Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Modifikasi Mobil Luxio Simpel dan Menarik
08 Juni 2020
luxio modifikasi

Memodifikasi mobil kini sudah semakin menjadi gaya hidup bagi mereka para pecinta otomotif roda empat. Salah satu mobil yang sering dipilih untuk dimodifikasi adalah mobil keluaran Daihatsu. Modifikasi mobil Daihatsu dapat dilakukan baik dengan mengubah tampilan maupun mengubah hingga ke bagian mesin mobil. Beberapa produk line-up Daihatsu yang sering dipilih untuk dimodifikasi adalah mobil Sigra, Terios, GranMax, Luxio, Xenia, Ayla dan berbagai mobil keluaran Daihatsu lainnya.

Bahkan, semakin digandrunginya mobil Daihatsu ditunjukkan dengan diselenggarakannya event Daihatsu Dress-Up Challenge 2019. Kontes ini dimulai dari Tunjungan Plaza, Surabaya pada bulan Maret 2019. Jika Sahabat tertarik untuk melakukan modifikasi pada mobil Daihatsu kesayangan Sahabat, berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan modifikasi mobil yang bisa Sahabat ikuti.

Salah satu yang sering dipilih untuk dilakukan modifikasi adalah modifikasi mobil Daihatsu Luxio. Cara untuk melakukan modifikasi mobil Daihatsu bisa dilakukan dengan memodifikasi penampilan seperti mengubah warna cat mobil ataupun memberikan gambar tertentu di bodi mobil. Selain modifikasi penampilan, Sahabat juga bisa memodifikasi performa mobil. Lantas, apa saja modifikasi yang dapat dilakukan?

Berikut tips untuk melakukan modifikasi mobil Luxio : 

1. Menginstalasi Short Shifter

Jika Sahabat tertarik untuk mencoba memodifikasi mobil hanya untuk meningkatkan pengalaman mengemudi agar lebih menyenangkan, maka memasang short shifter bisa menjadi ide terbaik untuk diaplikasikan. Short shifter memang tidak akan meningkatkan performa kinerja mesin mobil maupun mengubah penampilan eksterior mobil, namun perangkat satu ini dapat memudahkan Sahabat di jalanan.

Fungsi perangkat ini adalah untuk memendekkan jarak yang harus ditempuh tuas persneling untuk memindahkan gigi. Hal ini dilakukan berkat kemampuan short shifter dalam mengurangi sudut yang harus dilalui oleh poros persneling. Dengan memendekkan jarak pemindahan gigi, waktu yang diperlukan untuk memindahkan gigi juga lebih cepat.

Bagi kebanyakan pengemudi yang senang melaju di jalanan, pemasangan short shifter dirasa benar-benar menguntungkan mereka dengan mengurangi waktu pemindahan persneling. Pengemudi akan memperoleh kecepatan yang diinginkan ketika ingin menyalip kendaraan lain di dekatnya.

2. Menginstal Body Kit

Untuk meningkatkan keseluruhan penampilan mobil Daihatsu terutama Daihatsu Luxio Sahabat, Sahabat dapat memilih untuk melakukan instalasi body kit. Instalasi body kit bahkan tidak hanya mengubah penampilan luar mobil, namun juga mampu meningkatkan kemampuan aerodinamis pada mobil jenis drag.

Keuntungan menginstal body kit yang dapat meningkatkan aerodinamis mobil sering dipilih oleh pemilik mobil-mobil sedan. Meski begitu, manfaat peningkatan aerodinamis pada mobil tidak akan terlalu terasa pada mobil Daihatsu Luxio. Hal ini dikarenakan mobil Daihatsu Luxio memiliki bodi yang sudah gede sehingga tingkat aerodinamis juga sudah baik.

Sehingga, pemasangan body kit pada mobil Daihatsu Luxio Sahabat lebih berguna untuk meningkatkan tampilan mobil agar lebih menawan dan unik. Sahabat juga dapat menginstal body kit untuk mengubah penampilan mobil Daihatsu lainnya seperti Ayla, Terios dan lainnya.

3. Menginstalasi Cold Air Intake

Instalasi aksesoris satu ini mungkin tidak akan mengubah penampilan eksterior dari mobil Daihatsu kesayangan Sahabat. Aksesoris cold air intake ini memang tidak ditujukan untuk mengubah penampilan bodi mobil melainkan untuk meningkatkan performa dari mesin mobil. Sehingga modifikasi aksesoris satu ini sangat cocok dipilih untuk Sahabat yang memang lebih suka modifikasi performa ketimbang penampilan luar.

Aksesoris cold air intake bekerja dengan membantu mesin mobil untuk melakukan pendinginan. Sehingga, Sahabat tidak perlu khawatir mesin mobil panas ketika harus menempuh perjalanan panjang maupun aktivitas mengemudi mobil yang intensif. Dengan menginstal aksesoris cold air intake Sahabat dapat menjaga kinerja mesin mobil lebih optimal dan lebih tahan lama.

4. Modifikasi Velg Mobil

Velg merupakan salah satu bagian mobil yang paling dianjurkan untuk dilakukan modifikasi mobil Daihatsu terutama Daihatsu Luxio. Sahabat tidak perlu bingung mencari inspirasi desain velg terbaru karena sudah banyak tersedia di pasaran yang menjual beragam velg dengan warna, ukuran dan gaya yang unik dan simpel. Sahabat dapat memilih desain velg terbaru sesuai dengan favorit Sahabat.

Dengan melakukan perubahan atau modifikasi pada velg mobil, Sahabat bisa membuat banyak orang melirik mobil milik Sahabat ketika di jalan. Selain itu, mengubah velg juga akan meningkatkan kepercayaan diri para pemiliknya.

5. Memberikan Stiker atau Wrapping

Jika Sahabat tipe orang yang lebih suka memodifikasi tampilan bodi mobil, maka mengaplikasikan stiker atau wrapping bisa dikatakan merupakan langkah yang tepat. Apalagi, wrapping atau stikering memberikan keuntungan bagi Sahabat yang tidak suka mengubah cat mobil secara permanen. Selain itu, melakukan wrapping juga lebih murah ketimbang harus melakukan pengecatan ulang bodi mobil Daihatsu Luxio.

Meski memberikan banyak keuntungan ketimbang cat ulang permanen, namun wrapping juga memiliki kelemahan. Melakukan wrapping akan lebih mudah mengelupas ketimbang cat. Namun, hal ini tidak menjadi masalah bagi Sahabat yang memang suka gonta-ganti penampilan luar mobil.

6. Melakukan Modifikasi pada Bagian Interior

Jika Sahabat lebih menyukai rasa nyaman bagi pengendara di dalam mobil, maka sebaiknya Sahabat memilih modifikasi pada bagian interior mobil. Ada banyak bagian interior mobil yang bisa Sahabat lakukan modifikasi seperti modifikasi jok mobil dengan bahan yang lebih lembut dan bagus maupun penambahan aksesoris entertainment mobil. 

Untuk jenis modifikasi jok mobil sendiri ada tiga jenis yaitu modifikasi jok paten atau melakukan rombak total, modifikasi jok semi paten hingga modifikasi jok sarung. Dari ketiga modifikasi jok tersebut, modifikasi jok paten merupakan cara modifikasi yang paling mahal karena jok mobil Sahabat yang lama akan dilepas dan diganti dengan yang baru. Sementara untuk modifikasi yang lebih murah bisa memilih modifikasi jok sarung yang memang lebih simpel.

7. Menginstal Cat-back Exhaust System Pada Bagian Knalpot Mobil

Bagian knalpot merupakan bagian yang sangat penting mengingat fungsinya untuk melakukan pengeluaran gas buang sisa pembakaran. Apabila performa knalpot mobil terganggu, tentunya akan mempengaruhi kinerja mesin mobil secara keseluruhan. 

Menginstal cat (catalytic converter) berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang pada mobil. Sehingga mobil akan lebih ramah lingkungan ketimbang knalpot mobil tanpa instalasi cat.

8. Modifikasi ECU Tuning

ECU atau Electronic Control Unit memiliki fungsi untuk menerima input berupa data dari sensor mobil. Kemudian bekerja dengan memerintahkan komponen mobil agar bekerja berdasarkan hasil proses sensor. ECU sendiri jika diibaratkan computer, maka ECU adalah otak atau prosesornya. 

Dengan melakukan ECU tuning, Anda dapat meningkatkan performa mesin mobil. Sahabat bisa menginstal ulang software pada ECU dengan software lain yang diprogram agar bekerja lebih optimal.

Bagi Sahabat yang ingin mendapatkan inspirasi modifikasi mobil dari mereka yang sudah sukses mengubah tampilan mobil, Sahabat dapat mencarinya lewat berbagai akun Instagram pecinta otomotif maupun website. Di sana Sahabat akan menemukan tips modifikasi mobil Daihatsu Ceria, Ayla, Sigra, dan mobil Daihatsu populer lainnya.

Baca juga : 20 Rekomendasi Parfum Mobil Dengan Wangi yang Tahan Lama

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku