Logo Daihatsu
Menu

Cara Agar Kutu Air Awet dan Tidak Mudah Mati

Tips & Trick

2021-02-23

kutu air awet

Keberadaan kutu air sangat penting bagi Sahabat yang memelihara ikan hias. Kutu air bisa memberi nutrisi penting bagi perkembangan ikan hias. Sebisa mungkin untuk menjaga kutu air awet dan tidak mudah mati, bila Sahabat ingin mendapatkan manfaat dari pakan ikan hias tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh, agar kutu air awet dan tidak mudah mati. Beberapa cara itu adalah:

Gunakan Kolam Tanah Sebagai Tempat Budidaya Kutu Air

Budidaya kutu air sebetulnya bisa dilakukan dengan wadah berupa ember atau bak. Namun, kalau Sahabat mau kutu airnya lebih awet, Sahabat bisa memakai kolam tanah sebagai wadah.

Selain bikin kutu air awet, wadah kolam tanah juga bisa dipakai untuk meningkatkan kuantitas kutu air. Agar lebih optimal, pastikan kolam tanahnya berada di tempat yang mudah terkena sinar matahari.

Pastikan pula agar Sahabat menutup kolamnya saat hujan tiba. Air hujan bisa menyebabkan volume air bertambah, serta membuat kutu air hanyut.

Masukan Pupuk ke Dalam Kolam Tanah

Selama kutu air berada dalam kolam tanah, Sahabat bisa memasukan pupuk ke dalam kolam tersebut. Adapun pupuk yang recommended untuk dipakai adalah pupuk kandang.

Pupuk kandang sendiri bisa memunculkan plankton yang nantinya akan menjadi makanan pokok kutu air. Pastikan takaran pupuk kandang yang dipakai tidak berlebihan. Sebagai rekomendasi, Sahabat bisa memakai pupuk kandang dengan takaran 2 kg/meter persegi.  Kalau kolam sudah diberi pupuk kandang, Sahabat mesti mendiamkan kolam tersebut selama 3 hari.

Masukkan Kapur ke Kolam Tanah Terlebih Dahulu

Sebelum memasukkan pupuk ke kolam tanah, Sahabat mesti memasukkan kapur terlebih dahulu. Caranya, keringkan kolam tanah terlebih dahulu, lalu masukkan kapur sebanyak 1 sampai 2 kg/meter persegi. Kapur sendiri bisa menetralkan pH pada kolam tanah, serta bisa menekan organisme patogen yang bisa mengganggu kutu air.

Tambahkan Air ke Dalam Kolam Tanah

Setelah pupuk didiamkan selama tiga hari, Sahabat bisa langsung menambahkan air setinggi 30 cm ke kolam tanah. Habis itu, diamkan selama 3 sampai 5 hari hingga kolam berwarna kecoklatan.

Jangan panik bila kolamnya berwarna kecoklatan. Pasalnya, warna coklat pada air kolam tanah justru pertanda bahwa pupuk kandang yang telah dimasukkan telah mengeluarkan plankton. Kalau sudah berwarna kecoklatan, Sahabat bisa menambahkan air kembali setinggi 50 cm.

Sahabat bisa langsung memasukkan bibit kutu air ke dalam kolam tanah. Ada dua jenis kutu air yang bisa dipilih. Monia dan magna adalah keduanya. Sahabat bisa memilih salah satu atau keduanya untuk dimasukkan ke dalam kolam.

Ambil Kutu Air Secukupnya Saat Panen Tiba

Kalau kutu air sudah layak panen, kami sarankan untuk tidak mengambil semua kutu airnya. Ambil saja kutu air secukupnya. Hal itu dilakukan agar kutu air bisa terus berkembang biak. Dengan begitu, kutu air pun bisa tetap awet dan tidak mudah mati.

Salah satu ciri kutu air layak panen adalah munculnya kutu air dalam bentuk koloni berwarna merah. Ciri tersebut akan muncul seminggu setelah bibit kutu air dimasukan ke dalam kolam.

Pastikan kutu air yang telah dipanen dicuci dulu dengan air bersih sebelum diberikan ke ikan hias.

Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan, agar kutu air awet dan tidak mudah mati. Semoga bermanfaat dan bisa Sahabat praktekan sendiri. Selamat melakukan budidaya kutu air!

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengupas Sejarah Kerajaan Aceh di Masa Lampau

2021-02-23

Kerajaan Aceh merupakan salah satu kerajaan berbentuk kesultanan yang ada di wilayah Aceh. Masa kejayaannya terjadi dimasa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Masa pemeri

thumbnail

10 Tips Menjadi Youtuber Terkenal dan Sukses

2021-02-23

YouTuber sudah menjadi salah satu profesi populer yang diidamkan oleh banyak orang. Tak sedikit juga youtuber yang terkenal secara tidak sengaja. Karena itulah, profesi sebagai seorang youtuber did

thumbnail

Jadi Pusat Perdagangan Penting, Ini Sejarah Kerajaan Malaka

2021-02-23

Kerajaan Malaka menjadi salah satu kerajaan Islam yang berkembang di kawasan Asia Tenggara. Karena letaknya yang strategis, kerajaan ini merupakan pusat perdagangan dan

thumbnail

5 Tips Cermat Memilih Mobil Keluarga yang Baik

2021-02-23

Variasi mobil yang tersebar di pasar otomotif cukup banyak. Semuanya memiliki fungsi masing-masing. Namun, jika kecenderung kebutuhan untuk memenuhi aktivitas keluarga,