Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Cara Menghilangkan Baret Kasar Pada Kaca Mobil
29 Juni 2021
menghilangkan baret pada kaca

Pada beberapa kondisi, kita mungkin tidak begitu beruntung dan mengalami sedikit insiden yang menyebabkan baret kasar pada kaca mobil. Baret kasar pada permukaan kaca mobil ini perlu segera Anda bersihkan, sebelum kondisi semakin parah dan semakin sulit untuk dibersihkan. 

Permukaan kaca mobil yang bersih selain akan mempercantik tampilan mobil Anda sehingga tetap terlihat enak dipandang, juga dapat menjamin keselamatan Anda selama berkendara di dalamnya. Lalu apa yang harus dilakukan jika terdapat baret kasar pada bagian kaca mobil? Berikut ini adalah cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil yang perlu Anda ketahui.

Memakai ammonia

Salah satu cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil ialah dengan menggunakan ammonia yang sudah dicampurkan dengan air hingga rata, lalu aplikasikan pada permukaan kaca mobil yang baret dengan menggunakan kain bersih. Gosok pelan-pelan permukaan kaca mobil yang baret dengan sesekali ditekan. Kemudian diamkan beberapa saat, baru Anda bersihkan dengan air. 

Menggunakan pasta gigi

Cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil selanjutnya ialah dengan menggunakan pasta gigi. Anda bisa memilih pasta gigi dengan bahan pemutih  yang biasanya mengandung carbamide peroxide atau hidrogen peroksida. Lalu aplikasikan pasta gigi secukupnya pada kaca mobil yang baret menggunakan kuas atau kain  halus yang bersih. Diamkan beberapa lama, hingga pasta gigi terlihat mengering. Setelah itu, bilaslah dengan air.

Menggunakan kompon

Membersihkan baret pada kaca mobil sebenarnya tidak terlalu sulit. Salah satu cara efektifnya yaitu dengan menggunakan kompon mobil. Kompon merupakan bahan kimia untuk mengikis permukaan benda dengan bentuk menyerupai krim. Penggunaan sangat mudah, yaitu dengan membersihkan permukaan kaca mobil yang baret dengan kain bersih, lalu oleskan kompon dengan spons hingga seluruh permukaan kaca yang baret tertutup oleh kompon. Kemudian, gosok pelan-pelan menggunakan lap microfiber, hingga kaca yang baret pun akan terlihat seperti baru.

Menggunakan cerium oxide 

Cerium oxide merupakan bahan kimia berbentuk serbuk berwarna kekuningan dan berfungsi sebagai pemoles kaca, yang mampu memberikan efek jernih pada kaca mobil. Cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil  dengan cerium oxide sangatlah mudah. Pertama, Anda bersihkan bagian kaca yang baret, lalu basahi permukaan kaca dan amplas secara perlahan permukaan kaca mobil. Campurkan bahan cerium oxide dengan air hingga mengental, lalu aplikasikan pada kaca mobil menggunakan kuas atau kain halus. Gosok perlahan dengan sesekali ditekan agar cairan meresap, kemudian bersihkan permukaan kaca dengan kain halus yang bersih.

Menggunakan pengilap logam

Cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan pengilap logam. Pengilap logam  biasa digunakan untuk menghilangkan goreasan pada kaca mobil yang rapuh, akibat gesekan dengan wiper. Anda bisa memulainya dengan membersihkan permukaan kaca yang berdebu terlebih dahulu, lalu celupkan ujung kain dengan bahan pengilap secukupnya dan peras sedikit agar tidak terlalu mengandung banyak air. Tempelkan kain pada kaca mobil yang baret dan usapkan dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 30 detik atau hingga terlihat hilang, kemudian bersihkan dengan kain yang telah dicelupkan pada air bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil yang perlu Anda ketahui. Janga biarkan baret pada permukaan kaca mobil Anda terlalu lama, karena akan semakin sulit untuk dibersihkan. Jika baret pada kaca mobil terlalu parah, jalan terakhir yang bisa Anda lakukan ialah menggantinya dengan kaca mobil baru, dan tentunya bisa menghabiskan banyak biaya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku