TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
AC Mobil Bermasalah? Yuk Cari Tahu Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Di masa sekarang, AC pada mobil adalah komponen yang wajib terpasang. Apalagi dengan kondisi cuaca di Indonesia yang semakin panas, tentunya AC mobil sangatlah dibutuhkan. AC mobil sebagai benda yang penting dalam mobil memiliki berbagai komponen penting di dalamnya.

Salah satu komponen yang paling penting dalam AC adalah evaporator. Evaporator adalah komponen AC yang berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke bagian kabin mobil. Evaporatorlah yang membuat sahabat bisa menikmati dinginnya udara di dalam mobil sahabat.

Bentuk evaporator adalah kotak dan memiliki rongga-rongga yang berbentuk liku-liku yang menyebabkan menumpuknya kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Kotoran yang menumpuk pada evaporator akan menyumbat dan menghambat kinerja AC.

Akibatnya, AC tidak mampu bekerja dengan optimal dan hembusan angin yang keluar tidak maksimal. Untuk itulah, kamu harus membersihkan evaporator AC dengan rutin. Yuk cari tahu cara membersihkan evaporator AC mobil dengan menyimak ulasannya berikut ini.


Baca Juga: Kenali Gejala Awal Rusaknya AC Mobil


1. Matikan Mesin Mobil dan Siapkan Pembersih

Sebelum sahabat membersihkan evaporator AC mobil sahabat, pastikan bahwa mobil dalam kondisi mati. Karena untuk membersihkan evaporator AC mobil, ada beberapa bagian dari mesin yang harus dibongkar, dan hal tersebut harus dilakukan dalam kondisi mobil mati.


2. Pelajari Letak Evaporator

Hal selanjutnya yang harus sahabat ketahui adalah letak evaporator mobil sahabat. Letak evaporator mobil pada umumnya berada di bawah dashboard mobil, namun semuanya tergantung dari jenis dan merek mobil. Terkadang, beberapa merek mobil meletakkan evaporatornya di bagian lain.

Jika sahabat kesulitan menemukan letak evaporator, sahabat bisa membuka kembali buku panduan bawaan mobil sahabat, karena biasanya di buku panduan tersebut ada petunjuk mengenai beberapa komponen mobil, salah satunya letak evaporator AC mobil sahabat tersebut.


3. Buka Evaporator atau Saringan AC

Setelah menemukan letak evaporator, sahabat bisa membuka saringan AC dengan membaca petunjuk di buku manual tersebut. Jika sahabat melihat bahwa saringan AC kotor, sahabat bisa membersihkannya.

Apabila kotoran tersebut membandel, lebih dianjurkan sahabat menggantinya dengan saringan yang baru. Hal tersebut akan membuat kinerja AC lebih maksimal, dan hasil yang didapat juga lebih baik, AC akan menjadi semakin dingin seperti baru.

Untuk kotoran yang sedikit, sahabat cukup membersihkan bagian saringan AC tersebut menggunakan brush, atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Lakukan pembersihan secara perlahan dan berhati-hati, agar tidak merusak komponen AC yang lain.


Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Bermasalah!


4. Hidupkan Mesin Mobil

Setelah melakukan hal di atas, sahabat bisa menyalakan mesin mobil sahabat. Ketika mesin mobil sudah menyala, nyalakan pula AC dengan suhu paling tinggi dan putaran blower yang paling tinggi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah blower bekerja secara maksimal atau tidak.


5. Semprotkan Cairan Pembersih

Semprotkanlah cairan pembersih yang sudah disiapkan ke bagian blower, kemudain cairan ini akan membuat busa atau foam. Biarkan foam tersebut hingga mengeluarkan air dari lubang ventilator AC. Setelah itu diamkan mobil selama 15 menit, kemudian bersihkan air yang berada di lubang ventilator.


Baca Juga: Tips Supaya AC Mobil Tetap Dingin


Nah, itu dia hal yang bisa sahabat lakukan untuk membersihkan evaporator AC mobil sahabat. Setelah sahabat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, pastinya AC mobil sahabat akan dingin kembali seperti baru. Jangan malas untuk merawat mobil kesayangan sahabat ya, apalagi AC adalah bagian penting saat berkendara.

2018-11-26 16:38:53