Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Agar Aman Dan Nyaman
19 Oktober 2018
berkendara

Keselamatan berkendara menjadi hal yang sangat penting, apalagi sekarang semakin banyak kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini, baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, mulai dari mengantuk, mengemudi dalam keadaan mabuk, hingga lalai dalam mengemudi. Kesadaran masyarakat dan pemahaman tentang keselamatan berkendara ini masih sangat minim.

Agar Sahabat tetap aman dan nyaman saat berkendara, yuk ikuti tips di bawah ini!

Namun, bagaimana kalau Sahabat tidak ada uang atau sedang berhemat? Pasti kamu nggak mau dong kalau weekend hanya diam saja di rumah. Tenang, kamu masih bisa melakukan hal produktif di rumah. Bahkan hal produktif ini bisa menjadi ide kamu ke depan nantinya loh. Nah, coba deh lakukan hal-hal produktif berikut ini.

1. Performa Kendaraan

Periksalah performa kendaraanmu sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan mesin mobil, rem, dan lampu berfungsi dengan baik.

Sebelum kamu berangkat, ada baiknya jika kamu periksa oli mobil, kopling, air radiator, kabel, dan kondisi aki. Bila perlu, cek terlebih dahulu kondisi kendaraanmu di bengkel untuk persiapan sebelum perjalanan.

Kendaraan yang jarang di-service dapat menyebabkan performanya menurun, lho! Jadi, jangan malas untuk service kendaraan mu ya, Sahabat!

2. Cek Tekanan Ban

Cek tekanan ban secara berkala. Pastikan bahwa PSI sudah sesuai. Tekanan ban umumnya berbeda 2-3 psi antara ban depan dengan belakang. Tekanan angin yang tepat akan menambah efisiensi pemakaian bahan bakar kendaraan sekitar 1-3%.

3. Selalu Menggunakan Sabuk Pengaman

Sebelum Sahabat mulai mengemudikan kendaraan, pakai dulu sabuk pengamannya, ya! Sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, UULAJR (Undang-Undang Lalu Lintas dan Jalan Raya) Pasal 289 jo dan pasal 106 ayat 6 mewajibkan pengendara menggunakan sabuk pengaman ketika mengemudi. Daripada kena tilang, lebih baik pastikan kamu menggunakan sabuk pengaman ya, Sahabat.

4. Bahan Bakar

Periksalah bahan bakar kendaraanmu secara teratur. Apalagi kalau Sahabat akan memasuki jalan tol. 
Pom bensin di jalan tol tidak tersedia banyak, lho. Sahabat nggak mau kan mobilmu mogok di tengah jalan tol?

5. Kapasitas & Keselamatan Penumpang

Sebaiknya Sahabat tidak membawa penumpang melebihi kapasitas mobil mu ya, Sahabat. Perjalanan mu bisa terganggu karena tidak semua orang bisa duduk dengan nyaman. Nah, kalau kamu membawa balita, sebaiknya gunakan car seat atau booster seat, ya! agar anak tetap merasa nyaman saat perjalanan.

6. Menyimpan Nomor-Nomor Darurat

Sebaiknya kamu juga menyimpan nomor-nomor darurat untuk kondisi yang tidak diharapkan seperti terjadinya kebakaran, kecelakaan lalu lintas, kejahatan berat, maupun bencana alam, nomer-nomer ini akan berguna untuk kamu.

Berikut daftar nomor yang harus kamu catat di handphone mu: 
1. Nomor Telepon Polisi untuk laporan terjadinya kecelakaan dan kejahatan : 110 
2. Nomor Telepon Pemadam Kebakaran: 113 atau 1131 
3. Nomor Telepon untuk memanggil Ambulan: 118 dan 119 
4. Nomor Telepon untuk menghubungi badan SAR: 115 
5. Nomor Telepon untuk menghubungi posko Bencana Alam: 129 
6. Nomor Telepon untuk gangguan Listrik: 123 atau 021-123 
7. Nomor Darurat Umum bila jaringan seluler terbatas: 112

7. Selalu Patuhi Rambu Lalu Lintas

Seringkali musibah kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena kelalaian si pengemudi. Oleh karena itu, jika kamu sudah merasa kelelahan dan mengantuk, usahakanlah untuk segera beristirahat. Memaksakan berkendara dengan kondisi badan yang lelah dan ngantuk dapat berakibat fatal, lho.

Penyebab lainnya terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah sikap yang terburu-buru. Hayo ngaku, siapa yang sering kebut-kebutan saat terburu-buru?

Banyak orang yang mengemudi atau mengendarai kendaraannya dengan mengebut, dengan harapan supaya cepat sampai ke tujuan. Hal ini tentunya sangat beresiko untuk kamu.

Jadi, selalu patuhi rambu lalu lintas agar perjalananmu tetap aman, karena keselamatan adalah hal yang utama. Ingat ya, keluargamu menunggu di rumah!

Baca juga : Bahaya Menyetir Terlalu Lama 

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku