Press Release

Daihatsu Raih Ranking 2 Penjualan Ritel Selama 12 Tahun Berturut

12 Agustus 2021
Performa Penjualan Ritel Mobil Daihatsu Selama Tahun 2020

JAKARTA (15/1): Mengawali awal tahun 2021, Daihatsu merilis hasil penjualan sepanjang 2020 dengan capaian positif. Capaian ini menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mempertahankan posisi ranking 2 selama 12 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional sejak 2009.

Secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia di tahun 2020 mencapai sekitar 578 ribu unit, atau turun 45% dibandingkan tahun 2019. Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang berlangsung dari awal tahun sampai dengan akhir tahun yang berimbas kepada penjualan otomotif. Sementara itu, penjualan Daihatsu mencapai 100.026 unit, turun 44% dari tahun lalu, hal ini lebih baik daripada kondisi pasar nasional, dan menghasilkan kenaikan market share Daihatsu sebesar 0,3% menjadi 17,3%.

Pada Semester 1 tahun 2020, retail sales Daihatsu pada Kuartal I (Januari-Maret) mencapai volume sebesar 39.186 unit. Memasuki kuartal II (April-Juni) pasar otomotif Indonesia mengalami penurunan yang paling dalam pada bulan Mei, Daihatsu tetap mencatatkan penjualan 14.391 unit di periode ini.

Memasuki Semester 2 tahun 2020, seiring trend peningkatan penjualan otomotif nasional, Daihatsu mencatatkan penjualan ritel 19.911 unit pada Kuartal III (Juli-September), dan Kuartal IV (Oktober-Desember) di tengah pandemi yang masih terjadi mencatatkan penjualan sebesar 26.538 unit.

Penjualan Daihatsu didominasi oleh 3 model utama, yaitu Sigra dengan capaian sebanyak 26.219 unit (berkontribusi 26,2%), diikuti oleh Gran Max Pick-Up 24.297 unit (24,3%), dan Terios 14.493 unit (14,5%). Selanjutnya ada Ayla sebanyak 12.791 unit (12,8%), Gran Max Mini-Bus 10.179 unit (10,2%), Xenia 9.231 unit (9,2%), Luxio 1.969 unit (2,0%), serta Sirion 847 unit (0,8%).

Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan posisi nomor 2 selama 12 tahun berturut-turut pada penjualan ritel otomotif nasional. Kami berharap kita semua dapat terus menjaga protokol kesehatan agar masalah pandemi Covid-19 dapat segera berlalu, sehingga pasar otomotif di tahun 2021 dapat terus bergairah,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Menjelajah Seru dengan Daihatsu Terios, SUV Andal untuk Sahabat Petualang
Menjelajah Seru dengan Daihatsu Terios, SUV Andal untuk Sahabat Petualang
Daihatsu Terios merupakan mobil SUV yang selama 18 tahun di Indonesia. Daihatsu Terios terus mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia hingga saat ini.
Indonesia Raih Runner Up di Turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2025
Indonesia Raih Runner Up di Turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2025
Pada turnamen bulu tangkis internasional Daihatsu Indonesia Masters 2025, Indonesia raih runner up oleh Jonatan Christie kategori tunggal putra, dan Fajar Alfian – Muhammad Rian Ardianto kategori ganda putra.
Daihatsu Indonesia Masters: Apresiasi PBSI untuk Kolaborasi yang Menginspirasi
Daihatsu Indonesia Masters: Apresiasi PBSI untuk Kolaborasi yang Menginspirasi
Melalui ajang Daihatsu Indonesia Masters 2025, PBSI berikan apresiasi kepada Daihatsu sebagai sponsor utama penyelenggaraan turnamen bulu tangkis bertaraf internasional.
Kiat Cepat Rawat Mobil Daihatsu Tetap Prima Pasca Liburan
Kiat Cepat Rawat Mobil Daihatsu Tetap Prima Pasca Liburan
Daihatsu bagikan tips pengecekan mobil agar tetap aman dan nyaman selama digunakan dalam menemani aktivitas harian.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami