Tips Sahabat

Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri

04 Desember 2020
peredam mobil

Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil yang memiliki harga diatas Rp.300 juta saja yang memiliki model kabin seperti ini. Oleh karena itu mengetahui cara membuat peredam suara sendiri bisa menjadi pilihan bagi Sahabat yang menginginkan kabin senyap tanpa harus membeli mobil baru.

Suara bising yang ada pada mobil sendiri bisa berasal dari berbagai tempat. Oleh karena itu ketika Sahabat berencana untuk memasang peredam suara sendiri, pastikan untuk memangnya di sumber kebisingan berasal. 

Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri

Untuk membuat peredam suara mobil sendiri, Sahabat harus mengetahui dulu lokasi atau bagian mobil yang ingin dipasang peredam. Beda lokasi tempat, maka beda pula jenis peredam yang akan digunakan. 

Jika sudah mengetahui lokasi bagian mobil yang akan dipasangi, ini dia beberapa langkah dan cara membuat peredam suara mobil sendiri.

  1. Pilih bahan peredam di mana Sahabat berencana untuk membasahi mobil Sahabat dengan seperti tikar, busa, semprotan, atau isolasi; disarankan untuk menggunakan kombinasi produk-produk ini untuk mencapai redaman maksimum. Bahan peredam ini menyerap gelombang suara, menghilangkan resonansi, dan mengurangi getaran.
  2. Tambahkan bobot ke panel menggunakan tikar redaman. Ini akan membantu kecenderungan panel untuk bergetar yang menyebabkan kebisingan yang tidak diinginkan
  3. Tempatkan tikar peredam di antara 2 panel pintu yang berdekatan satu sama lain, untuk membantu mengurangi getaran di dalam ruang antara panel 2 pintu
  4. Tempatkan matras redaman di dalam kompartemen engine untuk mengurangi kebisingan derak. Tikar tersebut berisi alas dari kertas logam untuk menambah panas keset resistensi membuat mereka bisa berada di dekat panas mesin. Oleskan menggunakan lem adhesi kontak yang ditemukan di toko mobil lokal.
  5. Isi ruang kecil menggunakan semprotan atau semprotan busa. Bahan-bahan peredam ini mengembang saat mereka sembuh, memungkinkannya mendorong panel di dekatnya menciptakan sambungan mematikan yang menyerap dan menyebarkan energi getar. Semprotan dan busa dapat digunakan di sekitar pintu dan ruang engine, tetapi pastikan untuk memeriksa label semprot atau busa spesifik Sahabat untuk memverifikasi.
  6. Ukur panel pintu dan area berkarpet di sepanjang lantai tempat Sahabat akan menerapkan bahan redaman pilihan Anda.

Jenis-jenis Peredam Suara Mobil

Untuk membuat peredam suara mobil sendiri sebenarnya cukup mudah bisa dipraktekkan. Namun anda juga harus tahu jenis peredam apa yang cocok digunakan. Peredam suara mobil sendiri terdiri dari t8iga macam yaitu jenis jelly, aspal dan juga foam atau busa. 

1. Aspal

Peredam suara aspal lebih kaku dibandingkan dengan jelly. Oleh karena itu untuk memasangnya, Anda memerlukan pemanas dan juga lem. Peredam suara mobil memiliki beberapa kelebihan karena dapat meredam suara bising lebih baik. Saying ya material peredaman ini lebih berat. Untuk memasang peredam suara aspal pada bagian pintu, Anda harus menggunakan 2 lapis peredam aspal dengan bobot sekitar 2,4 kg.

Oleh karena itu peredam suara bising dari aspal dapat membuat bobot mobil menjadi lebih berat dari sebelumnya.

2. Jelly

Jenis peredam suara mobil lain yang banyak diminati adalah peredam jenis jelly. Peredam jenis jelly lebih banyak diminati karena bobotnya yang lebih ringan. Untuk memenuhi kebutuhan peredam suara di bagian pintu mobil, anda hanya perlu menggunakan peredam jenis jelly dengan bobot sekitar 1,4 kg.

Sedangkan peredam jenis jelly lebih mudah karena proses pemasangannya tidak membutuhkan perekat lagi. Peredam suara berbentuk jelly sudah dilapisi dengan aluminium foil yang berfungsi untuk meredam panas.

3. Foam atau Busa

Peredam isolator berbentuk seperti foam atau busa. Peredam yang satu ini berfungsi untuk memblok suara yang berasal dari sumber kebisingan. Material peredam suara yang satu ini sangat cocok digunakan untuk meredam suara pada bagian kabin namun tidak dapat digunakan untuk meredam panas akibat mesin.

Proses Pemasangan Peredam Suara Mobil

Jika Sahabat sudah menentukan jenis peredam suara yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pemasangan peredam suara. Hal pertama yang harus Sahabat lakukan ketika akan memasang peredam suara adalah dengan melepas bagian jok, karpet, konsol, dan semua benda yang ada pada bagian dasar mobil. Walaupun begitu untuk pemasangan di bagian firewall, Sahabat tidak perlu melepas dashboard.

Lakukan pelepasan bagian mobil secara hati-hati agar tidak ada bagian kabelnya yang terputus. Hafalkan juga posisi kabel-kabel yang harus ada di bagian samping trim.

Setelah bagian-bagian tersebut selesai dilepaskan, bersihkan bagian permukaan mobil yang akan ditempeli oleh peredam terutama dari kotoran berbentuk oli yang menggumpal. Setelah selesai, lepaskan lapisan kertas yang menempel pada peredam jelly lalu tempelkan dengan rapat ke bagian permukaan yang akan dilapisi.

Jika penempelan akan dilakukan di pintu, maka tempelkan peredam jelly di bagian lubang bukan bagian dinding. Sedangkan jika pemasangan peredam dilakukan di bagian firewall, maka pemasangan dimulai dari bagian bawah dashboard.

Jika semua peredam sudah dipasang, maka pasang kembali bagian-bagian mobil yang dilepas seperti konsol, jok mobil, dan juga karpet. Jangan lupa untuk mengaitkan kembali baut dan juga sekrup seperti semula. Rapikan dan kembalikan juga kabel-kabel dengan rapi dan sesuai dengan posisi semula. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Agar Pemasangan Peredam Mobil Lebih Efektif

Suara bising pada mobil umumnya disebabkan oleh mesin diesel mobil dan menyusup hingga ke bagian kabin. Oleh karena itu pemasangan peredam mobil ditujukan untuk mengurangi suara bising hingga tidak menembus ke bagian kabin. Untuk bisa mengurangi suara bising pada mobil dengan pemasangan peredam, ini dia beberapa hal yang harus dilakukan

  1. Ketahui asal sumber kebisingan. Dengan mengetahui sumber asal kebisingan, maka “perbaikan” mobil bisa dilakukan dengan lebih optimal.
  2. Jika mesin mobil memiliki penggerak belakang dengan posisi menjorok, maka Anda harus memasang peredam mobil di sepanjang jalur kopel melintang mulai dari bagian girboks mesin hingga ke bagian gardan belakang. Pemasangan ini bertujuan untuk mengurangi suara bising yang muncul akibat perputaran kopel.
  3. Lakukan pemasangan di titik yang benar. Sahabat juga bisa menambahkan lapisan anti bocor yang biasa digunakan pada bagian dinding dan juga genteng untuk membantu proses pemasangan peredam suara mobil.
  4. Perhatikan kualitas bahan yang digunakan. Peredam yang baik adalah peredam yang memiliki kepadatan tinggi sehingga tidak mudah rusak atau bolong ketika sudah dipasang di dalam mobil.

Memasang peredam suara mobil bisa menjadi pilihan menguntungkan terutama jika mobil yang Sahabat miliki menghasilkan suara yang bising. Cara membuat peredam suara mobil sendiri ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Sahabat yang menginginkan suara yang mobil yang tenang. Oleh karena itu jangan lupa untuk memperhatikan jenis peredam dan kualitas bahan yang digunakan sehingga hasilnya bisa lebih memuaskan.

Baca juga : Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil

Tips Sahabat Lainnya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta Solo berapa jam jika naik mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda bisa memilih rute terbaik sehingga estimasi waktu perjalanan lebih c
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami