Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Bikin Ketagihan! Ini 5 Oleh-Oleh Khas Blitar yang Murah Meriah!
14 November 2018
oleh oleh blitar

Jika dibandingkan dengan kota lain di Jawa Timur, Blitar mungkin kalah populer. Padahal, kota yang secara geografis ini terletak di kaki Gunung Kelud yang pastinya memiliki wisata alam sangat indah.

Potensi wisata di Kota Blitar tidak bisa dilepaskan dari catatan sejarah yang pernah terjadi di kota ini. Selain menjadi lokasi Makam Bung Karno, Blitar juga memiliki ragam wisata menarik lainnya. Seperti saja Istana Gebang, Alun-alun Blitar dan wisata alam lainnya.

Setelah puas mengunjungi tempat wisata, jangan lupa beli oleh-oleh khas Blitar bisa Sahabat bawa pulang. Tenang, jangan bingung, kamu cukup rekomendasi oleh-oleh khas Blitar yang enak dan ramah di kantong berikut ini:

1. Sagon

Sagon adalah kue khas dari Blitar yang berbahan dasar tepung ketan dan kelapa parut. Meski komposisinya sederhana, pembuatan sagon tergolong sulit.

Dalam pembuatan sagon, kue tidak boleh terlalu matang agar tetap renyah dan tidak pahit. Saat memilih sagon, cobalah ambil yang berwarna cokelat muda dan punya aroma kelapa yang kuat.

Di Blitar, kue ini biasanya dijual kiloan dengan harga sekitar Rp35.000 per kilonya. Kamu bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh khas Blitar seperti Goedang Oleh-oleh Blitar di Jalan Veteran No 203.

2. Dodol belimbing

Blitar punya Kampung Belimbing di daerah Karangsari. Dari daerah ini, kamu bisa menemukan olahan belimbing yang unik yaitu dodol belimbing. Teksturnya cenderung lengket dan rasanya sedikit masam khas buah belimbing.

Dodol belimbing atau yang juga disebut dolbing ini biasanya dijual dalam kemasan kotak kecil dengan isi 20 biji. Satu kotaknya dihargai mulai dari Rp10.000 hingga Rp15.000.

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk membeli dodol belimbing adalah Agrowisata Belimbing di Desa Karangsari, Sukorejo. Tidak hanya dodol, di sini kamu juga bisa menemukan olahan belimbing lain seperti manisan, sirup, serta keripik.

3. Wajik Kletik

Hidangan wajik memang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Hampir setiap daerah rasanya punya olahan ketan hitam ini. Blitar ternyata juga memiliki wajik sendiri, namanya wajik kletik.

Wajik ini punya keunikan sendiri karena butiran ketan yang digunakan tidak sepenuhnya mengembang dan masih berupa butiran keras. Dibungkus dengan kulit jagung kering, wajik kletik punya cita rasa legit yang sangat khas.

Salah satu wajik kletik yang terkenal di Blitar adalah Wajik Kletik Bu Prayitno. Biasanya, kuliner ini dijual dalam bentuk rentengan dengan isi 5 buah per rentengnya. Harganya sekitar Rp10.000 saja. Tertarik untuk mencobanya?

4. Geti

Sahabat suka makan camilan dari kacang-kacangan? Blitar punya versi tradisionalnya, lho. Jajanan mirip snack bar ini bernama geti. Geti terbuat dari aneka kacang seperti kacang tanah, mete, dan wijen yang direkatkan dengan gula merah. Rasanya manis, legit, dan tentunya bisa mengganjal perut saat lapar.

Kamu bisa mendapatkan snack tradisional nan sehat ini di Desa Kademangan. Kawasan ini memang terkenal sebagai sentra produsen geti di Blitar. Umumnya, 1 kg geti dijual dengan harga sekitar Rp40.000. Apakan kamu tertarik membelinya untuk oleh-oleh?

5. Opak gambir

Opak identik dengan kuliner khas Sunda, padahal di Jawa Timur kamu bisa menemukannya. Namanya adalah opak gambir. Bahannya terbuat dari ketan yang ditumbuk dan berbentuk bulat pipih.

Jajanan tradisional ini biasanya dihadirkan saat acara pernikahan dan hajatan lainnya. Namun, kini kamu juga menikmatinya saat hari-hari biasa dan bahkan membelinya sebagai oleh-oleh.

Dulu, opak gambir hanya memiliki rasa ketan, tetapi sekarang kamu bisa menemukannya dengan varian rasa lainnya. Mulai dari rasa bawang, jahe, coklat, stroberi, nangka, hingga durian bisa kamu pilih sesuai selera.

Tak perlu khawatir, oleh-oleh khas Blitar tadi bisa Sahabat dapatkan dengan mudah. Di sepanjang jalanan pusat Kota Blitar juga ada banyak toko oleh-oleh khas Blitar yang bisa dikunjungi. Tunggu apa lagi? Masukkan Kota Blitar ke dalam destinasi wisata kamu selanjutnya, ya Sahabat!

Baca juga : 5 Oleh-oleh Khas Pekanbaru yang Paling Dicari!

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku