Tak hanya berfungsi sebagai media sosial, kini Facebook juga bisa digunakan untuk menjual atau mencari barang yang Sahabat perlukan melalui Facebook Marketplace.
Facebook Marketplace adalah tempat bagi pengguna Facebook untuk mencari, membeli, dan menjual barang. Ini merupakan salah satu fitur dari Facebook layaknya marketplace lain sekelas Shopee, Tokopedia sampai Bukalapak.
Hanya dengan mendaftar dan login, tanpa diperlukan biaya tambahan alias gratis, Sahabat bisa menggunakan semua fitur Marketplace yang tersedia, menarik bukan?
Fitur baru yang sering disingkat Facebook MP ini sudah tersedia dalam aplikasi mobile atau bisa diakses melalui website Facebook.com.
Dikutip dari laman resmi Facebook, fitur marketplace ini awalnya memang bertujuan untuk mendukung para pelaku bisnis dalam kegiatan jual-beli. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.
Ada banyak yang ditawarkan atau dipilih di Facebook marketplace. Sahabat bisa melihat kategori pasar sebagai berikut:
Kalau Sahabat termasuk yang ingin ekspansi bisnis ke Facebook Marketplace, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut ini.
Facebook Marketplace menawarkan cara mudah untuk membantu pengguna dalam mencari produk yang dibutuhkan. Beberapa keuntungan kalau jualan di Facebook Marketplace adalah sebagai berikut;
Mengingat Facebook adalah salah satu media sosial yang paling populer di dunia, maka setiap pengguna bisa digolongkan sebagai calon pembeli yang potensial. Jangkauannya pun luas, hingga ke seluruh dunia.
Facebook Marketplace mampu menampilkan produk yang relevan dengan konsumen, sehingga membantu bisnis Sahabat untuk menemukan pelanggan yang tepat. Artinya, ada peluang lebih besar yang mengarah pada potensi pembelian.
1. Saat membuat iklan Facebook di Pengelola Iklan, Sahabat bisa menayangkan iklan di Marketplace untuk menjangkau lebih banyak orang.
2. Buka Pengelola Iklan dan pilih Brand Awareness, Jangkauan, Traffic, Tayangan video, Penciptaan prospek, Tanggapan peristiwa, Pesan, Konversi, Penjualan katalog, atau Traffic toko sebagai tujuan iklan Anda. Lalu, klik Lanjutkan.
3. Pilih Tujuan.
4. Pilih Pemirsa dan tentukan penargetan.
5. Pilih Penempatan Otomatis atau Edit Penempatan.
6. Kami menyarankan Penempatan Otomatis. Jika Sahabat memilih Edit Penempatan, ingat bahwa Marketplace tidak tersedia sebagai penempatan iklan tunggal dan kampanye iklan harus menyertakan penempatan Kabar Beranda.
7. Tetapkan Anggaran dan Jadwal. Jika sudah selesai, klik Berikutnya.
8. Pilih format materi iklan. Video yang direkomendasikan dan spesifikasi gambar sama dengan "Kabar Beranda". Ingat bahwa Anda tidak bisa memotong atau mengunggah materi iklan unik untuk iklan di Marketplace.
9. Setelah selesai menyiapkan iklan, klik Selesai.
Demikian informasi terkait Facebook Marketplace. Semoga artikel ini dapat membantu bisnis Sahabat biar laris manis di pasaran, ya!
Baca juga : Cara Jualan Online biar Dagangan Laris Manis
Penulis : Dinno Baskoro