Logo Daihatsu
Menu

Mobil Anda Lecet? Jangan Khawatir, Berikut 6 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Otomotif

2021-06-29

klaim asuransi mobil

Mobil kesayangan Anda lecet, namun budget yang dimiliki tidak cukup untuk memperbaikinya ke bengkel? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir karena ketika mobil kesayangan lecet, Anda bisa mengajukan klaim asuransi mobil lecet yang biasanya disediakan. Jika Anda ingin mengklaim asuransi ini, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa hal agar Anda bisa mendapatkan manfaat asuransi dengan maksimal. 

Lantas bagaimana cara klaim asuransi mobil lecet tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara klaim asuransi mobil lecet yang bisa Anda lakukan. 

Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Salah satu cara klaim asuransi mobil lecet yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk klaim asuransi mobil lecet yang diperlukan. Siapkan semua dokumen dengan lengkap, sebelum Anda menghubungi pihak asuransi. Adapun beberapa dokumen yang diperlukan pada saat mengajukan klaim asuransi mobil lecet, diantaranya ialah fotokopi STNK, fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM, formulir klaim asuransi dan surat keterangan polisi, jika mobil mengalami lecet karena kecelakaan.

Menghubungi kantor asuransi

Setelah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan lengkap, Anda bisa menghubungi atau mendatangi kantor cabang asuransi. Anda bisa menghubungi pihak kantor asuransi terkait melalui telepon ataupun email. Setelah itu, Anda bisa mengikuti panduan dari petugas asuransi, mengenai pengajuan klaim asuransi mobil lecet. Proses pelaporan klaim biasanya membutuhkan waktu maksimal 3x24 jam setelah kejadian. Jika jarak Anda dekat dengan kantor asuransi terkait, dianjurkan untuk datang langsung agar diproses dengan cepat. 

Foto kondisi mobil

Cara klaim asuransi mobil lecet selanjutnya ialah memperlihatkan foto atau dokumentasi kondisi mobil yang mengalami lecet, agar bisa mendapatkan klaim asuransi. Anda bisa mengirimkan foto tersebut melalui email kepada pihak kantor asuransi mobil ataupun dengan cara datang langsung. Jangan lupa untuk memberikan foto yang jelas serta informasi dengan jujur dan sebenar-benarnya, agar klaim asuransi Anda tidak ditolak.

Mengisi formulir

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak kantor asuransi. Setelah itu, Anda harus bisa menerangkan terkait mobil yang mengalami lecet. Dengan demikian, pihak perusahaan asuransi akan bisa mengetahui penyebab kerusakan mobil Anda melalui kronologi kejadian, ataupun melalui pemeriksaan di bengkel.

Menyiapkan dokumen pihak ketiga

Jika mobil Anda lecet disebabkan oleh pihak ketiga, Anda harus menyiapkan dokumen yang ditujukan kepada pihak ketiga untuk mendapatkan ganti rugi. Anda bisa menghubungi pihak kantor asuransi untuk mendapatkan detail dokumen apa saja yang perlu Anda siapkan, pada saat mengajukan klaim asuransi karena pihak ketiga.

Datangi bengkel rekanan asuransi

Cara klaim asuransi mobil lecet yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi atau mendatangi langsung bengkel yang telah bekerjasama dengan pihak kantor asuransi mobil yang Anda miliki. Setelah itu, Anda akan mengisi formulir yang disediakan oleh bengkel tersebut. Jika pengajuan klaim asuransi Anda disetujui, Anda bisa langsung memperbaiki mobil lecet itu di bengkel rekanan tersebut.

Itulah beberapa cara klaim asuransi mobil lecet yang bisa Anda coba. Asuransi mobil lecet penting bagi Anda yang belum memiliki biaya khusus untuk perawatan mobil. Jika Anda sudah melakukan beberapa cara klaim asuransi di atas, hal selanjutnya adalah bersabar menunggu hasil dari pihak kantor asuransi. Pihak kantor asuransi akan melakukan survei atas klaim asuransi yang Anda ajukan, yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan jadwal perbaikan kendaraan. Jika klaim asuransi Anda disetujui, pihak kantor asuransi akan mengeluarkan surat perintah kerja (SPK) sebagai surat pengantar untuk melakukan perbaikan di bengkel.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi dan Komponen dari Minyak Rem

2021-06-29

Minyak rem punya peran yang penting buat mobil Sahaat, lho. Tanpa minyak ini, rem nggak bakal berfungsi sebagaimana mestinya. Bayangin, bisa-bisa mobil Sahabat nggak bis

thumbnail

Penyebab Piringan Cakram Mobil Tidak Rata dan Cara Mendeteksinya Secara Dini

2021-06-29

Jika Anda mulai merasakan pedal rem Anda terasa bergetar secara tidak wajar tiap diinjak atau kekuatan pengeremannya menjadi tidak langsung membuat mobil berhenti sepert

thumbnail

Rekomendasi Jual Beli Mobil untuk Sahabat yang Sedang Mencari Mobil Idaman

2021-06-29

Situs jual beli mobil adalah tempat yang harus Sahabat kunjungi, bila hendak membeli mobil idaman. Situs jual mobil sendiri kini sudah banyak tersebar. Dari banyaknya si

thumbnail

Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Berkualitas

2021-06-29

Minyak rem merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan yang berfungsi sebagai pelumas komponen cakram dan kampas rem. Dala