Lakukan 5 Hal Ini Jika Bosmu Tidak Bisa Bekerjasama

Daripada terus mengeluh dan mengkritik bosmu yang sulit bekerjasama ada baiknya kamu sendiri yang mencari cara berkomunikasi dengan dia
Dalam dunia kerja tidak semua bisa beruntung memiliki bos yang baik dan bisa bekerjasama. Ada saja beberapa dari kita yang memiliki masalah ketidaknyamanan dengan bos. Padahal bos banyak memengaruhi kesuksesan kita terutama dalam masalah jenjang karir. Kamu sebagai pekerja tentunya tidak bisa egois atau ingin menang sendiri dan menuntut bos berbaik hati karena posisimu dikantor yang memang lebih rendah.
So, daripada terus mengeluh dan mengkritik bosmu yang sulit bekerjasama ada baiknya kamu sendiri yang mencari cara berkomunikasi dengan dia. Ya, dia memang menyebalkan tapi tetaplah yang menentukan bonusmu berapa adalah si bos. So, sesulit apapun cara berkomunikasi dengannya harus tetap kamu coba misalnya dengan tips-tips berikut ini
1. Memahami Kehidupan dan Masalahnya dikantor
Pahami dulu kenapa bosmu sulit bekerja sama. Ada gula ada semut, begitulah kata pepatah. Kita gak boleh ujug-ujug merasa sebel kalo bos kita bertingkah menyebalkan, sebaliknya kita harus berani mengintrospeksi diri kita sendiri dan mencari apa penyebab bos kita bertingkah demikian.
Pertama, bisa jadi bos kita kurang puas dengan hasil pekerjaan kita. Pastinya sebagai seorang atasan beliau memiliki tanggung jawab dan beban yang lebih besar dibandingkan dengan kita. Oleh karenanya, jika kita terus-menerus melakukan kesalahan wajar saja jika hal itu memicu emosi.
Kedua, mungkin beliau tidak nyaman dengan cara komunikasi kita. Setiap orang memang memiliki karakter yang berbeda. Coba cek diri atau meminta bantuan teman untuk menilai cara komunikasimu. Apa mungkin kamu bukan tipe pendengar yang baik atau suka menyela pembicaraa.
Ketiga, cobalah memahami sisi lain darinya. Mungkin saja dia sedang memiliki masalah lain di luar pekerjaan. Jadi cobalah mengerti bahwa atasanmu juga manusia biasa yang juga memiliki latarbelakang dan masalah dalam kehidupannya.
2. Tunjukkan Kinerja Terbaik
Tunjukkan kerja kerasmu agar bosmu bangga padamu. Kamu harus berfikir positif. Jadikan hal ini sebagai tantangan dalam pekerjaanmu. Pacu kreativitas agar dapat menghasilkan pekerjaan yang semakin baik. Jadilah pendengar yang baik untuk setiap instruksi yang diberikan dan pastikan kamu benar-benar mengerti akan apa yang ditugaskan. Kamu juga boleh membuat catatan pekerjaan untuk membantu mengkoreksi bahwa semua pekerjaan yang diberikan sudah kamu selesaikan.
3. Jadikan Sahabat
Jangan hanya menjalin hubungan kerja, tapi jalinlah hubungan pertemanan dengan bosmu. Kenyamanan seseorang terhadap kita merupakan salah satu faktor yang dapat menciptakan sinergi yang baik. Cobalah menciptakan kenyamanan bersama bosmu dengan menjadi kawan baik. Mulailah berbasa-basi membicarakan hal diluar pekerjaan, misalnya menanyakan hobby atau aktifitas yang biasa ia lakukan dikala libur. Atau bisa saja kamu coba merekomendasikan tempat liburan yang asik untuk dikunjungi saat liburan.
4. Berikan Pujian
Berilah pujian untuk bosmu agar ia selalu mempunyai mood yang baik terhadapmu. Nah, bisa juga kamu meluluhkan hati bosmu dengan beberapa pujian yang bisa membuktikan bahwa kamu membutuhkannya untuk membimbing dan memberikan masukan terhadap masa depan karirmu. Misalnya seperti ini.. “Kalo bukan karena bos yang sabar ngajarin saya, gak mungkin saya bisa ngerjain ini sampai selesai. Thanks ya !”
5. Bicarakan Langsung
Berkomunikasilah dengan bosmu sehingga masalah dapat terselesaikan dengan baik. Jika cara-cara diatas belum berhasil memcahkan masalah ini, cobalah langsung mengkomunikasikannya dengan yang bersangkutan. Tapi ingat, tujuan dari pembicaraan ini bukanlah mencari siapa yang benar dan salah, melainkan berdiskusi agar hal ini tidak perlu berlarut-larut.Coba ungkapkan secara baik-baik dan mintalah bos mu untuk membantu melakukan evaluasi dan memberikan solusi agar kedepannya bisa tercipta hubungan kerjasama yang baik sesuai dengan yang diharapkan.
Faktor kenyamanan dan sinergi yang baik antar karyawan merupakan faktor besar yang mempengaruhi kinerja dari sebuah tim. Jika hubungan kerjasama antar karyawan dan bos dapat berjalan dengan baik, maka target yang diberikan kepada tim tersebut akan lebih mudah tercapai. Dan hal tersebut bisa memberikan efek positif pada kualitas pekerjaan dan berlanjut pada terdorongnya jenjang karir bagi kalian didalam perusahaan tempat kalian bekerja. Semoga tips-tips diatas bisa menginspirasi rekan-rekan yang sedang mengalami kesulitan bekerjasama dengan bosnya. Semoga berhasil, ya !