Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ternyata Ini Bagian Mobil yang Sering Dimodifikasi
12 Oktober 2018
null

Modifikasi bagian-bagian dalam mobil bukan lagi hal yang asing, terutama di kalangan penggemar otomotif.

Biasanya, modifikasi bagian-bagian mobil dilakukan supaya tampilan mobil tampak lebih keren. Apalagi bagi yang memang sudah hobi, meskipun harus merogoh kocek yang cukup besar, modifikasi bagian mobil dianggap sesuatu yang biasa bahkan harus dilakukan.

Lalu, Sahabat penasaran nggak sih bagian-bagian mobil apa saja yang sering dimodifikasi?

Velg Mobil

Sebagian besar orang merasa bahwa jika ingin memiliki tampilan mobil yang benar-benar berbeda, bagian pertama yang harus dimodifikasi adalah velg mobil.

Namun, sebenarnya modifikasi velg mobil tidak bisa dilakukan sembarangan, loh, Sahabat. Ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya tidak menimbulkan kerugian yang justru akan menghamburkan banyak uang.

Pertama, perhatikan jarak antara lubang baut pada velg. Kedua, perhatikan ukuran diameter velg. Ketiga, perhatikan bahan yang digunakan. Keempat, perhatikan offset velg yang akan dibeli. Kelima, ini yang paling penting nih Sahabat, perhatikan budget yang kamu miliki.

Kalau belum cukup, jangan dipaksakan ganti velg, ya, Sahabat.

Kaca Film

Bagian mobil lainnya yang sering dimodifikasi adalah kaca mobil, yaitu dengan menambahkan kaca film. Aksesoris pada kaca film mobil tersebut berguna mengurangi paparan sinar matahari yang masuk ke kabin.

Namun, ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemilihan jenis kaca film di pasaran. Untuk bagian kaca samping, sebaiknya kamu memilih jenis kaca film yang tidak terlalu gelap. Sementara untuk bagian kaca depan, kamu bisa menggunakan tipe yang agak bening supaya tidak mengganggu pandangan saat berkendara.

Audio

Apakah Sahabat termasuk tipe yang senang menikmati musik saat berkendara? Jika iya, barangkali modifikasi audio mobil adalah pilihan yang tepat.

Namun, sebenarnya modifikasi audio mobil juga bergantung pada aliran musik favorit kamu. Jika kamu penggemar musik aliran halus seperti jazz, sebaiknya kamu memodifikasi audio dengan sistem SQ (Sound Quality) yang tidak memerlukan subwoofer yang besar. Prioritas SQ adalah menghasilkan suara yang jernih.

Lalu, apabila kamu penggemar musik keras, sebaiknya kamu memodifikasi audio dengan sistem SQL (Sound Pressure Level) yang menghasilkan subwoofer dengan dentuman yang kuat. Saat memodifikasi audio dengan sistem ini, Sahabat akan merasa seperti berada di dalam club.

Mesin

Modifikasi bagian mesin mobil diperlukan untuk meningkatkan performa mobil yang lebih baik. Modifikasi mobil dapat dilakukan pada bagian silinder yang digunakan.

Bisa juga sistem dengan induksi atau tanpa induksi tambahan. Hal penting yang harus diperhatikan saat ingin memodifikasi mobil adalah memastikan kondisi mobil dalam keadaan yang bagus.

Sebaiknya, sebelum melakukan modifikasi pada bagian mesin mobil, terlebih dahulu kamu melakukan general tune-up, seperti pengaturan celah klep, mengganti filter oli dan bensin, mengganti busi, mengganti oli lama dengan yang bagus, dan melakukan cleaning injector.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa semakin ekstrim modifikasi mesin mobil, tentu akan berpengaruh terhadap kebutuhan bahan bakar yang semakin meningkat.

Aksesoris Mobil

Selain empat bagian mobil di atas, penambahan aksesoris mobil juga menjadi bagian dari modifikasi mobil. Pertama, penambahan aksesoris GPS pada navigasi. Kedua, memodifikasi klakson supaya mampu mengeluarkan bunyi yang lebih kencang. Ketiga, menambahkan stiker pada bagian badan mobil.

Nah, itulah bagian-bagian mobil yang paling banyak dimodifikasi. Sudah kepikiran mau modifikasi mobil belum Sahabat? Jangan lupa, utamakan kebutuhan, baru tampilan, ya, Sahabat.

Baca juga : Cara Modifikasi Stiker Mobil untuk Tampil Stylish

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku