Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Jenis Antena Mobil dan Cara Merawatnya
17 Oktober 2018
jenis antena mobil

Supaya tidak bosan di jalan, khususnya saat macet, Sahabat bisa mendengarkan radio atau bahkan menonton televisi di dalam mobil. Untuk mendengarkan radio dan menonton televisi di mobil, kamu memerlukan perangkat antena. Tanpa antena mobil, radio dan televisi mobil kamu tidak akan bisa menangkap sinyal dengan baik.

Oleh karena itulah, Sahabat harus tau jenis-jenis antena mobil dan cara merawatnya. Selain bermanfaat untuk menghilangkan kebosanan kamu, antena bisa membuat mobil Sahabat semakin keren. Bentuk-bentuk antena mobil dapat bikin mobil kamu tampak cantik dan modis.

Jenis Antena Mobil

Berdasarkan bentuknya, ada beberapa jenis-jenis antena mobil yang harus Sahabat ketahui. Apa aja, tuh?

1. Antena Besi

Antena besi adalah antena yang paling umum. Antena yang dikenal juga sebagai antena tarik ini, bisa kamu atur panjang atau pendeknya. Sahabat mesti hati-hati dalam mengatur panjang antena besi. Kalau terlalu panjang, bisa-bisa antena tersangkut di ranting pohon atau gapura gang. Namun, kalau terlalu pendek, bisa-bisa antena tidak menangkap sinyal dengan baik.

2. Antena Fixed

Berbeda dengan sebelumnya, panjang dan pendek antena fixed tidak dapat kamu atur. Sesuai dengan namanya, Sahabat, fixed berarti pasti.

3. Antena Shark Fin

Antena Shark Fin terlihat jauh lebih gaul atau modis dibanding dua antena sebelumnya. Bentuk antena ini sama dengan namanya, yakni sirip hiu. Umumnya, antena shark fin dipasang pada atap belakang mobil.

4. Antena Motorized

Antena ini punya kecanggihannya sendiri, Sahabat. Antena Motorized bisa memanjang atau memendek secara otomatis. Antena akan naik ketika mobil menyala dan akan turun ketika mobil mati. Ada juga antena Motorized yang dikontrol dengan tombol. Canggih, ya!

5. Antena Printed Glass

Perkembangan teknologi tentunya membuat mobil-mobil kamu semakin canggih. Banyak yang bilang, antena Printed Glass adalah antena yang paling canggih saat ini. Antena ini tidak terletak di luar seperti pada umumnya. Printed Glass terletak di dalam mobil, menempel pada kaca bagian belakang. Bentuknya antena ini seperti garis.

Selain antena di atas, ada juga antena digital. Antena digital cocok digunakan pada mobil dengan kaca film yang mengandung logam. Antena digital ini berbentuk kotak, berwarna hitam, kecil, terbuat dari plastik, dan memiliki desain serupa antena. Biasanya, antena ini dijual satu paket dengan perangkat radio atau televisi.

Setelah mengenali jenis-jenis antena mobil, berikutnya Sahabat mesti merawatnya dengan baik. Kenapa? Agar kamu bisa terus mendengarkan radio atau menonton televisi di mobil, tentunya. Udah gitu, keawetan antena mobil juga bergantung sama perhatian kamu.

  1. Jangan lupa keringkan antena setelah mencuci mobil supaya antena tidak berkarat.
  2. Saat memasang penutup mobil, perhatikan antena supaya tidak tertekuk. Antena bisa patah atau bengkok karena penutup mobil yang tidak dipasang secara hati-hati.
  3. Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, berhati-hatilah dalam mengatur panjang-pendek antena. Antena yang terlalu tinggi bisa tersangkut pada ranting pohon, portal, gapura, atau terowongan yang pendek.

Nah, di atas adalah penjelasan tentang jenis-jenis antena mobil dan cara merawatnya. Terang saja, antena adalah fitur pada mobil yang mungkin sering kamu sepelekan, Sahabat. Tapi, ternyata antena bisa menambah keindahan visual buat mobil kamu.

Apalagi, meskipun sekarang sudah jamannya digital streaming, kadang radio juga bisa menyelamatkan kamu dari kebosanan, lho. Jadi, sekarang, berikan perhatian lebih buat antena mobil Sahabat, ya!

Baca juga : Ini Dia 5 Antena Mobil Terbaik

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku