Logo Daihatsu
Menu

Berikut Tips Memilih Judul Skripsi yang Langsung ACC dan Wajib Anda Tahu!

Tips & Trick

2021-08-08

memilih judul skripsi

Tugas Akhir (TA) kuliah seringkali disebut juga sebagai skripsi. Jenis tugas yang paling akhir harus dikerjakan oleh mahasiswa ini dianggap sebagai yang paling sulit pengerjaannya. Namun jangan khawatir, kami akan memberikan tips memilih judul skripsi yang langsung ACC.

Karena seringkali mahasiswa merasa frustasi karena tak kunjung menemukan judul yang pas dan tepat untuk tugas terakhir mereka tersebut. Jika Anda ingin mengerjakan judul skripsi, baca dulu tulisan dari Daihatsu ini. Sebab kami akan memberikan tips memilih judul skripsi yang langsung ACC sekarang. Yuk baca artikel kami hingga selesai!

Tips Memilih Judul Skripsi yang Langsung ACC

Ketika mengajukan judul skripsi pada dosen pembimbing TA, banyak dari mahasiswa yang merasa deg-degan karena takut ditolak atau dikritik keras. Namun sejatinya penolakan judul atau kritikan yang diberikan dosen semata diperuntukkan bagi kelancaran proses pengerjaan skripsi Anda. 

Namun daripada “makan hati”, berikut ini berbagai tips memilih judul skripsi yang bisa Daihatsu berikan : 

1. Pahami minat yang ada dalam diri Anda 

Ketika mengerjakan skripsi, penting bagi Anda untuk mengetahui minat pengerjaan terlebih dahulu. Anda mungkin perlu me time untuk menanyakan hal ini pada hati kecil. Namun ketika ditemukan jawabannya, Anda semakin mudah mengerjakan skripsi. 

2. Lakukan sharing dengan senior Anda waktu kuliah 

Koneksi antara junior dan senior dalam dunia perkuliahan akan berdampak sangat penting ketika Anda mengerjakan skripsi. Mereka akan bisa membantu Anda mencari judul skripsi yang paling tepat untuk meraih gelar sarjana tersebut. 

Referensi judul skripsi juga bisa didapatkan dengan membaca-baca skripsi milik senior yang sudah terlebih dahulu dirampungkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari judul skripsi yang telah mereka buat. 

3. Cari dari sumber ilmiah yang akurat 

Berikutnya, pastikan untuk mencari inspirasi judul skripsi dari sumber-sumber karya ilmiah yang ada di internet maupun buku. Dari sekian banyak karya ilmiah yang Anda baca, pasti ada beberapa yang memunculkan ide untuk mengerjakan judul skripsi. 

4. Perkaya wawasan dengan ikut seminar 

Memperoleh inspirasi judul skripsi memang harus dilakukan dengan melakukan banyak hal. Contohnya yaitu dengan mengikuti seminar keilmuan, workshop, dan lain sebagainya. Pembicaraan ilmiah yang dilakukan dengan para ahlinya tentu bisa memunculkan ide tersendiri untuk pengerjaan judul tugas akhir. 

Selain itu, perbanyak juga mengikuti acara diskusi yang diselenggarakan dengan narasumber terpercaya. Jadi, dengan begitu Anda bisa memperluas wawasan dan juga mendapatkan ide untuk mengerjakan judul skripsi. 

5. Banyak ikut proyek penelitian dosen 

Salah satu sumber ilmu dan informasi yang terbaik di dunia perkuliahan adalah dosen. Anda bisa “mendekatkan” diri pada dosen-dosen tertentu untuk mendapatkan informasi terkait cara ampuh merumuskan judul skripsi yang menarik dan sangat akurat. 

Pastikan untuk ikut proyek penelitian dosen agar nantinya Anda terbiasa membaca karya ilmiah dan terlibat langsung dalam proses pembuatan karyanya. Dengan begitu, nantinya Anda akan lebih mudah ketika melakukan pencarian judul. 

Beberapa tips memilih judul skripsi di atas bisa Anda praktekkan sejak dini untuk menemukan judul TA paling tepat. Pastinya, Anda harus berlatih sedini mungkin untuk merumuskan judul yang prospektif. Sehingga nantinya Anda bisa menelurkan karya ilmiah berupa skripsi dengan bahasan yang paling baik. 

Kami dari Daihatsu Indonesia mendukung para calon sarjana di seluruh dunia untuk mewujudkan mimpi mereka untuk meraih gelar pendidikan tinggi. Pastikan untuk berkendara dengan mobil Daihatsu kemanapun Anda pergi, agar kesehatan tubuh Anda selalu terjaga terutama ketika di masa pandemi.

Dengan demikian, Anda memiliki kesehatan yang prima ketika mengerjakan skripsi. Salam sukses!


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Lagu yang Pas Untuk Menemanimu Saat Macet Biar Nggak Ngantuk!

2020-10-25

Macet adalah hal pasti yang bakal kita temui sehari-hari. Berangkat kerja, macet. Ke kampus, macet juga. Bahkan mau nonton ke bioskop bareng pacar aja, macet lagi. Pulan

thumbnail

Tips Menabung untuk Memenuhi Kebutuhan dalam Jumlah Besar

2020-11-06

Kebutuhan dan keinginan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda dan tidak dapat dengan mudah didapatkan meskipun dalam kondisi sudah bekerja dan memiliki penghasilan sen

thumbnail

7 Tips Mengelola Uang Pribadi Agar Memiliki Simpanan Dana

2021-01-16

Pengelolaan keuangan memang bukan hal yang mudah. Banyak orang yang memiliki kesulitan keuangan meski hanya mengurus dana pribadi, padahal sangat penting untuk punya sim