Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Peraturan dan Larangan di Gunung Bromo
03 Agustus 2020
larangan di bromo

Indonesia menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi oleh setiap wisatawan lokal maupun mancanegara. Ikon wisata di daerah Jawa Timur ini menawarkan sejuta pesona bagi para pengunjung yang datang. Hanya saja, terdapat sejumlah peraturan di Gunung Bromo yang tidak boleh dilanggar oleh para wisatawan yang datang ke sana. 

Peraturan di Gunung Bromo

Kawasan wisata Bromo memiliki beberapa peraturan yang harus dilaksanakan oleh para wisatawan. Oleh sebab itu pastikan Sahabat mengetahui semua peraturan di Gunung Bromo sebelum memutuskan berkunjung ke tempat wisata di Jawa Timur ini:

1. Wanita Datang Bulan Tidak Boleh Masuk Pura

Salah satu aturan penting yang diterapkan di area Gunung Bromo yakni wanita yang tengah mengalami menstruasi dilarang untuk memasuki Pura. Selain itu, Sahabat juga diminta menggunakan pakaian yang pantas dan sopan ketika memasuki Pura.

2. Aturan ketika Buang Air

Selama pendakian dan perjalanan Sahabat ke puncak gunung, keinginan buang air tentu tidak dapat terhindarkan. Namun, pihak pengelola wisata melarang Sahabat untuk buang air menghadap langsung ke gunung. Pasalnya, buang air menghadap gunung dianggap melecehkan gunung itu sendiri.

3. Barang yang Tidak Boleh Dibawa Pulang

Aturan lain yang diterapkan oleh pihak pengelola kawasan wisata yakni para wisatawan dilarang untuk membawa pulang batu bata. Sehingga meski Sahabat melihat ada batu bata yang terlihat bagus dan sudah terjatuh dari bangunan, Sahabat dilarang memungutnya dan membawanya pulang.

4. Berkata dan Berperilaku Kotor

Hormatilah tempat dan masyarakat setempat dimanapun Sahabat berada. Hal ini juga berlaku ketika Sahabat mengunjungi kawasan gunung. Sangat dilarang untuk berkata-kata kotor atau kasar saat memasuki area Pura dan area wisata. Berperilakulah yang sopan dan berkatalah yang baik-baik saja.

Hal yang Dilarang di Gunung Bromo

Ada beberapa hal yang dilarang di Gunung Bromo yang tidak boleh Sahabat langgar. Hal-hal yang dilarang ini sebenarnya bertujuan untuk melindungi keselamatan Sahabat sendiri serta untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar. 

1. Tidak Melukai Hewan di Sekitar

Gunung Bromo terkenal akan satwa-satwa liar yang hidup dan berkembang biak di kawasan wisata ini. Seluruh wisatawan dilarang untuk melukai hewan-hewan yang ada di sekitar gunung untuk mencegah terjadinya kepunahan. Para wisatawan atau orang yang berkunjung dilarang untuk melukai serta menangkap satwa apapun yang ada di sekitar gunung. 

2. Jangan Mendekati Kawah 

Setiap wisatawan yang berkunjung dilarang untuk mendekati area kawah hingga kurang dari 1 km. Jarak yang boleh dimasuki oleh setiap wisatawan ialah hingga mencapai bagian belakang Pura Poten. Pasalnya, terlalu dekat ke area kawah dikhawatirkan bisa membahayakan keselamatan Anda. 

3. Tidak Boleh Sembarang Mengambil Tanaman

Ada banyak tanaman yang hidup di area Gunung Bromo. Tanaman yang tumbuh dari mulai tanaman eksotik hingga tanaman yang biasa. Setiap wisatawan dilarang untuk merusak tanaman yang hidup di sekitar gunung maupun memangkas tanaman yang tumbuh di area tersebut. Tujuannya adalah agar kelestarian alam tetap terjaga.

4. Melangkahi Pawon

Pawon merupakan perkakas yang digunakan suku tengger untuk memasak. Alat ini tidak boleh dilangkahi ketika Sahabat berkunjung ke wilayah gunung.

Meski Sahabat mendatangi kawasan wisata Bromo untuk melepaskan penat dan bersenang-senang bersama teman ataupun keluarga, namun pastikan Sahabat tidak melanggar aturan yang diterapkan masyarakat setempat. Pasalnya, ada beberapa hal yang dilarang di Gunung Bromo yang memang tidak boleh dilanggar karena bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan serta adat istiadat masyarakat. 

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
All Rights Reserved@ Copyright 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku