Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Deretan Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Vietnam
24 Maret 2021
tempat wisata di Vietnam

Vietnam merupakan negara di Asia Tenggara yang punya banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Namun, di masa pandemi ini banyak sekali tempat wisata yang ditutup demi kemaslahatan bersama. Karena masa pandemi masih belum usai, tak ada salahnya jika Sahabat tahu info mengenai tempat wisata di Vietnam sebelum benar-benar mengunjunginya.

Tempat Wisata di Vietnam

Tempat wisata menarik di Vietnam cukup banyak, mulai dari yang berbentuk bangunan hingga keindahan alam. Berikut ini adalah ulasannya.

Pagoda Thien Mu

Meski Vietnam bukan negara yang memiliki julukan Negeri Seribu Pagoda, bukan berarti Vietnam tidak punya pagoda loh. Salah satunya adalah pagoda Thien Mu.

Pagoda Thien Mu ini dibangun pada tahun 1601 atau perintah gubernur Nguyen Hoang. Kata Thien Mu secara bahasa berarti “wanita surgawi”. Penamaan Thien Mu pada pagoda ini bermula dari legenda lokal bahwa ada seorang wanita tua yang meramalkan bahwa akan ada raja yang membangun pagoda di lokasi tersebut.

Wanita tua itu menghilang entah ke mana setelah membuat ramalan. Hal inilah yang membuat Nguyen Hoang terinspirasi untuk membangun pagoda di tempat itu dan memberi nama pagoda tersebut dengan nama Thien Mu.

Jika dilihat dari tahun didirikannya, pagoda ini sangat bersejarah sekali yah Sahabat.

Pagoda Jade Emperor

Selain pagoda Thien Mu, Sahabat bisa mengunjungi pagoda Jade Emperor. Pagoda ini didirikan oleh komunitas Kanton dan selesai didirikan tahun 1909. Asal Sahabat tahu, pagoda yang satu ini pernah menjadi salah satu itinerary Presiden Barack Obama saat mengunjungi Vietnam tahun 2016 lalu.

Katedral St. Joseph

Selain pagoda, tempat bersejarah lainnya di Vietnam adalah gereja katedral St. Joseph yang dibangun tahun 1886 oleh pemerintah kolonial Perancis. Gereja katedral ini adalah gereja tertua di Hanoi. Katedral St. Joseph ini dikunjungi banyak orang dan tak jarang orang-orang tumpah ruang ke jalan saat misa Minggu.

Museum Nasional Vietnam

Di Vietnam, Sahabat juga bisa mengunjungi tempat wisata berupa museum nasional. Museum nasional Vietnam ini dibangun sejak tahun 1910 oleh kolonial Perancis. Museum ini sempat didesain ulang di tahun 1926 dan 1932 oleh arsitek Ernest Hebrard.

Di museum nasional ini, Sahabat bisa melihat berbagai artefak peninggalan kuno dari Vietnam. Sahabat bisa menemukan kepala kapak, patung Quan Am (Dewi Kwan Im) yang memiliki seribu mata dan lengan, gaun, dan barang antik lainnya. Barang koleksi yang ada di museum nasional ini mencapai 200 ribu item.

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang

Taman nasional Phong Nha-Ke Bang adalah taman nasional yang dilindungi sejak 1986 dan menjadi situs warisan dunia UNESCO. Taman nasional ini memiliki gua yang merupakan gua terbesar di dunia. Di taman ini juga terdapat spesies kadal baru di dunia. Kadal tersebut memiliki warna yang berwarna-warni.

Kompleks Monumen Hue

Salah satu situs warisan dunia UNESCO di Vietnam adalah kompleks monumen Hue. Kompleks yang satu ini memiliki ratusan monumen dan reruntuhan, antara lain: Kota Imperial, makam kerajaan, menara bendera, pagoda, kuil, perpustakaan, museum, dan Forbidden Purple City. Kota Hue ini dulunya pernah menjadi ibukota dari Vietnam sejak 1802 hingga 1945.

Kota Tua Hoi An

Jika Sahabat suka dengan sejarah, Sahabat akan berasa dibawa ke masa lalu ketika mengunjungi kota tua Hoi An. Di kota ini Sahabat akan disuguhi dengan tampilan perkampungan tua. Di sana, Sahabat tidak bisa menggunakan alat transportasi lain selain sepeda. Kota tua ini termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO juga loh.

Hutan Xeo Quyt

Tempat wisata di Vietnam yang menarik adalah hutan Xeo Quyt. Hutan ini memiliki konsep hutan alam. Sahabat bisa menikmati keindahan pemandangan yang ada di Xeo Quyt ini menggunakan kano. Biaya yang dikeluarkan untuk sewa kano juga terhitung murah, sekitar 10 ribu rupiah (jika dirupiahkan).

Sungai Mekong

Sungai yang satu ini merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Dia mengalir dari China hingga ke Vietnam. Jika Sahabat mengunjungi sungai Mekong ini, Sahabat akan melihat warna kecokelatan. Hal ini karena sungai tersebut mengandung lumpur sungai. 

Jika Sahabat sempat berlama-lama di sana dan sedang menjumpai saat air naik, Sahabat akan melihat bola-bola lampu yang naik ke permukaan. Menurut legenda orang sekitar, hal ini adalah bola api Naga Mekong. Namun, ilmuwan memprediksi bola-bola lampu yang muncul adalah karena belut raksasa yang panjangnya 7 meter dan pernah ditemukan di Laos, Kamboja tahun 1968.

Danau Hoan Kiem

Danau Hoan Kiem ini terletak di tengah kota Hanoi. Nama Hoan Kiem ini memiliki arti “Pedang yang Kembali”. Hal ini merujuk pada legenda pedang dewa yang diberikan pada Kaisar Le Loi. Kemudian Le Loi melawan Tiongkok untuk membebaskan Vietnam. Setelah pembebasan tersebut, Le Loi mengembalikan pedang tersebut kepada dewa kura-kura.

Sahabat bisa melihat ada menara kura-kura di tengah danau Hoan Kiem ini. Menara kura-kura ini didirikan untuk memperingati legenda tersebut.

Teluk Ha Long

Selain danau Hoan Kiem, Sahabat bisa mengunjungi teluk Ha Long. Teluk ini memiliki luas sekitar 1.500 km persegi dengan garis panjang sepanjang 120 km. Ha Long sendiri memiliki arti “Naga yang Turun”.

Teluk Ha Long ini merupakan salah satu dari beberapa situs warisan dunia oleh UNESCO di Vietnam. Di teluk ini, Sahabat bisa melihat batu-batu besar (pulau) yang muncul di permukaan air. Di dalam batu-batu besar tersebut terdapat beberapa gua. Gua-gua tersebut antara lain gua Thien Cung, gua Dau Go, gua Sung Sot, dan gua Tam Cung.

Pulau Phu Quoc

Pulau Phu Quoc adalah pulau terbesar yang ada di Vietnam. Banyak pemandangan pantai yang bagus yang bisa Sahabat nikmati di sana. Di sana Sahabat juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang yang ada di sekitarnya.

Sahabat juga bisa melakukan petualangan mengelilingi pulau Phu Quoc ini dengan menyewa sepeda motor. Untuk sewa sepeda motor ini berkisar 75 ribu hingga 150 ribu rupiah (jika dirupiahkan). Selain itu, Sahabat juga bisa melihat beberapa bekas penjara pengasingan kolonial Perancis terhadap orang Vietnam dulunya dan museum yang ada di pulau ini.

Pegunungan Marmer

Sahabat juga bisa menikmati keindahan alam dengan mengunjungi pegunungan marmer yang ada di Vietnam. Pegunungan ini memiliki pintu berupa gua-gua dan beberapa terowongan. Untuk menuju ke puncak pegunungan ini, Sahabat bisa melewati terowongan atau gua. Puncak pegunungan marmer ini disebut dengan Thuy Son.

Di Thuy Son selain bisa melihat pemandangan di sekitar, Sahabat bisa menikmati tiang yang memiliki dekorasi mozaik naga dan ukiran indah marmer lainnya. Selain itu, di beberapa gua di pegunungan tersebut terdapat tempat suci umat Hindu, Buddha, pagoda Tam Thai, dan menara Pho Dong.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku