Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka, Perhatikan 5 Hal Ini
04 November 2020
Pendaftaran kartu prakerja gelombang 11

Banyak polemik yang muncul dari penyelenggaraan program Kartu Prakerja. Evaluasi juga telah dilakukan untuk dapat mengoptimalkan fasilitas bantuan ini kepada masyarakat. Bagi siapa pun yang ingin mulai mengembangkan kemampuan, program Kartu Prakerja bisa menjadi salah satu alternatif yang efektif.

Kartu Prakerja gelombang 11 merupakan program Kartu Prakerja yang kembali dibuka oleh Komite Cipta Kerja (KCK) untuk ke-11 kalinya. Pendaftaran kali ini merupakan gelombang pendaftaran tambahan karena antusiasme masyarakat terhadap program pelatihan dan pengembangan diri ini masih tinggi.

Waktu Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 dilakukan pada 2 – 4 November 2020 secara online. Proses pendaftaran sudah bisa dilakukan secara online mulai 2 November 2020 pada pukul 12.00 WIB. Periode pendaftarannya tidak lama, calon peserta hanya bisa mendaftar hingga tanggal 4 November 2020 saja.

Peserta yang ingin mengikuti program Kartu Prakerja bisa mulai mengakses situs resmi dan mengikuti proses seleksinya secara bertahap. Penambahan pada gelombang 11 ini kemungkinan dilakukan karena ada daftar hitam dari peserta di gelombang sebelumnya yang tidak melanjutkan pelatihan dan ditarik hak dana insentifnya.

Daftar Hitam Kartu Prakerja Gelombang 11

Program kartu prakerja mengharuskan pesertanya untuk melakukan pembelian kelas pelatihan online dari mitra pelatihan resmi. Secara keseluruhan, ada 364.622 orang yang masuk ke daftar hitam penerima Kartu Prakerja gelombang 11.

Daftar hitam tersebut berisi peserta yang sudah lolos tahap seleksi Kartu Prakerja, tapi tidak melakukan pembelian paket pelatihan dalam 30 hari. Berdasarkan Permenko Nomor 11 Tahun 2020, penghitungan waktu tersebut tercatat sejak ada SMS konfirmasi yang mengumumkan kepesertaan seseorang dalam program Kartu Prakerja.

Kuota Kartu Prakerja Gelombang 11

Peserta yang sudah masuk ke daftar hitam (blacklist) sudah tidak berhak untuk lolos di tahap seleksi Kartu Prakerja. Ada hampir 400.000 orang yang nantinya berhak menerima bantuan semi-BLT dari program Kartu Prakerja gelombang 11. Kali ini, kuotanya relatif lebih sedikit daripada jumlah kuota gelombang 1 – 9.

Syarat Peserta Kartu Prakerja Gelombang 11

Sudah dibuka untuk kesekian kalinya, peserta yang berhak mengikuti proses seleksi masih sama. Program Kartu Prakerja juga tidak diperuntukkan bagi ASN, anggota Polri/TNI, dan pelajar. Berikut ini syarat calon peserta yang bisa mendaftarkan diri pada program Kartu Prakerja gelombang 11.

  1. Terdaftar sebagai warga negara Indonesia yang sah
  2. Setidaknya sudah berusia 18 tahun
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Dalam memenuhi persyaratan ini, pastikan nomor induk kependudukan (NIK) yang terdaftar sudah tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Jika sudah terdaftar, pastikan untuk melakukan pengisian data diri dengan benar agar bisa melanjutkan tahap seleksi Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11

Agar lebih aman dan mudah, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 bisa dilakukan dari rumah. Berikut ini cara daftar Kartu Prakerja gelombang 11.

  1. Buat akun melalui situs https://www.prakerja.go.id/ untuk membuat akun
  2. Siapkan data diri berupa NIK, alamat email, dan nomor handphone untuk verifikasi
  3. Siapkan diri untuk melalui tahap tes motivasi dan seleksi kemampuan dasar secara online
  4. Peserta yang lolos seleksi akan dihubungi melalui SMS untuk lanjut ke tahap pelatihan

Jika sudah berhasil mendaftarkan diri dan terpilih, pastikan juga untuk segera memilih kelas pelatihan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Program Kartu Prakerja gelombang 11 menjadi kesempatan terakhir yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan pengembangan diri. Sahabat, selamat mencoba dan semoga sukses, ya!

Penulis: Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku