Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengatasi WC Mampet Secara Mandiri, Mudah dan Praktis!

Family

2021-05-25

wc mampet

Saat WC mampet, pilihan pertama yang akan kita lakukan adalah memanggil tukang sedot WC. Namun, mengatasi WC mampet sebetulnya bisa Sahabat lakukan secara mandiri.

Pada artikel ini, kami akan beritahu sejumlah cara bagaimana mengatasi WC mampet secara mandiri. Cara-cara tersebut adalah:

Gunakan Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah memakai air panas dan sabun cuci piring. Untuk melakukan cara ini, Sahabat harus terlebih dulu menyediakan air panas yang banyak, 1 cangkir sabun cuci piring cair, serta handuk.

Habis itu, letakkan handuk di lantai yang tak jauh dari WC. Hal itu dilakukan agar nantinya tumpahan air pada WC tidak mengenai lantai. Kalau sudah, Sahabat bisa memasukkan satu cangkir sabun cuci piring cair ke dalam WC.

Diamkan sampai sabunnya mengendap. Setelah itu, barulah siram dengan air panas. Pastikan agar air panasnya tidak keluar dari WC. Diamkan selama 20 menit, lalu siram dengan air dingin. Jika WC yang dipakai adalah WC duduk, maka Sahabat bisa langsung mem-flush WC-nya.

Gunakan Gantungan Baju Kawat

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan gantungan baju kawat. Cara ini sangat cocok untuk WC mampet yang bagian pipanya terhalang benda padat.

Untuk melakukan cara ini, Sahabat mesti terlebih dulu memotong gantungan baju kawatnya. Setelah itu, luruskan dan bungkus bagian ujungnya yang tajam dengan kain perca.

Kalau sudah, masukan bagian ujung tersebut ke dalam pipa WC. Masukkan sampai benda yang berada dalam pipa WC masuk ke dalam septic tank. Jika cara ini berhasil, maka air di sekitar WC akan menyusut. Bila berhasil, segera siram atau tekan flush pada WC.

Gunakan Botol Plastik Bekas

Selain gantungan baju kawat, botol plastik bekas adalah benda lainnya yang bisa Sahabat pakai. Utamanya, dalam mengatasi WC mampet. Untuk menggunakannya, Sahabat harus memotong bagian mulut botolnya sepanjang 10 cm.

Masukkan bagian ujung botol yang sudah dipotong itu ke dalam lubang WC. Kalau sudah, tekan ujung botol tersebut sampai benda yang ada di pipa WC masuk ke dalam septic tank. Setelahnya, Sahabat bisa menyiram WC atau menekan flush pada WC.

Memakai Plastik Pembungkus Makanan

Kalau tidak memiliki botol plastik bekas, Sahabat juga bisa memakai plastik untuk membungkus makanan. Benda ini hanya cocok dipakai untuk mengatasi kemampetan pada WC duduk saja.

Untuk menggunakannya, Sahabat hanya perlu menempelkannya di atas tempat duduk WC. Habis itu, tekan flush pada WC secara berulang. Lakukan hingga plastiknya mengembang. Cara ini bisa menekan balik udara di dalam WC, sehingga benda yang menyumbat WC pun bisa masuk ke septic tank.

Memakai Garam

Cara terakhir yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan memakai garam. Garam yang dipakai sendiri bisa apa saja. Entah garam batu ataupun garam dapur biasa. 

Bila hendak memakai garam dapur biasa, Sahabat harus mencampurnya terlebih dahulu dengan baking soda. Pastikan pula agar garam dapur yang dipakai memiliki tekstur yang kasar.

Adapun untuk melakukan cara ini, Sahabat harus memastikan pastikan terlebih dahulu kalau air di sekitar lubang WC tidaklah terlalu banyak. Barulah setelah itu Sahabat bisa memasukkan garam ke dalamnya sebanyak 500 gram.

Kalau sudah, masukkan air panas sebanyak satu liter, lalu diamkan selama 8 jam. Atau, sampai WC tidak mampet lagi. Siramlah WC dengan air agar sisa benda yang ada di dalam pipa WC bisa terdorong hingga ke septic tank.

Itulah beberapa cara mengatasi WC mampet secara mandiri. Semoga bisa Sahabat praktekkan sendiri, ya!

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Menghilangkan Rasa Malu dan Tidak Percaya Diri

2021-01-08

Rasa malu dan tidak percaya diri adalah sifat alami yang dimiliki oleh manusia. Rasa malu dan tidak percaya diri menghalangi seseorang dalam beraktivitas sehari-hari. Se

thumbnail

10 Tips Membersihkan Rumah dengan Efektif sehingga Lebih Nyaman untuk Ditempati

2021-03-12

Membersihkan rumah adalah kegiatan yang dianggap remeh. Padahal, untuk melakukannya dengan baik harus paham jenis perkakas di rumah supaya tahu bagaimana cara membersihk

thumbnail

Tips Makan Sehat untuk Anak yang Bisa Diterapkan di Rumah

2021-02-11

Agar anak terbiasa makan sehat di rumah, Sahabat mesti menerapkan tips makan sehat untuk anak. Selain bikin anak terbiasa

thumbnail

Tips Memilih Laptop untuk Anak Sekolah

2021-01-11

Tips memilih laptop untuk anak sekolah merupakan hal yang cukup sulit untuk banyak orang tua. Apalagi jika orang tua tidak mengerti perkembangan dunia gadget. Sering kal