yang bersih untuk mengelap bagian yang basah.


4. Tutup dengan Cover Kendaraan

Jika sebelumnya kamu tidak pernah memiliki cover kendaraan, maka ini waktu yang tepat untuk membelinya. Jika sudah bersih, maka hal terbaik adalah merawatnya dengan baik. Kamu nggak mau kan sudah bersihin capek-capek lalu kotor lagi?

Cover kendaraan memiliki fungsi yang baik untuk melindungi kendaraan dari debu dan kotoran lain yang mungkin saja menghampiri.


Jadi, Itulah beberapa tips Sahabat Daihatsu untuk membersihkan mobil dari abu vulkanik, selamat mencoba ya.

2017-12-07 02:12:42