TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Ingin Punya Mobil Bekas Tapi Rasa Baru? Ini Dia Tips Memilihnya


Kamu seorang karyawan yang ingin punya mobil baru tapi keuangan belum mendukung? Tenang jangan bersedih. Nah, ini salah satu alternatifnya adalah membeli mobil bekas.

 

Memang terkadang banyak isu yang beredar kalau mobil bekas itu cepat rusak. Bahkan ada pembeli yang apes, baru beli tapi harus mengeluarkan biaya cukup banyak untuk perawatan atau ganti komponen mobil.

 

Namun, jangan dulu memandang sebelah mata terhadap mobil bekas. Teliti sebelum membeli adalah kuncinya. Jika kamu membeli dengan teliti, kamu akan mendapatkan mobil bekas yang bagus dan berkualitas kok.

 

Baca Juga : Plus Minus Beli Mobil Bekas Produksi Lama

 

Untuk membantu kamu memilih mobil bekas kualitas, nah berikut ini tips cerdas yang perlu kamu lakukan.

 

Cari Informasi Sebelum Membeli

 

Sebelum kamu membeli mobil, utamakan untuk riset sedalam-dalamnya mengenai mobil bekas tersebut. Riset mengenai mobil bekas ini dapat kamu temukan sumbernya dari mana saja, baik dari teman, dari situs-situs otomotif ataupun media sosial.

 

Dalam riset tersebut, sebaiknya kamu mencari mengenai jenis mobil, perbandingan setiap mobil, spesifikasi mobil dan harga. Pastikan juga mobil tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu ya.

 

Baca Juga : Mobil Baru atau Bekas, Mana yang Lebih Ekonomis?

 

Tentukan Tempat Membeli

 

Memang kini ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya. Namun, belilah di showroom yang benar-benar terpercaya dan sudah mempunyai nama seperti di Mobil88.

 

Sehingga kalau ada masalah apapun bisa langsung mendatangi tempat tersebut dan tentunya showroom juga menjaga nama baiknya. Bisa juga dari situs-situs iklan mobil yang memungkinkan kamu untuk COD – an (Cash On Delivery). Supaya kamu leluasa untuk mengecek kondisi mobil yang ingin kamu beli.

 

Baca Juga : Asyiknya Cari Mobil Seken di Mobil88 Daihatsu

 

Awali Cek Bagian Eksterior Mobil

 

Setelah kamu menemukan penjual dan tempat mobilnya, maka tips membeli mobil bekas selanjutnya yaitu pengecekan. Awali pengecekan pada bagian bodi mobil.

 

Perhatikan mulai dari apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini, kondisi cat-nya, bagian kaca dari retakan, bagian lampu, apakah ada yang pecah dan pastikan menyala dengan baik.

 

Perhatikan juga keadaan keempat bannya, masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat kondisi dari karatan dan keropos.

 

Baca Juga : Untung Rugi Mobil Baru dan Bekas

 

Perhatikan Performa Mesin Mobil

 

Inilah bagian penting dari proses pengecekan yang harus paling diperhatikan dan tidak boleh terlewatkan. Hidupkan mesin mobil lalu perhatikan suara mesin yang menyala. Mesin baik adalah mesin yang terdengar halus, nggak kasar dan mudah di-starter.

 

Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive. Coba untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar ya.

 

Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya kamu berpikir dua kali untuk membelinya.

 

Baca Juga : Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini

 

Cek Interior Mobil dan Aksesoris

 

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah memerhatikan bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa komponen interior mobil dan aksesoris yang perlu kamu cek yaitu bagian dashboard, karpet, setelan AC, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya.

Bagian kaca juga nggak boleh terlewat dari perhatian dengan mencoba cek fungsi dari kaca mobil. Cek juga tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil.

 

Terakhir, coba juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk kamu coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.

 

Baca Juga : 10 Tips Menjual Mobil Bekas Secara Online

 

Periksa Kelengkapan Surat-surat

 

Surat-surat kendaraan adalah hal yang paling wajib kamu perhatikan saat membeli mobil. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut ya Sahabat, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi loh.

 

Pastikan bahwa  mobil yang akan kamu akan beli memiliki BPKB dan STNK yang cocok dengan nomer mesin dan rangka kendaraan. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka kamu akan memudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

 

Baca Juga : Plus Minus Beli Mobil Bekas Produksi Lama

 

Cek History Asuransi

 

Tips membeli mobil bekas  terakhir adalah dengan menanyakan asuransi, kamu bisa mengetahui kualitas mobil tersebut. Selain itu, asuransi juga menjamin kamu jika terjadi kerusakan ataupun kecelakaan pada mobil yang kamu beli. Dari riwayat asuransi juga kamu dapat mengetahui kondisi mobil.

 

Jangan khawatir asuransi bisa dipindah tangankan kok, cukup melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen jual-beli yang komplet agar proses balik nama asuransi ini bisa berjalan dengan lancar.

 

Baca Juga : Tips Menentukan Harga Mobil Bekas Dijual Kembali

 

So, selalu teliti dalam setiap proses pengecekan mobil bekas ya Sahabat. Jika beruntung kamu bisa dapat mobil bekas dengan kualitas yang bagus loh dengan menerapkan tips membeli mobil bekas di atas.

 

Nah tapi, kalau kamu merasa memiliki dana yang cukup nggak ada salahnya kok membeli mobil yang baru.

2018-02-15 11:20:48