Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Meningkatkan Skill Public Speaking
11 Januari 2021
public speaking

Public speaking adalah cara berkomunikasi di depan umum dalam rangka memberikan informasi ataupun menghibur. Skill public speaking dibutuhkan dalam berbagai hal salah satunya dalam pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang. Cara meningkatkan skill public speaking ini dapat dilakukan secara otodidak ataupun berguru langsung pada public speakers yang sudah berpengalaman.

Jika Sahabat memutuskan untuk belajar meningkatkan skill public speaking secara otodidak, maka dapat dengan menerapkan beberapa cara meningkatkan skill public speaking berikut ini.

Percaya Diri

Berbicara di depan orang banyak memang bukan hal yang mudah. Selalu saja ada rasa gugup dan juga demam panggung. Bahkan sering kali saat di depan penonton mendadak menjadi sulit berbicara dan lupa apa yang akan dibicarakan. Hal ini sangat wajar terjadi jika baru pertama kali berbicara di depan umum. Bahkan public speakers handal pun juga merasakan hal ini sebelum berbicara di depan banyak orang. Hanya saja mereka dapat mengatasinya karena sudah terbiasa berbicara di depan umum.

Agar dapat meningkatkan skill public speaking, maka hal yang pertama kali Sahabat harus lakukan adalah membangun rasa percaya diri. Karena berbicara di depan banyak orang sangat membutuhkan keberanian. Rasa percaya diri ini yang akan membantu Sahabat dalam mempermudah berbicara. Cara menumbuhkan rasa percaya diri ini dapat dilatih dengan memperbanyak bergaul di lingkungan yang positif. Sering mencoba untuk mengikuti kegiatan yang membutuhkan public speaking. Sehingga Sahabat akan semakin terbiasa muncul di depan umum

Perhatikan Bahasa Tubuh

Saat menjadi pembicara, gerak gerik tubuh Sahabat akan sangat diperhatikan oleh para penonton. Jika Sahabat gugup, maka akan sangat terlihat dari gerakan spontan yang dilakukan oleh tubuh. Gerakan spontan tubuh saat gugup ini dapat membuat bahasa tubuh negatif yang kurang nyaman dilihat. Contohnya seperti menggaruk-garuk kepala atau memasukan tangan ke saku. Bahasa tubuh negatif pada setiap orang berbeda-beda. Sahabat dapat mencari tahu sendiri bahasa tubuh negatif yang dihasilkan saat gugup dan berusahalah untuk menahan gerak tubuh tersebut meski dalam keadaan gugup.

Raut wajah juga menjadi salah satu fokus yang akan dilihat pertama kali oleh penonton. Untuk melatih gerakan tubuh ini, Sahabat dapat berbicara sambil bercermin. Perhatikan dengan baik raut wajah dan postur tubuh. Apakah sudah terlihat rileks atau belum.

Kuasai Materi

Skill public speaking juga ditunjang dengan pengetahuan mengenai informasi yang dibawakan. Jika Sahabat menguasai materi yang akan dibawakan, maka Sahabat akan lebih percaya diri saat membawakan materi. Sehingga penting sekali, sebelum berbicara di depan umum persiapkan dengan sebaik mungkin materi yang akan dibawakan.

Catat poin-poin penting yang akan dibawakan. Sahabat juga dapat berdiskusi dengan teman lain untuk memperkirakan pertanyaan yang akan ditanyakan oleh penonton.

Berlatih Terus

Cara meningkatkan skill public speaking yang paling efektif adalah dengan terus berlatih. Public speakers yang paling handal pun saat pertama kali berbicara di depan umum tidak selalu berjalan lancar. Hal tersebut sangat biasa terjadi karena belum memiliki banyak pengalaman. Sahabat tidak perlu berkecil hati saat gagal mencoba di permulaan. Jadikan kegagalan tersebut sebagai bahan intropeksi agar dapat mengembangkan diri lebih baik. Sahabat dapat terus berlatih dengan teman-teman yang memiliki minta public speaking dan berlatih bersama. Dengan berlatih terus menerus, Sahabat akan semakin mengetahui di mana celah yang harus diperbaiki.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor