Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Jenis Kutu Air Pakan Ikan
24 Februari 2021
jenis kutu air

Kutu air adalah hewan kecil yang tergolong zooplankton dan hidup banyak di sekitar kita. Kutu air yang sedang dibahas di sini tentu saja bukan penyakit kaki akibat jamur yah, namun kutu air yang menyerupai udang, namun sangat kecil ukurannya. Kutu air juga bukan termasuk serangga yah, meskipun namanya kutu. Seperti halnya beruang air, juga bukan mamalia, meskipun namanya beruang.

Umumnya, kutu air ini ada di selokan, tambak, sungai, atau genangan air. Warna kutu air ini biasanya kemerahan dan bergerombol di dalam air.

Macam-macam Kutu Air

Ada macam-macam kutu air yang ada dan diidentifikasi. Apa saja itu?

Daphnia

Daphnia adalah kutu air yang paling sering ditemui di pasaran. Daphnia ini mudah Sahabat temukan di waduk, kolam, danau, atau rawa-rawa. Ukurannya sekitar 0,2 hingga 5 milimeter. Tubuhnya transparan sehingga Sahabat bisa melihat mekanisme tubuhnya secara jelas jika Sahabat menggunakan mikroskop.

Moina

Kutu air jenis moina sangat mudah sekali ditemukan di wilayah Indonesia. Moina termasuk jenis yang mudah sekali berkembang biak. Ada juga di pasaran yang menjual kapsul telur Moina ini. Ketika kapsul ditaruh di dalam air, kutu air ini akan sangat mudah menetas. Ukurannya bisa mencapai 1,8 milimeter jika dibiarkan 1 hari di dalam air.

Cyclops

Kutu air jenis cyclops ini mempunyai ciri 2 antena yang cukup panjang. Cyclops mudah sekali dibedakan dari kutu air lainnya. Cyclops ini mudah sekali ditemukan di seluruh dunia kecuali Australia. Biasanya cyclops ini akan mudah ditemukan di danau.

Chydorus

Chydorus bentuknya mirip dengan daphnia, hanya saja dia lebih oval dan gemuk. Ukurannya sekitar 0,3 milimeter.Chydorus tidak memiliki kaki ataupun antena. Dia bergerak menggunakan bulu-bulu halus yang ada di tubuhnya.

Bosmia

Kutu air ini sangat kecil sekali dibandingkan jenis lainnya. Ukurannya hanya 1-3 mikrometer saja. Kutu air bosmia ini punya beberapa kaki dan bulu getar yang digunakan untuk bergerak dan menangkap makanan.

Diaptomus

Diaptomus bentuknya hampir mirip dengan cyclops. Matanya juga hanya ada satu bintik. Hanya saja yang membedakan diaptomus dan cyclops adalah panjang antenanya yang sangat lebar dan melebihi tubuhnya.

Ceriodaphnia

Kutu air ini termasuk kerabat dekat jenis daphnia. Hanya saja ceriodaphnia memiliki antena yang kuat yang digunakan untuk bergerak. Ceriodaphnia ini seringkali digunakan untuk mengetahui kadar racun sebuah air limbah pabrik.

Bythotrephes

Jenis ini ukurannya lebih besar dibandingkan kutu air lainnya. Ukurannya sekitar 15 milimeter. Kutu air ini memiliki tulang belakang yang panjang dan berduri. Bentuk tubuhnya yang seperti itu membuatnya tidak bisa dijadikan sebagai pakan ikan.

Kutu Air yang Digunakan Untuk Pakan Ikan

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi lainnya jenis kutu air yang bisa ditemukan di dunia ini. Namun, hanya beberapa jenis saja yang digunakan untuk pakan ikan.

Beberapa jenis kutu air yang digunakan untuk pakan ikan adalah daphnia, moina, dan chydorus. Alasan jenis-jenis itu saja yang digunakan untuk pakan ikan adalah karena mudahnya ketiga jenis kutu air tersebut ditemukan di Indonesia. Selain itu, Sahabat bisa membudidayakan jenis kutu air tersebut dengan mudah walaupun dalam media yang seadanya dan sangat sederhana.

Alasan lainnya mengapa hanya itu-itu saja yang digunakan untuk pakan ikan adalah karena jenis tersebut sudah terbukti bisa menambah asupan protein ikan hias tanpa harus takut ada efek samping akibat memberikan kutu air jenis lain.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku