Logo Daihatsu
Menu

Oleh-oleh Khas Jogja untuk Keluarga Tercinta

Travel

2020-10-28

oleh-oleh jogja

Liburan ke tempat yang lebih jauh seperti ke luar kota tentu saat pulang harus membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga dan orang terdekat di rumah. Jogja merupakan salah satu kota besar yang hampir setiap orang pernah mengunjungi karena banyaknya destinasi wisata yang cocok dijadikan liburan bahkan dalam rangka edukasi. Sebagai kota wisata, tentu terdapat banyak oleh-oleh khas Jogja yang semakin hari semakin banyak inovasi. Berikut ini beberapa oleh-oleh Jogja, antara lain:

Gudeg Kaleng

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang paling populer, dari dalam maupun luar negeri. Bahkan ketika pergi ke Jogja dan tidak pernah mencicipi gudeg atau membawa pulang sebagai oleh-oleh, pasti rasanya ada yang kurang lengkap. Namun gudeg adalah makanan basah, jadi jika Sahabat membawa pulang untuk oleh-oleh bisa saja tumpah dan berceceran. Sekarang oleh-oleh khas Jogja kekinian karena sudah banyak inovasi salah satunya yaitu gudeg kaleng. Gudeg ini bisa lebih praktis untuk dibawa ke perjalanan jarak jauh.

Bakpia

Tentu Sahabat tahu oleh-oleh yang satu ini. Dari waktu ke waktu popularitas bakpia tetap menjadi yang utama selain gudeg, apalagi sekarang banyak varian rasa yang tersedia di berbagai toko, pasar, maupun dijual dijalanan. Tentunya lebih menarik dan mudah didapatkan oleh pengunjung dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia kukus merupakan jenis bakpia lain selain bakpia pathok. Bakpia kukus ini termasuk kekinian karena dari kemasannya yang lebih rapi dan menarik, kemudian adonan lembut, berbagai varian rasa seperti coklat, kacang hijau, kacang merah, keju tentunya bisa membuat ketagihan.

Yangko

Oleh-oleh jogja yang satu ini merupakan makanan yang bahan dasarnya terbuat dari olahan tepung ketan. Teksturnya mirip dengan mochi, namun Yangko lebih padat. Bentuknya kotak, dibaluri tepung ketan, berisi kacang dengan varian rasa stroberi, melon, durian.

Keripik Belut

Keripik dari bahan dasar tepung dan belut ini tepat untuk oleh-oleh keluarga tercinta. Rasanya gurih, kering, renyah dapat dijadikan cemilan saat bersantai.

Brownies Ubi Ungu

Brownies ubi ungu ini merupakan makanan kekinian khas Jogja yang cocok untuk oleh-oleh bagi Sahabat yang gemar makan kue basah. 

Keripik Tempe Sagu

Oleh-oleh ini juga termasuk ringan yang klasik, cocok untuk camilan. Inovasi keripik tempe sagu ini menghasilkan tekstur yang renyah dan praktis dibawa untuk keluarga Sahabat.

Pie Apel

Oleh-oleh kekinian yang lain adalah pie apel. Terbuat dari bahan apel spesial yang diolah menjadi kue, sehingga menghasilkan cita rasa apel yang segar dengan topping apel di atasnya yang menambah kelezatan.

Wader Crispy

Keripik yang terbuat dari ikan kecil-kecil kemudian digoreng dengan balutan tepung dan bumbu pilihan yang berkualitas membuat rasa olahan ikan menjadi sangat gurih dan crispy. Wader crispy menjadi pilihan tepat untuk oleh-oleh keluarga tercinta.

Jogja Scrummy

Jogja scrummy adalah oleh-oleh dari Jogja yang terbaru hasil gagasan dari seorang aktor ternama yaitu Dude Harlino. Dibuat dari perpaduan antara brownies kukus dan puff pastry, terdiri dari banyak varian rasa diantaranya coklat, cheese original, kacang, frosting cheese, taro dan caramel. 

Geplak

Geplak merupakan makanan legendaris khas Jogja yang tetap banyak diminati hingga sekarang, rasanya pun manis dan cocok dibawa untuk buah tangan.

Bakpia Princess Cake

Inovasi lain dari bakpia yaitu bakpia princess cake yang dibuka gerainya oleh Syahrini. Ukuran bakpia ini besar, sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang, terdapat juga beberapa varian yaitu durian, double cheese, strawberry, red bead, dan choco banana yang rasanya dijamin tidak mengecewakan.

Tasuba

Tasuba adalah singkatan dari Tahu Susu Bakso. Makanan ini berupa tahu susu yang diisi bakso, rasanya gurih, jadi jika Sahabat pergi ke Jogja wajib membeli ini.

Coklat Monggo

Makanan ala Belgia khas Jogja ini berupa coklat batangan berkualitas dengan berbagai pilihan varian rasa diantaranya praline, karamel, stroberi, mangga, coklat susu, marzipan, durian.

Mamahke Jogja

Oleh-oleh kekinian selain Scrummy, ada lagi yaitu Mamahke Jogja yang dikelola oleh Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo. Teksturnya hampir mirip dengan scrummy, namun kue ini terdiri dari tiga lapis, cake, adonan pastry di tengah kemudian cake lagi di atasnya. Cocok untuk oleh-oleh keluarga Sahabat karena dengan sekali gigit, Sahabat bisa merasakan dua sensasi sekaligus, lembut dan renyahnya begitu terasa dilidah. Selain itu terdapat varian rasa diantaranya coklat, green tea choco, choco banana, keju, tiramisu dan red velvet.

Coklat Monnier

Produk unik ini mengandung 100% coklat asli Jogja, bahkan semua bahan baku yang digunakan berasal dari wilayah Jogja, seperti kakao dari Kulon Progo, kacang mete dari Wonogiri, kemudian produksinya pun dilakukan di Jogja. Coklat Monnier mayoritas berbahan dasar coklat hitam, namun diberi tambahan aroma lain. Pilihannya pun beragam mulai dari aroma kayu manis, biji pala, kopi.

Indo Saparella

Indo saparella merupakan minuman khas Jogja dengan isi 330 ml per botolnya. Rasanya yang segar hampir mirip dengan cola. Minuman ini dikenal minuman para bangsawan dengan nama Cola Jawa. Usianya sudah hampir setengah abad, dan hingga kini masih banyak ditemukan di pusat perbelanjaan maupun warung makan di Jogja.

Henju by Gracy

Aksesoris ini merupakan produk lokal dari Henju by Gracy yang didesain minimalis, namun sangat menarik, terbuat dari bahan dasar perak dan emas, sehingga bersifat lebih tahan lama. Ada banyak aksesoris seperti gelang, anting, kalung yang cocok sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas Jogja.

Nah, banyak banget nih oleh-oleh yang bisa Sahabat bawa dari Jogja. Setelah menikmati liburan yang seru di jogja, pastinya tak lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah. 

Baca juga : Tempat Wisata di Yogyakarta yang Instagramable, Cocok untuk Berfoto


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini Deretan Kuliner Malam Surabaya yang Patut Dicoba

2020-10-28

Sebagai salah satu tujuan wisata, kota Surabaya terkenal memiliki kuliner yang nikmat dan menggoda. Selain enak, wisata kuliner di kota ini juga terbilang mudah dengan h

thumbnail

30 Makanan Khas Aceh dengan Cita Rasa yang Otentik

2021-01-31

Berkunjung ke suatu daerah dalam rangka liburan, tentu tidak lengkap rasanya bila tak sekaligus mencicipi makanan khasnya. Sama h

thumbnail

Air Terjun di Malang yang Wajib Dikunjungi

2020-10-28

Apakah Sahabat termasuk orang yang berpikir bila berlibur akan menghabiskan banyak uang dan akhirnya menimbulkan pemborosan belaka? Sebenarnya, Sahabat dapat menjalani l

thumbnail

5 Tips Aman untuk Berkemah dengan Balita

2020-11-22

Berkemah dengan keluarga menjadi kegiatan yang menarik. Anak memiliki kesempatan untuk menyatu dengan alam bahkan mengembangkan potensi dirinya, seperti lebih percaya diri melakukan kegiatan di ala