TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Belajar Memahami Mesin: Ini Jenis-jenis Mesin Mobil yang Harus Sahabat Ketahui

Mobil adalah kendaraan umum yang banyak digunakan oleh Sahabat baik dalam kehidupan sehari-hari untuk jarak dekat maupun jarak jauh seperti keluar kota. Memiliki mobil bisa menjadi suatu gaya hidup, sebab sebagian orang sangat mencintai mobilnya sampai menghabiskan banyak uang hanya untuk membuat mobil kesayangan tampil lebih keren dan eye catching saat dibawa keliling kota ataupun keluar kota.

Dalam memiliki sebuah mobil, hal yang paling penting yang harus sahabat mengerti adalah mengenai mesin. Banyak sekali orang yang memiliki mobil, ternyata tidak mengerti mengenai mesin mobil itu sendiri. Mengerti mengenai mesin mobil bisa menjadi nilai tambah bagi Sahabat sebagai pecinta mobil sejati. Yuk langsung saja, ini jenis-jenis mesin mobil yang harus sahabat ketahui.


Baca Juga: Ini Cara yang Bisa Sahabat Lakukan Untuk Merawat Velg Mobil Agar Tetap Mengkilap


1. External Combustion

Mesin yang satu ini adalah mesin yang memanfaatkan hawa panas dari sisa pembakaran untuk mengonversi air atau cairan-cairan lainnya untuk menjadi uap. Uap yang dihasilkan dari konversi tersebut akan disalurkan dalam bentuk tenaga pemutar turbin. Mesin ini biasanya digunakan oleh mobil-mobil pada zaman dahulu, sekarang mesin digunakan untuk kereta.


Baca Juga: Di Musim Hujan, Ini Bagian Terpenting Dalam Mobil yang Membutuhkan Perhatian Ekstra


2. Internal Combustion

Mesin yang satu ini melakukan pembakaran di dalam silinder mesin. Cara memanfaatkan tenaga yang dilakukan oleh Internal Combustion ini mirip dengan yang dilakukan External Comnustion, yaitu dengan cara menggunakan suhu bertekanan tinggi yang dihasilkan dari kombusi di dalam silinder menjadi tenaga untuk menggerakan piston yang digunakan untuk menggerakan roda.

Apa itu piston? Piston adalah sebuah perangkat yang bergerak fleksibel di dalam silinder dan berguna untuk menyalurkan kekuatan ke crack shaft dengan bantuan connecting rod. Tipe mesin yang satu ini membutuhkan bahan bakar cair ataupun gas seperti bensin ataupun solar.

Manfaat yang didapat ketika menggunakan mesin Internal Combustion ini adalah kombusi di dalam mesin lebih ramah dan hemat dibandingkan dengan external combustion. Berbeda dengan external combustion yang membutuhkan tempat yang besar, internal combustion ini memiliki mesin yang ramping dan tidak makan tempat, sehingga banyak digunakan oleh mobil-mobil keluaran terbaru yang memiliki mesin kecil namun kecepatannya tinggi.


Baca Juga: Ini Dia Komponen Mobil yang Membutuhkan Servis Berkala


3. Mesin Tak

Sahabat pasti sering mendengar mengenai kendaraan bermesin dua tak maupun empat tak. Mesin-mesin tersebut adalah jenis mesin yang bekerja berdasarkan pukulan/stroke/tak. Mesin yang menggunakan tak ini terbagi menjadi dua, seperti yang sahabat sering dengar, yaitu mesin dua tak dan tiga tak. Apa sih perbedaannya?

Mesin dua tak, atau bisa disebut juga two stroke adalah mesin yang menghasilkan torsi lebih banyak sehingga biasanya kendaraan dengan mesin dua tak memiliki tekanan yang cukup tinggi atau bisa dibilang tendangannya lebih kencang dibandingkan dengan mesin empat tak.

Sedangkan mesin empat tak adalah bukti dari berkembangnya teknologi permesinan. Mesin empat tak ini memiliki ciri piston yang bergerak naik turun di dalam silinder mesin sebanyak dua kali. Mobil bermesin empat tak ini biasanya memiliki kecepatan dan ketahanan mesin yang lebih unggul dibandingkan dengan mesin dua tak.


Baca Juga: Lima Jenis Aki Mobil yang Wajib Kamu Ketahui


Nah, itu dia jenis-jenis mesin berdasarkan jenis pembakarannya. Mengetahui seluk beluk mesin adalah poin penting yang harus sahabat ketahui. Selain menambah nilai lebih sebagai pecinta otomotif, sahabat juga tidak akan kebingungan pada saat mobil mengalami masalah. Lebih baik lagi, bahkan sahabat bisa mengantisipasi dan mendeteksi bila terjadi kerusakan pada mesin. Yang terpenting adalah rawatlah mesin dengan baik, dan rutinlah melakukan servis.

2018-12-03 16:02:22