Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ini 4 Tips yang Aman Membawa Bayi di Dalam Mobil
18 September 2018
carseat

Bagi Sahabat yang baru saja punya momongan, mengajak si kecil untuk berkendara pastinya sering menimbulkan kekhawatiran. Apalagi ketika harus bertemu dengan kemacetan. Kemudian si kecil menangis tidak diam-diam di dalam mobil. Apa yang harus dilakukan?

Saat melakukan perjalanan jauh, sebaiknya bawa bayi yang berusia lebih dari enam bulan. Ini penting karena struktur tulang dan ototnya sudah lebih kuat untuk menopang kepala. Bila terjadi goncangan, bayi pun tetap aman dan nyaman di dalam mobil.

Tips Aman Membawa Bayi di Dalam Mobil

Tidak hanya itu, masih ada empat tips lain supaya perjalanan kamu dan buah hati jadi lebih menyenangkan. Apa saja? Simak bahasan berikut:

1. Pakai Child Car Seat

Child car seat meminimalisir resiko kecelakaan pada bayi. Selalu letakkan kursi bantu ini di bagian belakang pengemudi. Khusus bayi dengan berat di bawah 13 Kg atau di bawah dua tahun, posisinya menghadap ke belakang.

Tujuan posisi terbalik ini agar kepala bayi terjaga oleh punggung car seat, sehingga tidak akan terempas ketika mobil berhenti mendadak. Sementara untuk bayi di atas tiga tahun, bisa pakai convertible car seat yang bisa diposisikan menghadap depan.

Selain karena masalah keselamatan, child car seat juga berguna membuat bayi duduk mandiri. Tidak mengganggu penumpang lain yang ada di dalam mobil.

2. Bawa Mainan

Ketika membawa anak berkendara jarak jauh, ada kalanya kebosanan terjadi. Pastikan kamu selalu membawa mainan kesenangannya. Sahabat harus pula luangkan waktu untuk berinteraksi dengannya.

Jangan malah sibuk sendiri dengan smartphone. Kamu juga perlu putar musik kesukaannya dan bernyanyi bersama. Lalukan interaksi supaya si kecil tidak bosan ya Sahabat.

3. Rencanakan Perjalanan

Perjalanan bersama bayi perlu dipikirkan matang-matang. Mulai dari waktu keberangkatan, istirahat sampai rute yang dipilih. Waktu paling ideal adalah dua jam berkendara, kemudian istirahat.

Terdengar membosankan memang kalau terlalu banyak berhenti, tapi ini demi kenyamanan dan keselamatan si kecil.

Terlalu lama duduk di car seat juga tidak baik. Saat istirahat, kamu bisa membawa bayi keluar dari mobil dan melakukan berbagai hal. Misal menyusui, memberi makan atau sekedar bermain. Ini juga bisa mengurangi tingkat kebosanannya sepanjang perjalanan.

4. Tetap Tenang

Semua hal sudah dilakukan, tapi bayi tetap saja menangis. Maka kamu harus tetap tenang dan berpikir positif. Tepikan mobil, ajak bayi keluar dari kabin untuk mendapat suasana baru.

Kemudian gendong dengan posisi memeluk sambil dinyanyikan lagu kesukaannya. Bila masih menangis, bisa alihkan perhatiannya dengan mainan atau beri dia susu. Bagaimanapun juga orang tua pasti yang paling mengerti soal keinginan anaknya. jadi jangan khawatir ya Sahabat!

Dengan empat tips yang dijabarkan tersebut, apakah kamu siap membawa bayi untuk berkendara? Bila masih ada kekhawatiran, mulai saja dulu secara bertahap. Lakukan perjalanan pendek, kemudian menengah. Ketika Sahabat sudah benar-benar yakin bisa mengatasinya, barulah ajak anak melalui perjalanan jauh.

Baca juga : 5 Cara Penggunaan dan Manfaat Car Seat Bayi

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku