9 Tips Mencari Kerja Saat Pandemi yang Paling Mudah
Mencari kerja saat pandemi merupakan upaya pencarian pekerjaan yang relatif lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Para rekruternya pun beradaptasi untuk mencari calon karyawannya. Meski begitu, para pencari kerja tetap harus dapat merepresentasikan diri dengan baik untuk bergabung di suatu perusahaan.
Masa pandemi Covid-19 memang menjadi tantangan bagi banyak orang yang bekerja. Tak sedikit perusahaan yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Namun, banyak perusahaan yang juga terus bangkit dan tetap mencari kandidat karyawan terbaik untuk bergabung di perusahaannya. Karena itulah, mari simak 9 tips mencari kerja di saat pandemi yang paling mudah dan sederhana.
1. Menyiapkan CV dengan Baik
Surat lamaran kerja dan curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah kunci yang harus disiapkan dengan baik. Tuliskan semua pengalaman kerja atau organisasi dalam format yang rapi dan mudah dipahami. Jika perlu, siapkan juga surat lamaran kerja bahasa Inggris.
2. Mencari Kerja Lewat Platform Online
Bagaimana cara mencari lowongan kerja? Sudah banyak perusahaan yang menggunakan platform online untuk mencari kandidat. Ada LinkedIn, Kalibrr, JobStreet, dan bahkan Facebook serta Instagram yang dipakai untuk mengumumkan kebutuhan lowongan kerja.
3. Cari Kesempatan Kerja Freelance
Tak bisa dipungkiri bahwa persaingan mencari kerja juga sulit. Jika kesempatan kerja penuh waktu semakin sulit, cobalah untuk cari proyek freelance. Meskipun periode kerjanya sebentar, hal ini tetap baik untuk riwayat kerja karena membuat produktif selama pandemi.
4. Ikut Pelatihan Online
Sudah interview belasan kali, tapi belum dapat kerja juga? Jangan menyerah, tetap asah kemampuan dengan ikut pelatihan-pelatihan online atau webinar. Hal ini akan menjadi nilai jual saat melamar ke suatu perusahaan karena kemampuan dan produktivitas tetap terasah.
5. Jangan Malu untuk Berjejaring
Komunikasi dan jejaring (network) adalah hal berharga saat seseorang mencari pekerjaan. Jangan malu untuk menyapa teman lama untuk menanyakan informasi pekerjaan atau proyek sementara yang bisa dibantu. Siapa tahu ada kesempatan baik yang bisa kamu coba.
6. Lakukan Komunikasi dengan Baik
Meskipun meminta info pekerjaan pada teman dekat, usahakan untuk tetap sopan. Jangan sampai mengganggu kesibukannya karena teman bisa saja jadi calon atasan di tempat kerja baru. Jadi, jaga sikap agar tetap sopan dan profesional agar bisa coba banyak kesempatan.
7. Melatih Kemampuan Wawancara
Biasanya, tahap paling menantang dari sebuah tahap rekrutmen adalah wawancara. Namun, sahabat bisa lebih banyak melatih kemampuan ini selama pandemi. Pastikan tetap tampil prima saat menjawab pertanyaan wawancara secara virtual dan kenakan pakaian rapi, ya!
8. Respons Penawaran Kerja dengan Cepat
Kesempatan kerja bisa datang kapan saja. Oleh karena itu, jangan sampai nomor telepon atau alamat email tidak bisa dihubungi. Jika memungkinkan, cek secara berkala agar tidak ada kesempatan yang terlewatkan. Selalu berikan respons cepat kepada recruiter.
9. Tetap Buat Standar Remunerasi
Masa pandemi memang membuat banyak orang kesulitan. Namun, sebaiknya tetap buat standar remunerasi yang sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai menerima penawaran kerja dengan benefit dibawah standar karena terlanjur putus asa karena kesulitan cari kerja.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa disiapkan untuk para pencari kerja. Meski terkesan sederhana, langkah-langkah tadi bisa dilakukan dari rumah hanya bermodalkan internet dan gadget saja. Cari kesempatan untuk tetap berkembang dan semoga berhasil dengan pencarian kerjanya, ya!
Penulis: Rizkita Darajat