Kenapa Putaran Setir Mobil Tidak Sama? Ini Penyebab dan Solusinya
Putaran setir mobil tidak sama ketika menyetir merupakan permasalahan yang serius karena berpotensi besar mengancam keselamatan pengemudi. Seperti diketahui setir mobil merupakan kendali utama ketika mengendarai mobil. Apabila komponen tersebut bermasalah maka keamanan dan kenyamanan berkendara sangat terganggu. Oleh karena itu, pengemudi harus mengetahui penyebab dan solusi dari permasalahan tersebut.
Penyebab Putaran Setir Mobil Tidak Sama
Ada beberapa hal yang menyebabkan putaran setir mobil menjadi tidak sama. Berikut penyebab selengkapnya.
1. Adanya kerusakan pada komponen sistem kemudi mobil
Penyebab pertama, disebabkan karena adanya kerusakan pada komponen sistem kemudi mobil. Mulai dari kerusakan pada belt dan pompa power steering yang menyebabkan kinerja putaran setir mobil berkurang hingga kerusakan pada long tie rod, dan rack steer yang menyebabkan putaran setir menjadi berat sebelah.
2. Cairan pada power steering berkurang
Penyebab selanjutnya, disebabkan karena cairan pada power steering berkurang. Seperti diketahui power steering terdiri dari jenis yakni EPS (Electronic Power Steering) dan HPS (Hydraulic Power Steering). Pada jenis HPS inilah cairan power steering sering berkurang entah karena pemakaian ataupun terjadi kebocoran sehingga menyebabkan kemudi berat sebelah dan tidak keseimbangan putaran.
3. Pernah mengganti komponen sistem kemudi mobil
Penyebab selanjutnya, disebabkan oleh penggantian sistem kemudi mobil. Seperti diketahui komponen seperti tie rod, long tie road, dan rack steer sangat mempengaruhi sudut belok kemudi mobil. Apabila Anda melakukan penggantian pada salah satu komponen tersebut, sudah pasti sangat berpengaruh terhadap manuver mobil. Terutama jika salah satu komponen tersebut palsu.
4. Komponen sistem pengereman mobil bermasalah
Ketidakseimbangan putaran setir mobil juga bisa disebabkan oleh komponen sistem pengereman mobil yang bermasalah. Contohnya seperti, kampas rem yang terlalu kotor, kampas rem aus, kebocoran piston rem, dan komponen pengereman mobil lengket.
5. FWA (Front Wheel Alignment) kurang tepat
FWA yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi putaran setir mobil. FWA sendiri merupakan pengaturan yang digunakan untuk mengontrol roda depan mobil yang berperan dalam meringankan kemudi.
Solusi Putaran Setir Mobil Tidak Sama
Untuk mengatasi putaran setir mobil yang tidak sama, ada beberapa solusi yang bisa Anda terapkan. Berikut solusi selengkapnya.
1. Rutin mengecek komponen sistem kemudi mobil
Agar putaran mobil selalu sama, Anda perlu rutin melakukan pengecekan pada komponen sistem kemudi mobil. Segera lakukan penggantian apabila ada komponen yang rusak, pastikan ganti dengan komponen yang asli.
2. Rutin mengecek komponen sistem pengereman mobil
Selanjutnya, Anda juga perlu mengecek secara rutin dan berkala pada komponen sistem pengereman mobil. Jika kampas rem kotor segera bersihkan. Namun, jika kampas rem sudah menipis, segera lakukan penggantian komponen.
3. Melakukan spooring dan balancing
Melakukan spooring dan balancing pada roda mobil akan menghasilkan sudut putaran roda yang lebih maksimal. Alhasil roda dapat berputar secara lancar dan mulus meski pada kecepatan tinggi sehingga getaran yang akan menuju setir dapat diredam baik oleh roda. Dengan begitu, putaran setir mobil menjadi seimbang dan stabil.
4. Servis rutin dan berkala
Solusi terakhir, rutin melakukan servis di bengkel profesional seperti Daihatsu. Dengan servis di bengkel resmi Daihatsu, mobil Anda akan mendapatkan perawatan yang tepat. Sebab, komponen yang rusak akan diganti dengan komponen baru yang berkualitas, dan monitoring yang tepat di bawah pengawasan mekanik profesional.