TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Belajar Doa Naik Kendaraan dalam Ajaran Islam Disertai Makna dan Keutamaannya


Setiap umat muslim diwajibkan untuk berdoa terlebih dulu sebelum melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya berdoa ketika hendak naik kendaraan. Dari dulu, kendaraan ini sudah dikenal oleh masyarakat, hanya saja kini bentuknya sudah semakin canggih. Intinya, kendaraan adalah peralatan transportasi untuk mempermudah urusan seseorang. Jika dulu kendaraan bisa memanfaatkan hewan ternak, kini sudah berkembang teknologi buatan manusia seperti mobil, bus, pesawat udara, kereta api, becak, delman, andong, dan masih banyak lagi. Sedangkan kendaraan hewan ternak yang biasa digunakan sebagai transportasi seperti sapi, kerbau, kedelai, kuda, hingga unta. Kedua jenis kendaraan tersebut dibagi menjadi kendaraan bermesin dan kendaraan tanpa mesin.

 

Hadirnya kendaraan yang semakin canggih tersebut tentunya harus disyukuri. Kalaupun saat ini belum memilikinya, tidak perlu rendah diri karena bisa berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan alternatif lain untuk bepergian. Apalagi, diera abad 21 ini, Sahabat bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta, kapal, hingga pesawat. Kendaraan itu pula yang bisa Sahabat gunakan ketika hari raya tiba baik lebaran maupun idul adha untuk mengurangi kemacetan di beberapa titik tertentu.

 

Nah, setiap kendaraan yang ada saat ini dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan jalur yang dilaluinya, diantaranya kendaraan darat, laut, dan udara. Ketika menaiki kendaraan, pasti setiap penumpang berharap keselamatan dan tidak menginginkan hal buruk terjadi seperti kecelakaan, kerusakan mesin ditengah perjalanan, ban bocor, dan lainnya. Untuk itu, kembalilah meminta perlindungan dari Allah sebelum naik kendaraan supaya dalam perjalanan senantiasa diberi kelancaran, kemudahan, dan keselamatan atas kemudahan fasilitas transportasi tersebut. Jangan lupa pula untuk menggunakan helm bagi pengendara kendaraan roda dua dan sabuk pengaman bagi pengendara kendaraan mobil maupun pesawat. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa ikhtiar, disamping qanaah dan bersyukur.


Membaca doa naik kendaraan adalah wujud dari rasa syukur yang harus dilakukan umat muslim. Adapun bunyi doanya adalah sebagai berikut. Sengaja ditulis dalam format doa naik kendaraan latin agar mudah dibaca.

Doa Naik Kendaraan Pertama

Doa naik kendaraan yang pertama adalah doa naik kendaraan darat, doa ini diambil dari sumber hadits riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Berikut adalah bunyi latinnya.

 

BISMILLAH, ALHAMDULILLAH, SUBHANALLADZI SAKH-KHORO LANAA HADZA WA MAA KUNNA  LAHU MUQRINIIN. WA INNA ILAA ROBBINA LAMUN-QOLIBUUN. ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH. ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR  SUBHAHAANA KALLAHUMMA INNI ZHALAMTU NAFSII FAGH FIRLII FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA.

 

Artinya adalah sebagai berikut.

 

“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah Maha Suci Engkau, ya Allah, Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

 

Selain untuk kendaraan darat, doa ini juga merupakan doa naik kendaraan udara.

Doa Naik Kendaraan Kedua

Selain doa pertama, Anda juga bisa membaca doa berikut ini.

 

SUBHAANAL-LADZII SAKH-KHARA LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA RABBINAA LAMUN QOLIBUN.

 

Artinya adalah sebagai berikut.

"Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Doa Naik Kendaraan Ketiga

Bisa juga membaca doa naik kendaraan berikut ini.

 

BISMILLAH, BISMILLAH, BISMILLAH diucapkan ketika menaikkan kaki di kendaraan, kemudian lafalkan berikutnya.

 

ALHAMDULILLAH, SUBHAANAL-LADZII SAKH-KHARA LANA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA RABBINAA LAMUNG QALIBUUN, ALHAMDULILLAH, ALHAMDULILLAH, ALHAMDULILLAH, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, SUBHAANAKA INNI QAD ZHALAMTU NAFSII, FAGHFIRLII FA-INNAHU LAA YAGHFIRUDZ-DZUNUUBA ILLA ANTA.

 

Artinya adalah sebagai berikut.

"Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah" saat menaikkan kaki di kendaraan.


"Segala puji bagi Allah, Maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini (kendaraan) bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku telah menzhalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau."

Doa Naik Kendaraan Keempat

Doa keempat berikut ini adalah doa naik kendaraan laut. Bisa dibaca ketika Anda naik kapal atau perahu.

 

BISMILLAAHI MAJREEHAA WA MURSAAHAA INNA RABBII LAGHAFUURUR RAHIIM.

Artinya adalah sebagai berikut.

"Dengan menyebut nama Allah yang menjalankan ini (kendaraan) berlayar dan juga berlabuh sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pemaaf Lagi Maha Pengasih".

Doa Naik Kendaraan Kelima

Doa kelima ini dibaca ketika kendaraan yang Anda naiki menyalip kendaraan lainnya. Tujuannya tidak lain supaya mendapatkan perlindungan dari Allah. Sebab, beberapa faktor penyebab kecelakaan ketika menyalip kendaraan lain bisa saja terjadi seperti jalan yang licin, ban tipis, dan lainnya. Risiko kecelakaan juga dapat dikurangi dengan mengupayakan performa kendaraan. Maka, pastikan untuk service kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh.

 

Selain itu, hindari perkataan yang buruk ketika berada dalam perjalanan dan selalu mengucapkan lafadz Allah. Rasulullah pun menganjurkan untuk mengucapkan bismillah ketika sedang selip. Berikut adalah makna dari doanya.

 

“Diriwayatkan kepada kami di kitab Sunan Abu Dawud dari Abul Malih, seorang tabiin terkenal, dari salah seorang sahabat, ia berkata bahwa ia pernah menumpang ikut dalam kendaraan Rasulullah SAW. Di tengah jalan kendaraan itu mengalami selip. Saya spontan mengucap, 'Celaka setan.' Rasulullah SAW mengingatkan, 'Jangan berkata, 'Celaka setan.' Kalau kau katakan, ia akan membesar hingga sebesar rumah dan ia akan berkata, 'Demi kekuatanku.' Tetapi, ucapkanlah, 'Bismillah'. Kalau kau katakan itu, maka setan akan mengecil sampai seukuran seekor lalat.”


Doa di atas juga bisa dibaca ketika mengalami musibah apapun. Hal tersebut adalah lebih baik daripada mengumpat yang tidak pantas.

Doa Naik Kendaraan Keenam

Selama dalam perjalanan, ada baiknya pengendara senantiasa membaca doa supaya selalu dilindungi oleh Allah. Berdasarkan riwayat yang dikutip oleh Imam Nawaai dalam Al-Adzkar pada bab zikir saat di jalan, dianjurkan untuk membaca surat Al-Ikhlas selama dalam perjalanan. Jangan lupa juga untuk istiqomah.

Keutamaan Ketika Membaca Doa Naik Kendaraan

Membaca doa naik kendaraan seperti di atas adalah salah satu anjuran yang harus dilakukan. Sebab, barangsiapa yang membacanya, akan mendapatkan keutamaan sebagai berikut. Yaitu mendapatkan pahala yang melimpah dari Allah SWT. Selain itu, supaya mendapatkan ridho dari Allah sehingga senantiasa meridhoi aktivitas kita seharian. Apalagi, zaman sekarang ini aktivitas manusia selalu disibukkan dengan kendaraan. Maka, penting untuk membaca bahkan menghafal doa di atas. Jika sudah hafal, tinggal amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk memahami makna doa tersebut.

Kecelakaan Ketika Naik Kendaraan

Kecelakaan merupakan sebuah kejadian yang tidak diinginkan oleh siapapun. Salah satu cara menghindarinya dengan berdoa sebelum berkendara, sehingga Allah senantiasa memberikan keselamatan ketika dalam perjalanan.

Semoga doa naik kendaraan darat, udara, dan laut yang ditulis dalam format latin ini bisa membantu Sahabat dalam mengamalkan doa ketika hendak bepergian.


Baca juga : Pentingnya Memiliki Keluarga Bahagia Dalam Kehidupan 

2019-08-15 04:02:33