Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Memahami Spooring, Agar Kinerja Roda Makin Harmonis

10 April 2025
Memahami Spooring, Agar Kinerja Roda Makin Harmonis

JAKARTA, FEBRUARI 2025, Sahabat Daihatsu tidak asing mengenal berkenaan dengan spooring (wheel alignment). Harmonisasi performa keempat roda mengindikasikan kenyamanan berkendara.

Berjalannya waktu dengan berbagai medan jalan, jelasnya mengubahkan keseimbangan performa tiap roda.Apalagi bila kerap melintas jalanan rusak, performa suspensi menjadi taruhannya.

Dampaknya, kondisi roda terhadap sasis butuh penyelarasan. Langkah wheel alignment atau lebih dikenal dengan spooring menjadi pilihan logis.Langkah Spooring menjadi hal lazim agar mobil kesayangan Sahabat Daihatsu tetap nyaman.

Indikasi Mesti Spooring

  • Indikasinya langsung terasa saat si pengemudi. Pertama, saat kondisi berbelok, lingkar setir terasa berat dan sulit berada pada posisi lurus. 
  • Sahabat Daihatsu bisa melihat langsung, pada kondisi tapak ban. Bila tingkat keausan tapak ban tidak merata, langkah spooring menjadi opsi

Mengapa Harus Spooring?

 Bukan tanpa alasan tentunya. Spooring dilakukan terhadap keempat ban mobil sebagai langkah untuk meluruskan posisi ban depan dan belakang ban mobil. Langkah ini agar posisi roda kembali lurus sesuai dengan spesifikasi bawaan dari mobil.

Fitur EPS dan Non-EPS, Beda Spooring? 

Beberapa hal perlu diperhatikan bila mobil Anda sudah dibekali fitur electronic power steering seperti yang diadopsi sebagian besar line Daihatsu seperti Ayla, Sirion, Terios dan lainnya. 

Baca Juga: Perbedaan Spooring dan Balancing Serta Biaya Perawatannya

  • Adakah perbedaan perlakuan saat spooring? Secara umum, memang tidak ada perbedaan yang signifikan untuk menyelaraskan roda, baik transporter dengan EPS maupun yang tidak mengadopsi EPS. 
  • Secara teknis, mekanismenya tidak berbeda dengan spooring konvensional pada umumnya. Media atau alat spooring terhubung dengan sistem komputerisasi dan menggunakan sensor infra-red untuk memindai kondisi aktual roda. 
  • Praktiknya, keduanya relatif sama saat melakukan wheel alignment untuk menyelaraskan roda. Mulai dari scanning hingga pengaturan chamber dan toe tidak berbeda.
  • Alat spooring konvensional hingga 3D pun menjadi pilihan. Secara prinsip, keduanya relatif sama. Hanya perihal kecepatan dan kepraktisan menjadi pembeda.
Tips Sahabat Lainnya
Berapa Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil? Ini Estimasi dan Cara Gantinya
Berapa Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil? Ini Estimasi dan Cara Gantinya
Kampas kopling merupakan komponen penting dalam mobil transmisi manual yang berfungsi untuk memungkinkan perpindahan gigi. Seiring dengan lamanya pemakaian, kampas kopling akan mengalami aus dan memer
perbedaan spooring dan balancing
Perbedaan Spooring dan Balancing, Fungsi, serta Biayanya
Spooring dan balancing menjadi salah satu tindakan perawatan mobil yang penting untuk dilakukan. Perawatan ini bertujuan untuk menjaga kaki-kaki mobil agar bekerja dengan baik dan op
Cara Membuka Blokir ETLE, Mudah dan Cepat!
Cara Membuka Blokir ETLE, Mudah dan Cepat!
Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau yang biasa disebut tilang elektronik merupakan sistem yang dibuat untuk mempermudah kepolisian menemukan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas di
Cara Klaim Santunan Jasa Raharja, Ini Syarat dan Prosedurnya
Cara Klaim Jasa Raharja Kecelakaan, Ini Syarat dan Prosedurnya
Korban kecelakaan bisa mendapatkan santunan Jasa Raharja dari pemerintah. Program santunan ini diberikan kepada korban kecelakaan, baik itu yang meninggal dunia, mengalami cacat tetap, maupun yang luk
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami