Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Mobil Mogok di Perjalanan? Jangan Panik dan Lakukan Ini!
23 Oktober 2018
mobil mogok di perjalanan

Menggunakan kendaraan pribadi memang menjadi pilihan bagi masyarakat yang mempunyai mobilitas super tinggi. Baik motor atau mobil, menggunakan kendaraan pribadi memang lebih praktis dibandingkan dengan transportasi umum.

Tapi, walaupun sebagian besar orang saat ini sudah punya kendaraan pribadi, masih sedikit yang bisa mengatasi masalah mogok di jalan. 

Nah, kali ini kita akan memberikan Sahabat Daihatsu cara untuk mengatasi mobil mogok. Yuk, simak terus ya!

1. Rajin Service

Mesin juga membutuhkan perawatan agar performanya tetap terjaga, Sahabat. Rutinlah memeriksakan kondisi mesinmu ke bengkel minimal 2 bulan sekali. Jangan lupa, ganti oli mesin atau lakukan tune-up agar kondisi kendaraanmu di cek seluruhnya.

Kamu juga bisa tanyakan pada montir tentang hal yang belum kamu ketahui. Jadi, jangan ragu untuk bertanya padanya, ya!

2. Cek bahan bakar dan panaskan mesin

Ketersediaan bahan bakar itu penting banget untuk perjalananmu. Pastikan kamu mempunyai cukup bahan bakar selama perjalananmu dan usahakan jangan membiarkan kondisi bahan bakar berada di garis merah. Karena kalau Sahabat tidak menemukan pom bensin, kamu bisa repot, lho.

Selain itu, biasakan untuk memanaskan mesin kendaraanmu terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan agar mesin bekerja secara optimal.

3. Cek ketersediaan bahan bakar mobil

Jika kendaraan mu tiba-tiba mogok di tengah jalan, jangan panik dulu ya! Menepilah dulu dan segera cek tangki bahan bakar kendaraan kamu. Menepilah perlahan dan parkirkan kendaraan mu di tempat yang tidak mengganggu lalu lalang orang lain.

Cek tangki bensinnya. Jika tangki bensin mu kosong, artinya kamu harus mencari pom bensin atau penjual bensin eceran terdekat. Sahabat Daihatsu bisa menggunakan layanan ojek online untuk membantu kamu mencarikan pom bensin atau toko bensin eceran untuk membeli bahan bakar kendaraan mu.

4. Minta bantuan orang sekitar untuk mendorong mobilmu

Jika Sahabat memiliki mobil dengan operasi manual, kamu bisa menyalakannya dengan mendorong mobil. Mintalah bantuan orang sekitar kamu untuk mendorong mobil. Pastikan mobil mu dalam keadaan menyala ya!

Masukkan gigi 2 atau 3 dan injak koplingnya. Sambil jalan, lepaskan kopling perlahan dan injak pedal gas seperti kamu melakukan oper gigi. Dengan begini, kemungkinan besar mobil mu akan menyala lagi. Oh iya, sebelum melanjutkan perjalanan, panaskan dulu mesin mobilmu ya Sahabat!

5. Hubungi kerabat atau teman yang bisa membantu

Kepanikan yang melanda saat kendaraan kamu mogok secara tiba-tiba memang sudah wajar terjadi. Tapi, cobalah untuk tenang agar kamu bisa berpikir jernih soal langkah apa yang akan kamu ambil selanjutnya. Kamu bisa coba untuk hubungi teman, kerabat, dan keluarga yang menurut kamu mengerti soal ini. Jika memungkinkan, kamu bisa meminta mereka untuk menjemput dan membantu kamu untuk memperbaiki mobil mu yang mogok di tempat kejadian.

6. Selalu sedia nomor bengkel langganan 

Paling penting, Sahabat Daihatsu harus banget menyimpan nomor montir atau bengkel Daihatsu langganan yang kamu percayai. Menyimpan nomor seperti ini bisa jadi sangat bermanfaat di saat kendaraan mu bermasalah saat perjalanan. Suatu waktu membutuhkan bantuan, kamu bisa langsung bertanya padanya bahkan meminta penanganan.

Sahabat juga harus belajar mengenai mesin kendaraan kamu. Bagaimanapun, mengetahui sedikit-sedikit tentang mesin akan sangat membantumu di kondisi seperti ini. Nggak sesulit yang dibayangkan kok Sahabat, yang penting perjalananmu tetap nyaman dan mobilitas kamu menjadi aman.

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku