Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Begini Cara Menyimpan Bumbu Halus di Kulkas serta Cara Menggunakannya
04 Februari 2021
menyimpan bumbu

Kulkas bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyimpan bumbu halus. Suhu dingin pada kulkas bisa membantu bumbu halus untuk lebih tahan lama. Walau begitu, Sahabat tak boleh sembarangan menyimpan bumbu halus dalam kulkas.

Sebab, bila salah melakukannya, bisa-bisa bumbu halus malah membusuk di kulkas. Pada artikel ini, kami akan memberitahu Sahabat bagaimana cara menyimpan bumbu halus di kulkas. Dengan cara yang kami beri nanti, diharapkan agar bumbu halus yang Sahabat simpan di kulkas bila lebih tahan lama. Lalu, apa saja cara yang kami maksud itu?

Tumis Terlebih Dahulu hingga Matang

Sebelum nantinya dimasukkan ke dalam kulkas, bumbu halus mesti ditumis terlebih dahulu hingga matang. Melakukan cara ini bisa membunuh mikroba yang ada pada bumbu, serta bisa membuat bumbu tahan hingga 3 bulan.

Masukkan Garam

Cara yang satu ini bisa dilakukan sebelum atau saat menumis bumbu halusnya. Garam sendiri bisa membuat bumbu halus lebih awet, serta membuat bumbu halusnya memiliki cita rasa.

Masukkan ke Dalam Wadah Tertutup

Bila bumbu halus telah ditumis, Sahabat bisa mendinginkannya terlebih dahulu. Habis itu, masukkan bumbu halus ke dalam wadah tertutup. Cara ini dilakukan agar bumbu halus tidak terkena udara dingin kulkas secara langsung. 

Sebab, jika terkena udara dingin langsung, bumbu halus justru akan cepat membusuk. Pastikan juga agar wadahnya tidak dalam keadaan basah. Wadah yang basah bisa menumbuhkan mikroba pada bumbu halus.

Masukkan ke Dalam Kulkas

Kalau sudah dimasukkan ke dalam wadah tertutup, bumbu halus bisa langsung dimasukkan ke dalam kulkas. Disarankan agar bumbu halus disimpan di bagian freezer. Hal itu dilakukan agar bumbu halus bisa lebih lama. Jika tidak memungkinkan, Sahabat masih bisa menyimpan bumbu halus di area kulkas lainnya yang kosong.

Cara Menggunakan Bumbu Halus yang Telah Disimpan di Dalam Kulkas

Selain cara menyimpan bumbu halus di dalam kulkas, kami juga bakal memberitahukan bagaimana cara menggunakannya. Cara memakai bumbu halus di dalam kulkas sendiri tidaklah sama dengan cara memakai bumbu halus biasa.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa kami hendak memberitahu bagaimana cara melakukannya. Adapun cara menggunakan bumbu halus yang telah disimpan di dalam kulkas sendiri adalah:

Gunakan Sendok

Cara pertama yang mesti dilakukan adalah dengan memakai sendok. Untuk melakukan cara ini, Sahabat harus mengeluarkan bumbu halus dari kulkas terlebih dahulu. Habis itu, buka wadah tempat menyimpan bumbu, lalu ambil dengan sendok sesuai selera.

Pastikan sendok yang dipakai telah bersih, agar bumbu halus tidak kotor dan memunculkan mikroba. Segera tutup wadah bumbu halus, setelah selesai mengambil bumbunya dengan sendok. Kemudian, simpan kembali ke dalam kulkas. Cara tersebut dilakukan agar bumbu halus tidak mudah kemasukan udara yang bisa memunculkan mikroba.

Diamkan hingga Tidak Dingin Lagi

Cara satu ini dilakukan, bila Sahabat menyimpan bumbu halusnya di dalam freezer. Jadi, setelah bumbu dikeluarkan dari freezer, diamkan sejenak hingga bumbunya tidak dingin lagi. Disarankan untuk tidak menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Hal itu justru bisa bikin bumbunya rentan terkena bakteri.

Jika bumbunya sudah tidak dingin lagi, Sahabat bisa mengambil beberapa bumbunya sesuai kebutuhan dengan sendok. Persis seperti cara pertama.

Baca juga : 25 Rempah-Rempah Indonesia yang Memiliki Banyak Manfaat, Menambah Cita Rasa hingga Imunitas

Demikianlah cara menyimpan bumbu halus di kulkas, serta bagaimana cara menggunakannya. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekan sendiri di rumah.

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku