TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Lakukan 7 Persiapan Ini! Dijamin Bikin Perjalanan Mudik Lebih Menyenangkan!

Sebuah tradisi mudik tidak lepas dari kehidupan setiap keluarga. Berkumpul bersama keluarga tercinta setelah setahun hidup di tanah rantau adalah sebuah kebahagian tersendiri.

Nah, buat kamu yang merencanakan mudik dengan menggunakan mobil pribadi pasti sangat mebutuhkan persiapan yang lebih dari mulai kondisi mobil hingga kondisi fisik pengendara.

Baca juga : 7 Bagian Penting Mobil yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik

Nah, sebaiknya melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Yuk, perhatikan beberapa bagian mobil yang perlu kamu periksa sebelum melakukan perjalanan mudik:

 

Perhatikan Oli Mesin



Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F dan seharusnya sedikit di bawah garis level F, jika kurang tambahkan secukupnya. Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli kamu masih cukup untuk jarak yang akan ditempuh.

 

Air Radiator

Pastikan air radiator mobil kamu dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level atau tidak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir.

Bila menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti guna menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Jika kamu tidak mengerti untuk pengecekan sendiri alangkah baiknya untuk membawanya ke bengkel langganan kamu.

 

Kondisi Filter dan Selang Bensin

Pastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu pastikan juga filter bensin tidak tersumbat. Bagi kamu yang sering melakukan servis rutin berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.

 

Cek Kondisi Aki

Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki. Jika kurang tambahkan dengan air aki murni sampai batas yang seharusnya, demi menjaga kualitas aki mobil.

 

Ban dan Rem

Ban yang kondisinya sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram terhadap jalan. Cek kondisi ban baik itu secara fisik dan tekanan ban. Tekanan ban mobil normalnya sekitar 30-34 psi.

Periksa juga level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicek kemungkinan adanya kebocoran. Periksa selang, master rem dan periksa apakah ada basah di bagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

 

Lampu

Cek secara keseluruhan kondisi lampu mobil kamu. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Bila ada lampu yang mati atau kondisinya mulai, sebaiknya kamu segera menggantinya. Untuk mencegah lampu mobil mati ketika dalam perjalanan.

 

Wiper

Ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wiper kaca mobil dapat berfungsi dengan baik. Bila kamu masih merasa ragu dengan cara pemeriksaan yang benar maka sebaiknya bawalah mobil kamu ke bengkel resmi atau bengkel mobil langganan.

Baca juga : Jangan Sembarangan Pasang Roof Box di Mobil, Perhatikan Tips Ini!

Ada baiknya untuk melakukan service mobil di bengkel Daihatsu terdekat, supaya perjalanan semakin aman dan nyaman. So, jika semua persiapan mobil kamu rasa sudah cukup. Jangan lupa persiapkan fisik kamu untuk memulai perjalanan jauh dan melelahkan.

2018-06-08 11:16:12