TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Sedang Hits dan Harus Kamu Beli!


Berkunjung ke Jakarta tidak akan pas apabila tidak membeli oleh-oleh khas Jakarta yang sedang hits. Ketika pada umumnya orang-orang dari Jakarta membawa oleh-oleh dari daerah, hal ini sebaliknya; oleh-oleh khas Jakarta ini mungkin bisa Sahabat dijadikan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke keluarga di daerah.

Lalu, apa saja oleh-oleh khas Jakarta yang sedang hits dan harus Sahabat beli? Mari kita simak di bawah ini.

Baca juga : Daftar Oleh-Oleh Khas Bandung yang Unik dan Murah Ini Wajib Dibeli!

1. Bir Pletok

Bir pletok bukanlah sembarang beer. Satu-satunya bir di dunia yang halal untuk dikonsumsi adalah bir pletok. Jadi, sayang banget kalau Sahabat nggak menjadikan bir pletok sebagai oleh-oleh untuk keluarga di daerah. Minuman ini dinamakan bir pletok karena dalam proses perebusannya berbunyi “pletok”. Bir pletok sendiri berbahan campuran beberapa jenis rempah, seperti jahe, daun pandan wangi, dan juga serai. Bahan-bahan ini yang membuat bir pletok berwarna merah.

Bir pletok sendiri memiliki khasiat untuk menghangatkan badan. Di Jakarta, ada juga yang menjadikan bir pletok sebagai sajian untuk menjamu tamu. Kini bir pletok dapat ditemukan dalam kemasan botol atapun saset. Sahabat bisa menemukannya di berbagai lokasi di Jakarta, khususnya di kawasan Kota Tua atau pun Tanah Abang. Harga bir pletok sendiri sangat terjangkau, hanya seharga Rp10.000-an yang cocok dijadikan oleh-oleh khas Jakarta.

2. Dodol Betawi

Dodol Betawi menjadi oleh-oleh khas Jakarta yang hits saat ini. Rasanya yang lezat dan gurih, serta varian rasanya yang semakin berkembang membuat Dodol Betawi menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Jakarta. Selain memiliki varian rasa yang unik, seperti ketan, durian, dan sebagainya; dodol juga bersifat tahan lama. Sehingga, cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk Sahabat yang ingin berpergian jauh dari Jakarta. Harga setengah kilo dodol hanya sekitar 8 ribu – 10 ribu rupiah. Dapat ditemukan di beberapa tempat di Jakarta, misalnya di Kebayoran Lama dan Condet.

3. Kembang Goyang

Kembang goyang selalu berhasil menggoyangkan lidah para konsumennya. Teksturnya yang gurih dengan adonan tepung beras atau tepung ketan membuatnya memiliki cita rasa yang khas. “Kress” suara yang akan Sahabat dengarkan dari dalam rongga mulut Sahabat ketika mengkonsumsi kembang goyang. Kue ini merupakan salah satu peninggalan dari budaya kuliner masyarakat Betawi yang bisa Sahabat jadikan oleh-oleh khas Jakarta.

Penamaan kembang goyang itu sendiri berasal dari bentuknya yang seperti kelopak bunga yang indah. Adapun kini varian rasa dari kembang goyang yang enak yaitu pandan, framboze dan wijen. Harga satu kilogram kue kembang goyang yang dijual di berbagai pasar di Jakarta sekitar 20 ribu – 30 ribu rupiah per kemasan. Pokoknya harga dan rasa kembang goyang sangatlah friendly. Jangan sampai ketinggalan ya Sahabat untuk menjadikan kembang goyang jadi oleh-oleh khas Jakarta untuk keluarga di rumah.

4. Biji Ketapang

Kue ini merupakan salah satu kue yang paling sering dijumpai saat bulan Ramadhan di Jakarta. Pada umumnya terjadi ke dalam toples transparan dan dijual dengan harga sekitar Rp20.000-an. Kue biji ketapang berbentuk pipih dengan warna cokelat. Dibuat dengan tepung terigu, telur, gula, dan mentega. Kue ini memiliki tekstur yang agak kasar dan gurih ketika dikunyah. Sayangnya, kue ini akan sulit ditemukan di bulan-bulan lain selain bulan Ramadhan. Kue biji ketapang juga biasanya tidak ada di pasar, namun dapat ditemukan di beberapa toko kecil atau rumahan di sekitaran Jakarta Selatan, khususnya Kebayoran Lama.

5. Akar Kelapa