TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Cara Memperbaiki Aki Kering

Siapa yang tidak mengetahui aki, apalagi bagi Sahabat pecinta mobil. Aki merupakan salah satu komponen kendaraan yang paling penting dan berfungsi sebagai penyimpan strom. Aki sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu aki basah dan aki kering. Aki kering yaitu aki yang cairannya lebih padat seperti gel dan aki basah cairannya seperti yang Sahabat ketahui seperti air pada umumnya. Dulu kebanyakan orang masih menggunakan aki basah yang memang relatif lebih murah dibandingkan dengan aki kering tetapi seiring dengan berkembangnya zaman, aki kering kini lebih banyak dipilih karena dirasa lebih awet saat digunakan. Tidak hanya itu, namun aki kering juga lebih praktis dengan aliran listrik yang lebih kuat dan tentunya stabil.

Baca juga : Lima Jenis Aki Mobil yang Wajib Kamu Ketahui 

Meski aki kering dianggap lebih baik dibandingkan aki basah, namun aki kering juga masih memiliki beberapa kekurangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada aki kering loh, Sahabat! Nah, untuk Sahabat yang pernah mendapati aki kering yang sedang mengalami kerusakan sebaiknya Sahabat segera melakukan tindakan untuk memperbaiki. Karena dengan segera melakukan perbaikan maka mobil bisa digunakan dengan nyaman.

Penyebab Aki Kering Mudah Rusak


Aki merupakan sumber listrik pada kendaraan agar dapat berjalan. Jika aki mobil Sahabat sering mengalami kerusakan atau mungkin tidak tahan lama saat digunakan, ada kemungkinan hal-hal berikut inilah penyebabnya. Yang pertama bisa karena penggunaan arus listrik yang berlebihan akibat penambahan aksesoris berupa lampu atau juga TOA. Atau bisa karena terjadinya konsleting, bisa juga dikarenakan kebocoran pada arus listrik.

Kemungkinan berikutnya yang bisa menyebabkan aki kering mudah rusak yaitu pada sel-sel aki atau mungkin air aki yang sudah jelek. Kerusakan aki kering juga bisa disebabkan karena sistem pengisian yang tidak dilakukan dengan baik. Jika Sahabat ingin aki kering mobil bisa bertahan lama maka diusahakan untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan aki kering mudah rusak seperti diatas.

Cara Memperbaiki Aki Kering


Nah, untuk memperbaiki aki kering yang rusak Sahabat bisa melakukannya dengan cara yang mudah dan dengan peralatan yang sederhana. Yang pertama, Sahabat perlu mempersiapkan beberapa alat yang dibutuhkan yaitu, obeng min dan obeng plus. Siapkan juga pisau, disini Sahabat bisa menggunakan pisau dapur atau bisa juga menggunakan gergaji besi. Kemudian yang dibutuhkan selanjutnya yaitu air aki, untuk air aki ini Sahabat bisa membelinya di bengkel atau bisa juga membelinya di toko otomotif. Dan yang terakhir, Sahabat juga membutuhkan solasi atau selotip tapi yang mempunyai ukuran besar ya Sahabat.

Setelah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan langkah pertama untuk memperbaiki aki kering yang rusak yaitu dengan cara melepas aki kering yang tengah mengalami kerusakan, buka bagian penutup aki dengan menggunakan pisau atau gergaji yang telah disiapkan tadi ya, Sahabat. Tapi juga perlu diingat, perlu dengan hati-hati agar pisau dan gergaji tidak melukai tangan. Kemudian perhatikan pada bagian atas kaki yang terdapat tulisan ‘Do Not Open’ lalu gergaji bagian tersebut, lakukan hal yang sama pada bagian samping serta belakang dari penutup aki.

Baca juga : Tips Mudah Memperbaiki Aki Basah yang Rusak

Setelah itu lepas bagian penutup pada wadah aki kering. Saat bagian penutup sudah terlepas dan aki terbuka, maka Sahabat akan menemukan enam lubang. Di keenam lubang tersebut Sahabat bisa mengisinya dengan accu zuur sebanyak 15 mili. Nah, pada saat mengisi aki Sahabat harus berhati-hati dan menghindari kontak langsung dengan cairan aki karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jika sampai mengenai bagian kulit, segera gosok menggunakan sabun agar iritasi bisa berkurang.

Saat semua lubang sudah terisi, kemudian Sahabat tinggal menutup lubang tersebut menggunakan penutup aki. Untuk lebih merekat, Sahabat bisa melapisinya dengan menggunakan solasi yang telah disiapkan. Jika sudah melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar dan memang aki kering masih belum menunjukkan tanda perbaikan, ada baiknya Sahabat membongkar aki sekali lagi untuk mengamati jika ada sel-sel pada aki yang rusak untuk memastikan kembali.

Baca juga : Rahasia Umur Aki Panjang

2016-10-10 09:35:33