TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Sebelum Traveling, Ini 10 Tips yang Wajib Kamu Perhatikan

Sahabat Daihatsu punya rencana traveling dalam waktu dekat?

Traveling memang bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan pikiran sejenak dari rutinitas sehari-hari yang dapat membuat kita menjadi jenuh dan stres. Traveling pun juga bisa menjadi cara untuk menemukan jati diri lho, Sahabat.

Nah, sebelum pergi traveling, ada baiknya kalau kamu perhatikan beberapa hal ini:

Salah satu tuntutannya adalah menguasai bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris memang tidak mudah akan tetapi bisa dipahami Sahabat. Jika kamu merasa kemampuan bahasa Inggris kurang sekali, coba deh ikuti tips berikut ini.


1. Jadwal Keberangkatan

Kalau kamu sudah menentukan jadwal keberangkatan, pastikan kamu tidak packing mepet dengan jadwal. Karena jika kamu packing terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan mu, kamu akan beresiko untuk ketinggalan barang-barang yang akan kamu butuhkan disaat perjalananmu nanti.

Jadi, pastikan kamu packing minimal 3 hari sebelum jadwal keberangkatanmu ya, agar kamu bisa persiapkan barang bawaanmu yang belum lengkap.

2. Barang Bawaan

Nah, sebelum kamu packing, buatlah daftar barang apa saja yang mau dibawa. Tulis di buku atau notes di handphone kamu agar tak mudah hilang. Kalau Sahabat bingung, kamu bisa mencari contoh barang apa saja yang harus dibawa saat traveling dari internet.

Sahabat bisa juga tanyakan hal ini kepada teman yang sudah pernah pergi ke tujuan wisata yang sama. Kamu bisa minta saran apa saja yang perlu dan tidak perlu kamu bawa nanti.

Perlu diingat selalu untuk membawa barang dan keperluan sesuai dengan destinasi mu. Kalau ada barang yang belum kamu miliki, kamu bisa membeli terlebih atau meminjam milik teman.

Jadi, lagi-lagi kamu tidak boleh packing mepet dengan jadwal keberangkatanmu agar tidak ada yg tertinggal ya, Sahabat!


Baca Juga: Tips Berkendara Perjalanan Jauh Dengan Anak-Anak


3. Obat-obatan

Bawalah obat-obatan pribadi kamu saat packing untuk traveling. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga karena kita tidak pernah tahu apakah akan sakit atau tidak saat liburan.

Di tempat yang kamu datangi nanti, belum tentu obat-obatan yang kamu butuhkan tersedia. Jadi, lebih baik untuk membawa obat-obatan dari rumah. Tidak ada salahnya untuk jaga-jaga, kan?


4. Light Packing

Usahakan jangan membawa barang berlebihan karena hanya akan menambah beban bawaan mu.

Untuk packing pakaian, gulunglah baju dan celana mu, teknik ini akan lebih efisien, rapi dan tidak memakan ruang yang banyak dari pada ditumpuk. Untuk susunan packing, letakkan barang yang paling terakhir kamu butuhkan di bagian bawah koper atau ransel. Sedangkan barang yang paling kamu butuhkan ada di bagian atas koper atau ransel. Selipkan benda-benda kecil bawaan mu di sela-sela ruang kosong. Cek ulang daftar barang bawaan mu agar tidak ada yang tertinggal.

Oh iya, jangan taruh barang berharga mu di koper atau ransel yang masuk ke bagasi pesawat ya, Sahabat.


Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Jika Bosmu Tidak Bisa Bekerjasama


5. Menulis Bahasa Inggris

Tips belajar bahasa Inggris dengan cepat yang kelima adalah dengan menulis bahasa Inggris. Sama seperti berbicara bahasa Inggris, dengan melatih diri kamu untuk menulis kata-kata bahasa Inggris akan memudahkan kamu untuk mendapatkan kosakata baru. Selain itu, dengan menulis juga akan meningkatkan kemampuan writing bahasa Inggris kamu.


6. Tata Krama

<

Tentunya kamu harus menjaga tata krama saat traveling agar dapat lebih mudah membaur dengan masyarakat sekitar.

Misalnya, menjaga sopan santun, mencoba untuk belajar bahasa lokal, mengikuti festival adat, dan berpakaian dengan sopan. Dengan begini kamu pun akan lebih dihormati dan dapat berbaur dengan masyarakat sekitar.


Baca Juga: Penting! 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin 'Solo Traveling'


7. Cek Kamar Hotel

Saat sampai di kota tujuan dan tiba di kamar hotel, sebaiknya kamu jangan langsung melempar tubuh ke kasur dan istirahat ya. Sebaiknya cek dulu keadaan di dalam kamar hotel mu. Coba lihat ada apa di balik tirai, di kolong kasur dan di dalam lemari.

Cek semua fasilitas hotel mulai dari AC, kulkas, TV, keran air, flush toilet dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Kalau Sahabat menemukan sesuatu yang tidak beres, kamu bisa langsung minta pindah kamar.

Jangan lupa, selalu kunci pintu kamar mu meski kamarnya nggak bisa dibuka dari luar. Tetap saja, jika ada yang punya akses ke kamar kamu, bisa saja dia membukanya dengan mudah.


8. Menyicipi Makanan Khas Sekitar

Rasanya traveling ke sebuah destinasi nggak lengkap kalau belum mencicipi makanan khas yang ada di sana, ya. Baik dalam maupun luar negeri, coba cari informasi terlebih dahulu makanan khas apa saja yang bisa kamu temukan di destinasi tujuan.

Walaupun kalian hanya keliling di 1 negara, makanan khas di tiap kota biasanya berbeda. Kamu dan temanmu bisa membeli makanan yang berbeda, kemudian saling mencicipi rasanya. Lebih murah dan menyenangkan bukan?

Misal, kamu dan temanmu mengunjungi pasar malam di Bangkok. Kamu bisa membeli tom yum sementara temanmu membeli mango sticky rice.

Misal, kamu dan temanmu mengunjungi pasar malam di Bangkok. Kamu bisa membeli tom yum sementara temanmu membeli mango sticky rice.


9. Belanja

Rasanya nggak lengkap kalau traveling nggak belanja ya, Sahabat. Artinya, sejak awal kamu harus sudah menyiapkan budget untuk itu. Oh ya, cek juga harga standar dari barang yang diincar sebelum berangkat traveling.

Kalau sekadar untuk kebutuhan sendiri, kamu mungkin tidak akan belanja terlalu banyak. Namun kalau mau borong oleh-oleh, apalagi kalau dititipi barang segala macam oleh teman dan saudara mu, artinya kamu harus siapkan budget lebih.


Baca Juga: Untuk Para Wanita, Lakukan Cara - Cara Ini Agar Sukses Dalam Karier dan Rumah Tangga


10. Berhati-hati Terhadap Copet

Saat traveling, ada baiknya kita lebih waspada. Traveling emang bertujuan untuk bersenang-senang, tapi jangan sampai kita jadi incaran orang jahat. Copet bisa beraksi dengan berbagai modus, lho.

Sebelum pergi, sebaiknya kamu melepas semua perhiasan mu terlebih dahulu di rumah agar tidak mengundang perhatian copet. Jangan sedikit-sedikit memamerkan gadget. Kamu harus lebih waspada dengan keadaan sekitar apalagi jika sedang di kerumunan.

Pastikan resleting tas tertutup rapat dan kalau perlu pakailah tas ransel di depan badan saat sedang ramai orang.

Sebaiknya, masukan juga barang-barang berharga seperti dompet dan ponsel ke dalam tas. Jangan menaruhnya di kantong celana karena mudah dicopet. Tentunya kamu tidak mau, traveling yang seharusnya bersenang-senang malah jadi sedih saat barang mu hilang.


Baca Juga: Sedang Merencanakan Liburan? Perhatikan Hal ini Sebelum Menyusun Itinerary Liburan


Nah, itu dia 10 tips yang wajib kamu perhatikan sebelum kamu traveling. Semoga dengan ini perjalanmu akan lebih terasa aman dan menyenangkan.

2018-10-16 13:31:15