Logo Daihatsu
EN | ID

Press Release

Pemesanan Mobil Daihatsu Naik 2 Kali Lipat Akibat Relaksasi Pajak

19 Maret 2021
ppnbm

JAKARTA (18/3): Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) pada Maret – November 2021 dalam rangka menggairahkan kembali pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Melanjutkan serta merespon dukungan positif dari pemerintah untuk memberikan stimulus meningkatkan penjualan otomotif nasional, memberikan dampak positif kepada penjualan otomotif di Indonesia. Sejak diimplementasikan program tersebut hingga saat ini (1-17 Maret 2021), pemesanan kendaraan Daihatsu mengalami kenaikan hingga lebih dari 2 kali lipat dibandingkan bulan Februari 2021.

Terdapat 4 model Daihatsu yang menikmati insentif pajak ini, yaitu Xenia, Terios, Luxio, dan Gran Max Mini Bus. Tercatat, hingga 17 Maret 2021, permintaan mobil Daihatsu mengalami peningkatan, khususnya ke-4 model naik secara signifikan hingga lebih dari 2 kali lipat atau rata-rata mencapai 233% sejak diimplementasikan. Adapun, persentase kenaikan permintaan per-modelnya adalah Xenia sebesar 220%, Terios 253%, Luxio 197%, dan Gran Max Mini Bus 194%.

Sebagaimana diketahui, secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia pada bulan Februari 2021 mencapai sekitar 46 ribu unit atau turun sebesar 13,1% dibandingkan pada Januari 2021 sekitar 53 ribu unit. Sedangkan penjualan ritel Daihatsu, pada periode yang sama mencapai 8.414 unit, atau turun sebesar 11,7% dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 9.528 unit. 

Berdasarkan angka penjualan ritel di atas, market share Daihatsu mengalami kenaikan menjadi 17,9% pada Februari 2021, dikarenakan penurunan penjualan ritel Daihatsu masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar. Selain itu, penurunan penjualan otomotif pada Februari 2021 juga disebabkan karena pasar masih menunggu (wait and see) perkembangan terkait kebijakan program relaksasi ini.

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan Februari 2021 dengan baik, disertai market share 17,9%. Daihatsu juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah dalam memberikan insentif berupa relaksasi pajak dan memberikan dampak positif bagi pasar otomotif. Kami yakin, dengan adanya dukungan ini, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Daihatsu Sigra dan Gran Max Sabet Penghargaan Jadi Mobil Terfavorit
Daihatsu Sigra dan Gran Max Sabet Penghargaan Jadi Mobil Terfavorit
Astra Daihatsu Sigra dan Gran Max sukses menjadi mobil terfavorit untuk keluarga dan para pelaku usaha di Indonesia.
DAIFEST 2024, BELI MOBIL DAPAT GRATIS MOBIL DAIHATSU ROCKY
DAIFEST 2024, BELI MOBIL DAPAT GRATIS MOBIL DAIHATSU ROCKY
Astra Daihatsu kembali mengadakan DAIFEST 2024 (Daihatsu End Year Festival 2024). Program penjualan khusus akhir tahun yang dapat dinikmati mulai dari 1 September – 31 Desember 2024.
Daihatsu Sapa Masyarakat Kota Pahlawan Surabaya di GIIAS 2024
Daihatsu Sapa Masyarakat Kota Pahlawan Surabaya di GIIAS 2024
Daihatsu hadir meramaikan GIIAS 2024 (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) di kota pahlawan, Surabaya pada 28 Agustus–1 September 2024.
Daihatsu Apresiasi Pengguna Setia Xenia Lewat Acara Kumpul Sahabat di Solo
Daihatsu Apresiasi Pengguna Setia Xenia Lewat Acara Kumpul Sahabat di Solo
Acara Daihatsu Kumpul Sahabat menjadi momentum Daihatsu dalam memberikan apresiasi kepada pelanggan setia melalui program bertajuk 'Xetia With Xenia'.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor