Press Release

Daihatsu Raih Ranking 2 Penjualan Ritel Selama 12 Tahun Berturut

12 Agustus 2021
Performa Penjualan Ritel Mobil Daihatsu Selama Tahun 2020

JAKARTA (15/1): Mengawali awal tahun 2021, Daihatsu merilis hasil penjualan sepanjang 2020 dengan capaian positif. Capaian ini menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mempertahankan posisi ranking 2 selama 12 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional sejak 2009.

Secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia di tahun 2020 mencapai sekitar 578 ribu unit, atau turun 45% dibandingkan tahun 2019. Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang berlangsung dari awal tahun sampai dengan akhir tahun yang berimbas kepada penjualan otomotif. Sementara itu, penjualan Daihatsu mencapai 100.026 unit, turun 44% dari tahun lalu, hal ini lebih baik daripada kondisi pasar nasional, dan menghasilkan kenaikan market share Daihatsu sebesar 0,3% menjadi 17,3%.

Pada Semester 1 tahun 2020, retail sales Daihatsu pada Kuartal I (Januari-Maret) mencapai volume sebesar 39.186 unit. Memasuki kuartal II (April-Juni) pasar otomotif Indonesia mengalami penurunan yang paling dalam pada bulan Mei, Daihatsu tetap mencatatkan penjualan 14.391 unit di periode ini.

Memasuki Semester 2 tahun 2020, seiring trend peningkatan penjualan otomotif nasional, Daihatsu mencatatkan penjualan ritel 19.911 unit pada Kuartal III (Juli-September), dan Kuartal IV (Oktober-Desember) di tengah pandemi yang masih terjadi mencatatkan penjualan sebesar 26.538 unit.

Penjualan Daihatsu didominasi oleh 3 model utama, yaitu Sigra dengan capaian sebanyak 26.219 unit (berkontribusi 26,2%), diikuti oleh Gran Max Pick-Up 24.297 unit (24,3%), dan Terios 14.493 unit (14,5%). Selanjutnya ada Ayla sebanyak 12.791 unit (12,8%), Gran Max Mini-Bus 10.179 unit (10,2%), Xenia 9.231 unit (9,2%), Luxio 1.969 unit (2,0%), serta Sirion 847 unit (0,8%).

Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan posisi nomor 2 selama 12 tahun berturut-turut pada penjualan ritel otomotif nasional. Kami berharap kita semua dapat terus menjaga protokol kesehatan agar masalah pandemi Covid-19 dapat segera berlalu, sehingga pasar otomotif di tahun 2021 dapat terus bergairah,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Hingga Februari, Penjualan Ritel Daihatsu Capai 23 Ribu Unit
Hingga Februari, Penjualan Ritel Daihatsu Capai 23 Ribu Unit
Hingga Februari 2025, penjualan ritel Daihatsu mencapai sebanyak 23.806 unit dengan market share penjualan ritel Daihatsu sebesar 17,8%.
Daihatsu Tunjukkan Komitmen Kualitas Produknya dengan Mengajak Pemilik Rocky dan Ayla Lakukan Pengecekan ECU di Bengkel Resmi
Daihatsu Tunjukkan Komitmen Kualitas Produknya dengan Mengajak Pemilik Rocky dan Ayla Lakukan Pengecekan ECU di Bengkel Resmi
Daihatsu di Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam memberikan produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan melalui aktivitas SSC (Special Service Campaign.
Intip Proses Produksi Mobil di Pabrik Baru Daihatsu yang Modern dan Ramah Lingkungan di Karawang
Intip Proses Produksi Mobil di Pabrik Baru Daihatsu yang Modern dan Ramah Lingkungan di Karawang
ADM meresmikan pabrik baru Karawang Assembly Plant 2 (KAP 2) pada 27 Februari 2025. Pabrik ADM ke-6 yang berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, di Karawang Timur, Jawa Barat.
Peresmian Pabrik Baru Karawang Assembly Plant 2 Jadi Komitmen Keberlanjutan Daihatsu di Masa Depan
Peresmian Pabrik Baru Karawang Assembly Plant 2 Jadi Komitmen Keberlanjutan Daihatsu di Masa Depan
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan pabrik baru Karawang Assembly Plant 2 pada 27 Februari 2025 berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, di Karawang Timur, Jawa Barat.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami