Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Pentingnya Edukasi Anak dalam Berbagai Hal
09 Juni 2020
edukasi anak

Orang tua tidak hanya memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan finansial buah hati, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi anak sedari dini. Edukasi yang diberikan kepada anak harus meliputi berbagai hal, seperti edukasi untuk menabung sejak dini, edukasi tentang pendidikan seks, dan lain sebagainya.

Edukasi Anak untuk Menabung Sejak Dini

Edukasi anak untuk menabung sejak dini merupakan hal yang wajib ditanamkan oleh orang tua. Menabung merupakan sarana untuk membentuk karakter anak agar bisa membelanjakan uang dengan bijak. Selain itu, menabung juga mengajarkan hidup hemat sejak dini. Berikut adalah cara memberikan edukasi pentingnya menabung kepada anak.

Perkenalkan Fungsi Uang

Hal pertama yang harus dilakukan orang tua untuk memberi edukasi anak akan pentingnya menabung adalah dengan memperkenalkan fungsi uang. Orang tua bisa memberitahu anak bahwa uang adalah alat tukar yang dapat digunakan untuk mendapatkan suatu barang atau jasa yang senilai dengan jumlah tertentu.
Orang tua tidak hanya memperkenalkan fungsi uang, tetapi juga memberi edukasi tentang  bermacam bentuk uang dan perbedaannya. Orang tua juga harus memberi pengertian kepada anak mengenai nilai-nilai uang dari yang paling kecil hingga yang paling besar. Selain itu, anak juga harus diedukasi bagaimana cara menggunakan uang.

Membedakan Belanja dan Menabung

Cara memberi edukasi anak tentang pentingnya menabung dapat dilakukan dengan cara memberi pengertian kepada mereka perbedaan antara kegiatan berbelanja dan kegiatan menabung. Anak harus tahu bahwa belanja adalah kegiatan mengeluarkan uang, sedangkan menabung adalah kegiatan menyimpan uang.
Anak harus mengetahui bahwa kedua kegiatan tersebut adalah kegiatan yang kontras. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat membedakan mana kegiatan yang lebih baik untuk dilakukan. Orang tua juga harus mengarahkan dengan cara memberi pemahaman akan keuntungan menabung.

Membedakan Kebutuhan Pokok dan Kebutuhan Sampingan

Edukasi anak akan pentingnya menabung juga bisa dilakukan dengan cara memberi pemahaman kepada mereka akan perbedaan kebutuhan pokok dan kebutuhan sampingan. Anak harus mengetahui macam-macam kebutuhan yang harus didahulukan dan kebutuhan yang hanya sekedar gaya hidup semata.
Edukasi ini bisa dilakukan secara bertahap mulai dari pengetahuan macam-macam kebutuhan pokok, yaitu pakaian, makan, dan tempat tinggal. Namun, edukasi mengenai kebutuhan pokok tersebut juga harus dibarengi dengan kadar yang tidak boleh melebihi batas.Setelah itu orang tua bisa mengedukasi tentang macam-macam kebutuhan sampingan.

Manajemen Keuangan yang Bijak

Hal yang paling penting untuk memberi edukasi anak untuk menabung adalah dengan cara membuat manajemen keuangan yang bijak. Orang tua bisa memberi uang jajan dengan jumlah yang normal setiap harinya, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Jumlah yang ideal bagi anak yang baru mengenal uang adalah sekitar sepuluh ribu rupiah.
Orang tua harus memberi edukasi kepada anak mereka memiliki tujuh ribu rupiah untuk berbelanja kebutuhan mereka, sedangkan sisanya harus ditabung. Apabila anak menginginkan sesuatu yang melampaui jumlah tersebut, orang tua harus menjadi rem sekaligus mengajaknya menabung terlebih dahulu untuk mendapatkan benda yang mereka inginkan.

Membuat Celengan Bersama

Edukasi anak akan pentingnya menabung dapat pula dilakukan dengan cara membuat celengan bersama. Namun, sebelumnya anak harus mengetahui fungsi celengan yang akan mereka buat. Mereka harus mengetahui bahwa celengan adalah tempat untuk menyimpan uang. Celengan dapat dibuat bersama dengan sang anak untuk menciptakan waktu yang berkualitas dengan buah hati. 
Biarkan anak berkreasi membuat celengannya sendiri sesuai dengan imajinasi mereka. Hal ini dimaksudkan agar anak lebih tertarik untuk menyimpan uangnya pada celengan yang mereka buat dengan keringat sendiri.Orang tua harus mengajak anak untuk menyimpan uangnya pada celengan tersebut setiap hari.

Edukasi Anak tentang Pendidikan Seks

Edukasi anak tidak hanya meliputi pentingnya menabung, tetapi edukasi yang sama pentingnya adalah pendidikan seks bagi anak. Edukasi anak tentang pentingnya menabung dapat diberikan kepada anak yang berusia dini, tetapi edukasi tentang pendidikan seks baru dapat diberikan kepada anak yang memasuki usia remaja.

Batas Berkawan dengan Lawan Jenis

Cara pertama untuk memberi edukasi anak tentang pendidikan seks adalah pemahaman mengenai batas berkawan antara laki-laki dan perempuan. Hal ini tidak berarti orang tua melarang anaknya untuk berkawan dengan lawan jenis, tetapi lebih menjurus pada edukasi mengenai batas berkawan yang sesuai dengan norma agama, norma sosial, dan norma susila.
Anak harus mengetahui tempat dan waktu yang diperbolehkan untuk bermain dengan kawan yang berlawanan jenis. Hal yang paling penting adalah memberi edukasi kepada anak bahwa laki-laki dan perempuan tidak boleh berduaan dalam jangka waktu yang lama pada tempat yang jauh dari keramaian.

Edukasi tentang Organ Reproduksi

Edukasi anak tentang pendidikan seks dapat dilakukan dengan memberi pengajaran tentang organ reproduksi manusia dan fungsinya. Biasanya materi tentang organ reproduksi telah diberikan di bangku sekolah, tetapi orang tua juga harus turut andil memberikan edukasi tersebut dengan gaya bahasa yang lebih santai dan bersahabat.
Edukasi tentang organ reproduksi ini lebih cocok diperkenalkan kepada anak yang memasuki bangku sekolah menengah pertama karena usia ini adalah masa pubertas mereka. Orang tua dapat mengajak buah hati untuk berdiskusi dan tidak bertindak menggurui. Gaya bahasa yang santai dapat dimengerti anak dengan mudah dan tidak terlalu vulgar.

Mengedukasi Bahaya Seks Remaja

Poin yang paling penting dari edukasi anak tentang pendidikan seks adalah memberi pemahaman kepada anak akan dampak negatif dari seks remaja. Orang tua dapat memberi pemahaman mengenai dampak negatifnya dalam bidang fisik, sosial, moral, agama, dan tentunya masa depan.
Edukasi mengenai bahaya seks remaja dapat membuat anak lebih berhati-hati dan menjaga diri. Orang tua dapat mengambil contoh nyata bahaya seks remaja di lingkungan sekitar, seperti kasus-kasus yang banyak tersebar di internet. Hal ini tidak dimaksudkan untuk membuat anak takut berteman, tetapi agar ia berkawan sesuai batas dan tidak melanggar norma.

Pengetahuan Agama yang Cukup

Edukasi anak tentang pendidikan seks berpondasi pada pengetahuan agama yang cukup bagi anak. Orang tua juga harus memberi pengetahuan agama agar mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga dirinya sendiri dan menumbuhkan keimanan kepada Tuhan. Selain itu, pengetahuan agama yang cukup juga dapat menjadi rem jika berkawan melewati batas norma.
Orang tua tidak dapat menjaga anak selama 24 jam, tetapi mereka dapat menjaga diri sendiri berkat ilmu agama yang dimilikinya. Ilmu agama juga memberi pendidikan karakter kepada anak untuk membentuk pribadi yang baik dan bertanggung jawab. Oleh sebab itu, bekali buah hati dengan ilmu sedari dini.

Edukasi anak perlu dilakukan dalam berbagai bidang untuk membentuk karakter mereka. Ajari mereka untuk melakukan hal-hal yang positif  dan menghindari hal-hal yang negatif. Jadilah suri tauladan yang baik untuk anak dan berikan contoh perilaku yang baik.

Baca juga : Cermati Jadwal Imunisasi Bayi, Jangan Sampai Telat!

 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku