TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
5 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu dari Buku Manual Kendaraan

Membaca buku manual kendaraan merupakan kegiatan yang langka bagi pengemudi kendaraan di Tanah Air, terutama pada pemilik mobil baru. Ada dua alasan kenapa pemilik kendaraan tidak membaca buku manual, yaitu buku yang tebal dan banyaknya tulisan.

Jadi tidak heran masih banyak pemilik kendaraan menanyakan banyak hal yang sebenarnya sudah dimuat pada buku panduan kendaraan. Buku manual kendaraan banyak sekali memiliki informasi terkait dengan kendaraan yang kamu miliki dan tentu saja akan sangat merugikan jika kamu tidak membaca buku panduan tersebut.

Sahabat, kamu tidak perlu khawatir. Berikut penjelasan beberapa informasi penting terdapat di buku manual kendaraan yang wajib kamu pahami.

Kapasitas Tangki dan Jenis Bahan Bakar

Ketika membuka flap untuk mengisi bahan bakar mungkin mudah untuk ditemukan, tetapi ada beberapa orang yang membutuhkan waktu untuk mencarinya. Sahabat, tahukah kamu berapa liter kapasitas tangki mobilmu dan jenis bahan bakar apa yang disarankan oleh pabrikan resmi?

Nah, untuk mengetahuinya kamu dapat membaca buku manual kendaraan pada bagian informasi teknik pada sub rekomendasi bahan bakar. Jadi, untuk mobil mesin bensin akan tertulis minimal Research Octane Number (RON) atau oktan, misalnya yang disarankan RON 92 berarti setara dengan Pertamax. Tapi, untuk kendaraan mesin diesel tertulis dengan satuan Cetane Number (CN). Setelah Sahabat memahami informasi ini pastinya kejadian pengisian bahan bakar sampai tumpah atau salah pengisian bahan bakar tidak akan terjadi lagi.

Jenis dan Volume Pelumas Mesin

Pelumas mesin merupakan cairan sangat penting untuk mobilmu. Sama halnya bahan bakar, pada buku manual kendaraan, kamu bisa membaca informasi tentang jenis dan volume pelumas yang dibutuhkan setiap melakukan perawatan rutin atau hanya menambahkan. Sahabat bisa mencarinya di segmen informasi teknis dengan sub rekomendasi pelumas mesin. Supaya kamu tidak bingung biasanya jenis pelumas menggunakan istilah viskositas atau tingkat kekentalan dengan contoh kode 10W-30, 15W-40 atau jenis lainnya. Pastikan volume pelumas sesuai dengan anjuran agar mesin tidak menjadi berat.

Fungsi Lampu Indikator

Ketika kamu memutar kontak kunci otomatis maka akan ada beberapa lampu indikator yang hidup di dalam beberapa instrumen cluster. Hal ini sering kali diabaikan atau bisa jadi karena kamu tidak mengerti tentang apa arti dari indikator-indikator tersebut. Apabila kamu penasaran untuk mengartikan lampu indikator tersebut silahkan untuk membaca kembali buku manual kendaraan kamu.

Pada buku panduan ini kamu bisa tahu penyebab simbol indikator menyala. Apabila pada mobil yang sudah canggih indikator memberi informasi kalau terjadi kerusakan pada mobil kamu, jika lampunya menyala biasanya direkomendasikan untuk mengunjungi bengkel resmi untuk mengatasinya. Sahabat kamu juga perlu tahu, ada beberapa indikator yang harus menyala untuk memberi informasi bahwa piranti tersebut aktif seperti indikator lampu jauh, lampu sein, lampu kota dan rem tangan.

Penjelasan Fitur-fitur Pendukung Di Mobil

Ketika ingin membeli mobil baru pastinya kamu sudah mengetahui berbagai fitur pendukung modern yang terdapat pada mobil idaman kamu. Seperti fitur keselamatan dalam berkendara Vehicle Stability Assist (VSA) atau Blind Spot Monitoring (BSM), Traction Control System (TCS) dan fasilitas keamanan contohnya kunci dengan immobilizer.

Berbagai fitur itu tidak akan terasa kegunaannya, jika kamu tidak tahu kapan, bagaimana dan dalam kondisi apa bisa digunakan. Pada buku manual telah dijelaskan bagaimana cara penggunaan fitur tersebut satu persatu. Ketika kamu membaca fitur di buku panduan kendaraan sebaiknya langsung kamu praktek, supaya kamu tidak asing lagi dengan fitur saat mengendarai mobilmu.

Lokasi Ban Cadangan dan Toolkit

Mengalami kondisi darurat seperti ban kempes dan pecah ban di tempat yang jauh dari bengkel memang sangat menjengkelkan. Terlebih lagi kamu hanya punya sedikit waktu untuk mengganti ban mobilmu. Sebelum ini terjadi, selalu pastikan kamu sudah mengerti penggunaan dan letak dari ban cadangan, kotak peralatan dan dongkrak. Pastikan kamu sudah membaca buku manual kendaraan, karena buku panduan pada setiap merek mobil.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui dari membaca buku kendaraan. Jangan pernah malas untuk membaca buku manual kendaraan di dalamnya banyak sekali informasi penting untuk menjamin kenyamanan serta keselamatan saat berkendara.

Baca juga : Jangan Lakukan Ini! Supaya Ban Mobil Tetap dalam Kondisi Baik

2018-10-03 15:31:39