TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil Dengan 7 Mainan Edukatif Menarik Berikut Ini


Bermain adalah salah satu aktivitas menarik yang menjadi rutinitas anak-anak setiap harinya. Namun, siapa sangka jika kegiatan bermain sangat membantu dalam mendukung perkembangan motorik hingga kecerdasan anak. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, peran orang tua dalam memfasilitasi berbagai permainan anak-anak juga sangat penting loh, Sahabat. Sebaiknya Sahabat memilih permainan edukatif yang akan memberikan manfaat bagi buah hati. Sehingga anak bisa bermain dan juga belajar.


Saat ini, banyak sekali permainan anak-anak edukatif yang bisa didapatkan di berbagai toko mainan. Akan tetapi, sebagai orang tua Sahabat juga harus mengetahui jenis permainan apa yang sesuai dengan usia tumbuh kembangnya. Pemilihan permainan yang tepat sesuai dengan usia buah hati akan memberikan manfaat yang maksimal. Oleh sebab itu, jangan salah untuk memberikan mainan kepada buah hati ya, Sahabat.


Bagi Sahabat yang ingin memaksimalkan perkembangan buah hati sekaligus juga memberikan ruang bagi buah hati dalam mengeksplor dirinya melalui berbagai permainan edukatif, berikut ini ada beberapa referensi permainan anak-anak yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Saat ini tersedia banyak sekali permainan yang akan meningkatkan level kognitif sekaligus kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diintegrasikan dalam berbagai permainan menarik.


1. Tingkatkan kemampuan problem solving bersama puzzle




Jenis permainan anak-anak yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan di berbagai toko permainan terdekat loh, Sahabat. Dengan memilih gambar puzzle yang disukai oleh anak, Sahabat bisa mencoba untuk mengajak si buah hati bermain sekaligus menyusun kembali gambar puzzle yang berserakan. Melalui cara ini, maka kemampuan anak atas problem solving, logika dan motorik halus bisa ditingkatkan secara perlahan.


Sebagai langkah awal dalam permainan ini, Sahabat bisa memilih jenis puzzle yang sederhana sehingga tidak terlalu membuat anak bingung. Seiring dengan berjalannya waktu, Sahabat bisa memberikan permainan anak-anak puzzle ini dalam tingkatan yang lebih sulit, sehingga kemampuan anak dalam memecahkan masalah akan semakin terasah ke depannya.


2. Permainan alphabet untuk meningkatkan memori



Permainan anak-anak lain yang bisa Sahabat jadikan pilihan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus, memori dan imajinasi anak adalah permainan alphabet. Jenis permainan yang terdiri dari 25 huruf alphabet berwarna-warni ini sangat cocok untuk digunakan oleh orang tua dalam memperkenalkan abjad secara bertahap. Cara bermain dengan alphabet ini juga akan membantu anak membedakan huruf vokal dan konsonan.


Seiring dengan berjalannya waktu, permainan anak-anak yang satu ini juga akan membantu mereka mengeja beberapa huruf dengan baik hingga akhirnya anak pun bisa menyusun kata-kata sederhana dengan berbagai abjad tersebut dengan baik. Dengan adanya manfaat tersebut, sudah sepantasnya permainan ini dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk mendukung tumbuh kembang buah hati.


3. Permainan binatang untuk mengenal lingkungan sekitar




Di lingkungan sekitar banyak sekali jenis hewan yang berkeliaran dan untuk membuat anak sadar akan hal tersebut dan menaruh perhatian yang lebih dengan lingkungan sekitar, Sahabat bisa memberikan permainan anak-anak yang berupa miniatur binatang. Sahabat secara perlahan bisa memperkenalkan berbagai jenis binatang beserta habitat dan makanannya kepada si kecil di usia perkembangannya.


Bisa dibilang cara ini sebagai alternatif tepat tanpa Sahabat harus pergi ke kebun binatang dan bertemu secara langsung. Sekalipun demikian, di samping Sahabat memperkenalkan permainan anak-anak, sesekali akan lebih baik jika Sahabat juga mengajaknya ke kebun binatang untuk melihat langsung rupa dari hewan tersebut dalam kehidupan nyata.


4. Permainan bentuk untuk meningkatkan motorik halus




Pilihan permainan anak-anak lainnya yang mampu untuk mendorong perkembangan motorik halus adalah permainan bentuk. Permainan yang satu ini sangat cocok diperkenalkan kepada buah hati yang menginjak usia balita. Jenis permainan yang mengandalkan berbagai macam bangun seperti segitiga, lingkaran dan lain sebagainya akan membantu anak mengenal ragam bentuk sejak dini.


Sedangkan untuk cara bermain permainan anak-anak ini sangatlah mudah, dimana anak akan diminta untuk memasukkan semua bangun tersebut dalam sebuah wadah yang permukaannya sudah memiliki bentuk berlubang atas sebuah bangun tersebut. Dengan melatih anak untuk melakukan hal ini, maka lambat laun kemampuan berfikir anak akan meningkat.


5. Permainan warna untuk tingkatkan daya kreativitas




Jika Sahabat mendapati adanya kecenderungan anak memiliki jiwa seni dalam dirinya, kini saatnya Sahabat mencoba memberikan permainan anak-anak yang berupa pensil warna ataupun crayon. Cara ini nantinya akan membantu anak dalam mengenalkan warna sejak dini dengan bantuan orang tua. Untuk menarik perhatian, Sahabat bisa menyediakan sebuah kertas sebagai lembar untuk si kecil berkreasi dalam berbagai warna menarik.


Seiring dengan berjalannya waktu, Sahabat juga bisa memberikan berbagai gambar bentuk sederhana untuk kemudian diberikan warna sesuai dengan keinginan buah hati. Melalui berbagai latihan yang sangat intensif atas pengenalan warna melalui permainan anak-anak ini, maka Sahabat akan mendapati adanya progres yang sangat signifikan atas tumbuhnya jiwa seni dalam diri mereka kelak.


6. Permainan block bricks untuk melatih daya imajinasi




Jika Sahabat mendapati adanya jenis permainan block bricks yang ditawarkan di toko mainan anak-anak, akan sangat tepat jika Sahabat kemudian memilih jenis permainan anak-anak tersebut untuk membantu meningkatkan daya imajinasi buah hati, Block bricks yang memiliki berbagai warna menarik dan cerah akan membantu anak belajar tentang warna. Untuk diketahui bahwa permainan anak ini sangat cocok diberikan kepada buah hati yang memang sudah bisa melakukan kegiatan mandiri.


Dengan bantuan permainan anak-anak berupa block bricks, maka anak bisa berkreasi untuk meningkatkan daya imajinasi dalam bentuk berbagai bangunan hingga benda dengan menyusun potongan block bricks tersebut secara perlahan. Menariknya lagi, anak juga bisa berkreasi dengan mencoba untuk membuat bentuk robot ataupun sejenisnya dengan bantuan block bricks tersebut.


7. Permainan angka untuk kecerdasan berpikir