TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Radiasi Smartphone Sangat Berbahaya! Ini 5 Cara Mencegahnya


Kemajuan teknologi selalu menghasilkan dua hal yang menguntungkan dan merugikan, salah satunya adalah smartphone. Bahaya radiasi smartphone merupakan salah satu dampak buruk dari kemajuan teknologi zaman now.

Menurut sumber kelompok ahli yang terdiri atas pakar internasional yang dikumpulkan oleh World Health Organization menyebutkan, smartphone mungkin bersifat karsinogenik pada manusia. Hal tersebut terungkap setelah mereka meneliti smartphone yang sudah pernah dipublikasikan.

Sebenarnya banyak cara mengurangi dampak buruk dari radiasi smartphone. Nah, yuk simak cara berikut ini untuk mencegah radiasi smartphone terhadap tubuh manusia.

1. Kurangi Bluetooth dan Headset Wireless


Menggunakan headset memang bisa menjadi pilihan untuk mengurangi radiasi smartphone. Namun ingat ya Sahabat, pilih headset biasa aja ya, yang masih menggunakan kabel untuk terhubung dengan smartphone. Jangan menggunakan headset wireless ya.

Selain harganya lebih murah tentunya aman dari radiasi loh. Fitur bluetooth di smartphone juga jangan terus menerus diaktifkan, sebab jika terus aktif akan menimbulkan radiasi yang nggak berhenti. Gunakan seperlunya saja ya.

2. Hindari Ruang Sempit


Sudut ruangan yang biasanya sepi namun di sisi lain terkadang juga menjadi tempat di mana sinyal telepon menjadi lemah. Nah, sinyal yang lemah justru bisa memicu radiasi yang lebih tinggi.

Hal ini berlaku saat kamu berada di lift, basement atau mobil. Sebaiknya nggak usah sering-sering menelpon ya.

3. Usahakan Diam di Tempat Ketika Menelpon


Ketika ada telepon ketika kamu sedang di jalan, usahakan berhenti dulu ya disatu tempat. Kenapa seperti itu?

Nah, dalam keadaan kamu bergerak maka sinyal smartphone akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari BTS (Base Transceiver Station). Kegiatan ini justru berbahaya yang membuat radiasi semakin kuat terpancar loh.

4. Jangan Selalu Menempel dengan Smartphone


Smartphone yang kamu gunakan boleh saja menjadi gadget kesayangan, apalagi kalo udah asyik main Mobile Legends. Nah, tapi ingat ya kesehatan itu lebih penting, ada baiknya kamu jangan selalu nempel dengan smartphone tersebut.

Berilah waktu istirahat kamu dan smartphone. Ohiya, kalau sedang nggak kamu digunakan, rekomendasinya ditaruh di tas atau di atas meja ya. Hal ini lebih baik daripada kamu letakkan di kantong celana kamu loh.

5. Jauhkan Smartphone Saat Tidur Malam


Biasanya kita main smartphone ketika mau tidur dan lupa menjauhkannya, bukan? Inilah kebiasaan buruk yang susah dihilangkan.

Nah, meski sedang nggak digunakan, smartphone akan terus mencari sinyal yang memicu radiasi. Oleh karena itu, jika kamu ingin tidur di malam hari dengan smartphone menyala, jangan pernah letakkan smartphone di dekat dengan kepala kamu ya.

So, hidup di zaman now seperti ini, membuat kita nggak bisa lepas dari kebutuhan menggunakan smartphone, kan? Nah tapi ingat ya, kesehatan itu lebih penting. Yuk, mulai bijak dalam menggunakan smartphone.

2018-02-19 01:24:19