Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Serba-serbi Pengiriman Barang ke Luar Negeri, Nggak Repot Kok!
08 Februari 2021
kirim paket

Pengiriman barang ke luar negeri merupakan layanan antar dokumen hingga paket ke negara lain yang terdaftar atau masuk dalam jangkauan penyedia jasa ekspedisi. 

Tentunya hal ini bisa membantu Sahabat yang punya bisnis untuk melakukan ekspansi hingga ke luar negeri dan memiliki jaringan bisnis internasional. Mengingat saat ini pasar global sudah sangat terbuka, dan peluang makin besar dengan memanfaatkan penjualan online. 

Tapi sebelum melakukannya, Sahabat harus paham dulu soal regulasi hingga beberapa hal yang perlu diperhatikan agar semuanya berjalan lancar bebas hambatan. 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirim barang ke luar negeri 

Sebelum mengirimkan barang ada baiknya Sahabat mengatur strategi khusus. Misalnya dengan memulai ekspansi ke negara-negara tetangga lebih dulu. 

Dimulai dari negara di kawasan Asia Tenggara, dimulai dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, hingga Thailand. Mengapa harus perlahan dan bertahap? 

Cara ini memungkinkan Sahabat untuk mengetahui cara dan aturan-aturan yang berlaku soal mengirim barang ke luar negeri. Setelahnya Sahabat bisa lakukan evaluasi dari sekian banyaknya pengiriman, negara mana yang paling ribet untuk urusan mengirim barang. 

Analisa syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi, karena mungkin ada beberapa negara yang membatasi jumlah sampai melarang barang jenis tertentu. 

Kemudian periksa apakah ekspedisi yang dipilih bisa mengantar barang sampai tujuan. Cara ini bisa dicek melalui website resmi jasa ekspedisi pengiriman barang dan dokumen. 

Cek harga 

Jangan sampai proses pengiriman barang Sahabat ke luar negeri terhambat masalah harga. Sahabat bisa melihat tarif untuk mengirim paket dari Indonesia ke negara lain. 

Biasanya cara ini bisa dilihat melalui website resmi jasa ekspedisi. Beberapa website lain juga kerap menyediakan layanan periksa tarif harga dengan "Kalkulator" khusus untuk menaksir tarif berdasarkan bobot paket atau dokumen serta tanggal pengirimannya. 

Nah soal fitur "Cek harga" dan "Kalkulator" nyatanya memiliki perbedaan fungsi. Fitur "cek harga" memungkinkan Sahabat untuk lihat harga umum untuk pengiriman paket atau dokumen. Sementara itu, fitur "Kalkulator" dapat memberi informasi lebih rinci dan spesifik serta akurat soal biaya yang harus dilunasi. 

Setelah yakin dengan pilihan jasa ekspedisi, Sahabat bisa langsung mengirim barang. Tak perlu repot antar barang ke kantor atau gudang ekspedisi, sebab beberapa jasa pengiriman barang menyediakan layanan "Ambil Paket" dari tempat tinggal Sahabat. 

Jalur pengiriman paket ke luar negeri 

Perlu Sahabat ketahui, jasa pengiriman paket luar negeri selalu menggunakan dua jalur, yaitu lewat laut atau udara. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

1. Pengiriman lewat jalur laut 

Mengirim paket atau dokumen lewat jalur laut menggunakan kapal besar pengangkut barang alias kapal Kargo. Biasanya barang akan dikirim dan disimpan dalam kontainer besar di atas kapal. 

Kontainer ini berisi barang-barang yang bakal dikirim ke luar negeri yang mana tarif ongkos kirimnya akan jauh lebih murah jika dibandingkan lewat udara. Kenapa demikian? 

Perlu diketahui, kapal Kargo akan berangkat mengirim barang dalam jumlah banyak, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menunggu sampai semua barang terkumpul, baru kapal Kargo berangkat mengirim barang ke negara tujuan. 

2. Pengiriman lewat udara 

Untuk pengiriman paket lewat jalur udara ini menggunakan pesawat untuk sampai ke luar negeri. Pengiriman paket ini cocok digunakan dalam keperluan mendesak. 

Artinya Sahabat perlu barang sampai tujuan dengan waktu singkat. Sebab, pengiriman lewat jalur udara kuantitasnya cukup terbatas tanpa harus mengumpulkan barang kiriman sampai penuh. 

Untuk moda transportasi lewat pesawat pun setiap hari selalu ada. Sehingga bisa langsung meluncur ke tempat tujuan, tapi harganya tentu jauh lebih mahal. 

Namun jalur pengiriman ini punya kekurangan, yaitu nggak bisa mengirim barang jika bobotnya terlalu berat. Jadi hanya cocok untuk dokumen hingga barang ringan yang tidak mudah rusak jika didiamkan terlalu lama. 

Biaya ongkos kirim 

Satu hal yang sering jadi pertanyaan adalah "berapa biaya ongkos kirim ke luar negeri? Mahal nggak sih kirim barang ke luar negeri?" 

Untuk menjawab pertanyaan seperti itu, sebenarnya tarif ongkos kirim barang ke luar negeri tergantung dari kebijakan layanan ekspedisi. 

Beberapa ekspedisi memiliki metode pilihan layanan pengiriman yang menarik. Misalnya ada potongan harga ongkos kirim jika menggunakan layanan online, atau potongan harga jika melakukan pembayaran via transfer atau bank tertentu. 

Harga ongkos kirim juga tergantung dari berat barang yang bakal dikirim serta negara tujuan masing-masing. Oleh sebab itu sebelum mengirim barang, manfaatkan fitur "Cek Harga" di situs layanan pengiriman barang. 

Biaya pajak atau bea cukai 

Sebelum mengirim barang, ada baiknya Sahabat cari tahu dulu soal ketentuan mengirim barang ke negara tujuan. Sebab masing-masing negara punya aturan sendiri soal batas maksimum, biaya pajak sampai bea cukai pada barang yang bakal masuk ke negara mereka. 

Namun bukan tidak mungkin kalau ada beberapa barang atau tujuan negara yang sama sekali tidak dikenakan pajak. Semua tergantung pada barang yang dikirim serta negara tujuan. 

Perlu diingat, untuk biaya pajak dan bea cukai atas barang yang dikirim, maka si penerima yang bakal menanggung biayanya. Jadi bukan pengirim barang yang akan dibebankan biaya pajak. 

Bea Cukai

Kunci kelancaran penanganan bea cukai saat pengiriman barang yaitu pengisian faktur yang lengkap dan benar. Otoritas bea cukai membutuhkan data ini untuk menilai kemungkinan pajak dan bea yang bakal dikenakan. 

Mengisinya pun harus benar dan sesuai fakta, agar tidak ada hambatan atau bahkan bisa saja barang ditarik dan gagal dikirim.  

Setidaknya data yang dibutuhkan untuk mengisi faktur pajak dan bea adalah soal isi paket dan deskripsi barang. 

Kedua data tersebut bakal memudahkan otoritas bea cukai tentang barang yang dikirim. Deskripsi barang harus menjelaskan jenis barang, terbuat dari apa, dan untuk apa digunakan (jika ada). Ini harus jelas dan menjelaskan semua item yang termasuk dalam pengiriman.

Kemudian soal kode tarif yang berguna untuk mengklasifikasikan barang sehingga otoritas bea cukai tahu pajak, bea, dan kontrol mana yang mungkin berlaku.

Lalu nilai barang kiriman secara akurat. Sekalipun barang tersebut adalah sampel, hadiah atau pengembalian, tetap memiliki nilai setidaknya biaya produksi. Nilainya harus seakurat mungkin. Jika bea cukai mempertanyakan penilaian barang tersebut, itu bisa menyebabkan penundaan sampai kena denda. Satu tips lebih lanjut, daftarkan nilai barang dalam mata uang yang Sahabat tentukan pada faktur.

Kemudian ada data negara asal. Data ini menjelaskan di mana barang tersebut diproduksi. Kemungkinan bisa berbeda dengan asal barang yang dikirim. 

Dalam kasus tertentu, mungkin diperlukan Surat Keterangan Asal di mana barang itu diproduksi. Untuk informasi lebih lanjut tentang Surat Keterangan Asal, Sahabat bisa menghubungi nomor "Kamar Dagang dan Industri" di negara pengirim. 

Ada pula soal pengisian Incoterms yang tepat jika diperlukan. Sahabat harus mengisi Persyaratan Penjualan (Incoterms) di setiap faktur komersial. 

Incoterms® 2010 adalah standar yang diakui secara global yang ditetapkan oleh Kamar Dagang Internasional. Mereka membiarkan otoritas bea cukai mengidentifikasi pemilik kiriman setiap saat dalam perjalanannya. 

Penulis : Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku