Press Release

Pemesanan Mobil Daihatsu Naik 2 Kali Lipat Akibat Relaksasi Pajak

19 Maret 2021
ppnbm

JAKARTA (18/3): Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) pada Maret – November 2021 dalam rangka menggairahkan kembali pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Melanjutkan serta merespon dukungan positif dari pemerintah untuk memberikan stimulus meningkatkan penjualan otomotif nasional, memberikan dampak positif kepada penjualan otomotif di Indonesia. Sejak diimplementasikan program tersebut hingga saat ini (1-17 Maret 2021), pemesanan kendaraan Daihatsu mengalami kenaikan hingga lebih dari 2 kali lipat dibandingkan bulan Februari 2021.

Terdapat 4 model Daihatsu yang menikmati insentif pajak ini, yaitu Xenia, Terios, Luxio, dan Gran Max Mini Bus. Tercatat, hingga 17 Maret 2021, permintaan mobil Daihatsu mengalami peningkatan, khususnya ke-4 model naik secara signifikan hingga lebih dari 2 kali lipat atau rata-rata mencapai 233% sejak diimplementasikan. Adapun, persentase kenaikan permintaan per-modelnya adalah Xenia sebesar 220%, Terios 253%, Luxio 197%, dan Gran Max Mini Bus 194%.

Sebagaimana diketahui, secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia pada bulan Februari 2021 mencapai sekitar 46 ribu unit atau turun sebesar 13,1% dibandingkan pada Januari 2021 sekitar 53 ribu unit. Sedangkan penjualan ritel Daihatsu, pada periode yang sama mencapai 8.414 unit, atau turun sebesar 11,7% dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 9.528 unit. 

Berdasarkan angka penjualan ritel di atas, market share Daihatsu mengalami kenaikan menjadi 17,9% pada Februari 2021, dikarenakan penurunan penjualan ritel Daihatsu masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar. Selain itu, penurunan penjualan otomotif pada Februari 2021 juga disebabkan karena pasar masih menunggu (wait and see) perkembangan terkait kebijakan program relaksasi ini.

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan Februari 2021 dengan baik, disertai market share 17,9%. Daihatsu juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah dalam memberikan insentif berupa relaksasi pajak dan memberikan dampak positif bagi pasar otomotif. Kami yakin, dengan adanya dukungan ini, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Libur Segera Tiba, Ini Tips Rawat Mobil Kesayanganmu ala Daihatsu
Libur Segera Tiba, Ini Tips Rawat Mobil Kesayanganmu ala Daihatsu
Supaya kondisi mobil Sahabat tetap optimal selama Nataru, berikut beberapa tips perawatan mobil agar momen perjalanan liburan tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.
Komitmen Global Daihatsu Untuk Berikan Layanan Purnajual Berkualitas Dunia
Komitmen Global Daihatsu Untuk Berikan Layanan Purnajual Berkualitas Dunia
Daihatsu Indonesia berpartisipasi pada kontes layanan purnajual tingkat internasional melalui ajang bertajuk 3 Countries Technical Service Skill Contest 2024, di Perodua Sentral, Selangor, Malaysia.
Daihatsu Sigra Jadi Mobil LCGC MPV Terfavorit Bagi Keluarga Indonesia
Daihatsu Sigra Jadi Mobil LCGC MPV Terfavorit Bagi Keluarga Indonesia
Astra Daihatsu Sigra terus mendapat kepercayaan dan menjadi pilihan utama masyarakat. Sejak diluncurkan perdana pada 2016, Sigra dipercaya oleh lebih dari 400 ribu pelanggan.
Penjualan Daihatsu Hingga November 2024 Tembus 155 Ribu Unit
Penjualan Daihatsu Hingga November 2024 Tembus 155 Ribu Unit
Jelang penutupan tahun 2024, Daihatsu berhasil bukukan penjualan ritel sebanyak 155.062 unit yang berkontribusi sebesar 19,2% terhadap pasar otomotif nasional yang mencapai sekitar 806 ribu unit.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami