Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Bisa Meningkatkan Imunitas, Beginilah Cara Membuat Wedang Jahe
23 Maret 2021
wedang jahe

Jahe menjadi tanaman herbal yang begitu populer. Rasa pedasnya yang khas menjadi favorit, terlebih yang sedang memiliki keluhan tenggorokan, seperti batuk atau radang. Bahkan, jika Sahabat pergi ke Jogja, di setiap angkringan pasti tersaji menu wedang jahe yang banyak dipesan oleh pembeli.

Wedang jahe memang menjadi cara pengolahan jahe yang paling banyak dilakukan, baik konsumsi pribadi maupun diperjualbelikan. Hal ini dikarenakan cara membuat wedang jahe sangat simpel sehingga dibuat sendiri pun tidak masalah.

Nah, jika Sahabat ingin tahu cara membuat wedang jahe, yuk langsung simak penjelasan di bawah ini. Ada dua cara yang paling umum dan bisa Sahabat praktikan di rumah ya!

Jahe Langsung Direbus

Cara membuat wedang jahe yang satu ini adalah yang paling umum karena memang sangat simpel dan memakan waktu tidak terlalu lama. Sahabat bisa langsung menyimak bahan dan cara membuat berikut.

Bahan:

  • Jahe secukupnya
  • Gula sesuai selera
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Bersihkan jahe hingga tidak tersisa kotoran di bagian kulit
  • Geprek jahe supaya aromanya lebih keluar
  • Masukan jahe yang sudah digeprek serta gula ke dalam panci berisi air
  • Rebus hingga mendidih

 Ketika air jahe dan gula tersebut sudah mendidih, saring dan tuang ke dalam gelas sehingga bisa dikonsumsi selagi masih hangat.

Jahe Dibakar

Cara yang satu ini memiliki perbedaan yang mencolok dibanding yang pertama. Jika yang pertama jahe direbus berbarengan gula, kali ini jahe dibakar hingga menimbulkan aroma khasnya. Untuk lebih jelas, langsung simak penjelasan cara membuat wedang jahe bakar berikut yuk!

Bahan:

  • Jahe secukupnya
  • Air secukupnya
  • Gula sesuai selera

Cara membuat:

  • Bersihkan jahe dengan baik
  • Bakar jahe di atas kompor, pastikan dibolak-balik agar matangnya merata
  • Setelah jahe mengeluarkan aroma wangi, geprek jahe
  • Rebus air hingga mendidih dan tambahkan gula sesuai selera
  • Sediakan gelas lalu tuangkan rebusan air dan gula
  • Masukkan jahe bakar yang sudah digeprek, aduk rata
  • Wedang jahe bakar siap Sahabat minum selagi hangat.

Wedang Jahe dengan Tambahan Rempah Lain

Selain dinikmati dalam bentuk wedang jahe dengan bahan utama hanya jahe, Sahabat juga bisa menambahkan rempah lain supaya rasanya lebih nikmat loh. Biasanya, penambahan rempah ini untuk mengurangi rasa pedas dalam jahe sehingga yang memiliki masalah lambung tidak terlalu mendapat efek heartburn.

Rempah yang bisa dipakai adalah lemon, sereh, asam hingga kunyit. Bahkan, Sahabat juga bisa menambahkan teh. Untuk perasa manis, selain menggunakan gula pasir atau gula merah, Sahabat juga bisa menggantinya dengan kental manis hingga madu.

Cara membuatnya sama seperti cara membuat wedang jahe rebus. Nanti, di bagian akhir Sahabat bisa menambahkan lemon, sereh, teh, madu, atau kental manis. Namun, untuk wedang jahe kunyit asam harus dimasak dengan cara sedikit berbeda.

Jahe, asam, dan kunyit harus Sahabat bakar hingga mengeluarkan aroma harum. Setelah itu, iris tipis jahe dan kunyit. Sere hanya digeprek untuk mengeluarkan aroma. Seluruh bahan tersebut masukkan ke dalam air di dalam panci dan rebus hingga mendidih untuk siap diminum.

Itulah cara membuat wedang jahe yang bisa Sahabat praktikkan di rumah. Konsumsi wedang jahe secara rutin tentu saja bisa memberikan khasiat untuk tubuh. Terlebih, kandungan zat-zat di dalam jahe sangat berguna untuk menjaga imunitas tubuh hingga dan menyembuhkan beberapa penyakit lain.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku