TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Cerita Inspiratif: Perjalanan Mewujudkan Mimpi Seorang Oprah Winfrey


Ketika membicarakan mengenai sosok dalam cerita inspiratif maka rasanya tidak lengkap jika Kita tidak memasukkan Oprah Winfrey dalam cerita tersebut. Dikenal sebagai salah satu selebriti dan juga pembawa acara talk show paling sukses di dunia, Oprah memiliki cerita inspiratif yang bisa menggugah hati dan memotivasi Kita ketika membacanya.

Sekilas Tentang Kehidupan Oprah Winfrey

Cerita inspiratif dari sosok Oprah Winfrey akan diawali dengan kehidupan pribadi dan masa kecil yang ia alami. Menjadi selebriti dan pembawa acara paling sukses di dunia saat ini, siapa sangka jika masa kecil yang harus dialami oleh Oprah ternyata tidak semudah yang dibayangkan oleh Kita sebelumnya. Oprah Winfrey lahir di Kosciusko, Mississippi pada 29 Januari 1954. Ia merupakan anak dari Vernon Winfrey dan juga Vernita Lee. Oprah sendiri memiliki tiga saudara kandung, dua perempuan yang bernama Patricia Lee dan Patricia Lofton serta satu laki-laki yang bernama Jeffrey Lee.


Masa kecil Oprah winfrey mengawali kisah cerita inspiratif kehidupannya hingga bisa sukses dan terkenal seperti saat ini. Saat kecil, ia dibesarkan oleh neneknya yang bernama Hattie Mae di sebuah peternakan hingga ia berusia enam tahun. Pada usia tiga tahun Oprah mulai menunjukkan bakat alaminya yang bisa tampil dengan luwes di depan umum saat berbicara di perkumpulan gereja sang nenek.

Kemudian, pada usia 6 tahun, Oprah kembali tinggal bersama ibunya di Milwaukee. Tidak jauh seperti saat di peternakan, saat tinggal bersama ibunya ini, Oprah dan keluarganya juga masih berada dalam situasi yang sangat miskin walaupun ibunya sudah memiliki pekerjaan sebagai seorang pembantu.


Baca juga : Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Sedang Hits dan Harus Kamu Beli!


Setiap harinya, ibu dari Oprah harus pergi untuk bekerja pagi sekali dan akan baru pulang pada malam hari. Untuk itulah waktu yang bisa diberikan oleh ibunya kepada Oprah dan saudara-saudaranya menjadi sangat sedikit. Cerita inspiratif kehidupan Oprah Winfrey terbilang tidak selalu manis, hal ini dibuktikan saat menginjak usia yang ke sembilan. Oprah sempat mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh sepupunya yang pada saat itu berusia 19 tahun. Bahkan, pada usia yang ke-14 Oprah juga pernah melahirkan seorang bayi, akan tetapi bayi tersebut meninggal tidak lama setelah ia dilahirkan.


Setelah melahirkan itulah Oprah memutuskan untuk kabur selama satu minggu dari rumah, setelah kembali ke rumah setelahnya, Ibu dari Oprah memutuskan untuk mengirim Oprah untuk tinggal bersama ayah dan istrinya yang baru yang mana inilah yang mengawali cerita inspiratif kesuksesan dari seorang Oprah Winfrey nantinya.

Cerita Inspiratif Perjalanan Karir Oprah Winfrey

Kisah cerita inspiratif seorang Oprah Winfrey dimulai ketika ia tinggal bersama dengan ayahnya yang dikenal sebagai pribadi yang sangat keras dan juga sangat disiplin. Waktu itu ia yang berusia 14 tahun bersumpah kepada dirinya sendiri, jika ia mampu bertahan dan sanggup tinggal bersama dengan sang ayah, ia akan berubah dan membuktikan siapa dirinya yang sebenarnya ke mata dunia.

Ayah dari Oprah Winfrey sendiri memang telah menikah lagi dengan seorang perempuan bernama Zelma. Mereka berdua dikenal memiliki posisi yang cukup terhormat pada kalangan masyarakat Tennessee. Ayahnya memiliki pekerjaan sebagai seorang tukang cukur, anggota dewan kota, serta sebagai pejabat di sebuah gereja. Yang mana ayahnya tidak akan pernah lagi mentolerir sikap Oprah apabila ia tidak bisa diatur.


Kesuksesan Oprah Winfrey juga nyatanya tidak dapat dilepaskan dari didikan ayahnya yang sangat keras bersama dengan ibu tiri Oprah. Segala cerita inspiratif yang dapat ditularkan Oprah saat ini berasal dari didikan yang nyatanya mampu membuat Oprah menjadi sosok besar yang berhasil seperti sekarang ini. Setiap minggu, disamping harus belajar dengan sangat keras, Oprah diharuskan oleh ayah dan ibu tirinya untuk membuat sebuah laporan bacaan buku yang harus diberikan kepada ayah serta ibu tirinya. Tujuannya adalah untuk melatih Oprah dalam menemukan kosakata baru dan membuat Oprah semakin suka untuk belajar. Awalnya, Oprah benci dengan peraturan yang diterapkan oleh ayah dan ibu tirinya ini akan tetapi lama kelamaan Oprah menyadari jika hal inilah yang justru membuatnya mampu berubah menjadi sosok yang lebih baik.


Cerita inspiratif Oprah pun berlanjut hingga ia duduk di bangku SMA, dimana ia sudah mulai membuka diri pada lingkungan barunya dan mampu meraih nilai akademik yang gemilang. Hingga puncaknya, pada saat di SMA ia dipilih untuk mewakili sekolahnya dalam sebuah acara konferensi pemudi yang diadakan di Gedung Putih. Kemudian ia juga mampu mendapatkan hadiah sebesar $1,000 karena menulis sebuah pidato yang berjudul “Orang Negro, Konstitusi, dan Amerika Serikat” Cerita inspiratif dari Oprah kemudian masih berlanjut dalam perjalanan karirnya. Yang mana pada usia 17 tahun, ia berhasil memperoleh pekerjaan sebagai seorang penyiar berita di suatu stasiun radio lokal. Pada saat itu ia memperoleh gaji $100 per minggunya yang tergolong sangat besar bagi siswa SMA pada tahun 1970-an tersebut.


Kemudian, pekerjaan ini masih ia lanjutkan bahkan saat ia sudah menjalankan pendidikan di Universitas. Karir dari seorang Oprah Winfrey semakin berkembang yang mana pada usianya yang ke 19 tahun, ia direkrut oleh sebuah stasiun televisi di Nashville untuk menjadi seorang wartawan dan juga reporter berita. Pada tahun 1976 karir dari Oprah Winfrey semakin menanjak yang mana saat itu ia ditunjuk menjadi sebuah pembawa acara pendamping pada acara talk show pagi yang bertajuk People Are Talking. Yang mana talk show tersebut sangat cocok untuk kepribadian Oprah dimana ia berhasil memberikan suguhan cerita inspiratif, kejujuran, lelucon, serta kesederhanaan hati melalui talk show ini dan membuat rating dari acara ini meningkat pesat.


Beberapa tahun setelahnya sekitar di tahun 1984, Oprah mendapatkan sebuah kesempatan besar untuk dapat memandu acaranya sendiri yang bertajuk A.M Chicago. Tidak disangka acara yang ia bawakan ini sukses besar dan mampu disiarkan di seluruh kota besar di Amerika Serikat. Format dari acara yang ia bawakan ini tetap sama yaitu dengan mengusung cerita inspiratif, dan menemukan kejujuran dari kehidupan orang lain. The Oprah Winfrey Show yang menjadi puncak kejayaan bagi Oprah mengudara pada tahun 1986 yang mana mampu meneruskan kesuksesan acara Oprah sebelumnya dan dengan cepat bisa menjadi pertunjukan paling populer di televisi Amerika Serikat pada saat itu. Melalui itulah Oprah bisa terus membagikan cerita inspiratif bagi orang banyak dan menginspirasi mereka.


Baca juga : 3 Tempat Wisata di Malang yang Paling Keren dan Nggak Ribet!


Setelah itu, pada tahun 2000 Oprah mulai melebarkan sayapnya di bidang editor majalah dan merilis majalahnya sendiri yang bertajuk “The Oprah Magazine” yang juga sukses di pasaran dengan pasar utamanya yang terutama adalah wanita. Dan kemudian ia juga bermain menjadi aktris di beberapa film populer di Amerika.


Nah, itulah cerita inspiratif dari seorang Oprah Winfrey yang berhasil bangkit dari sosok gadis berkulit hitam yang miskin menjadi seorang pembawa acara paling sukses di dunia dengan kekayaan yang mencapai 2.8 Miliar Dollar AS.

Melalui cerita inspiratif ini Oprah membuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin selama Kita mampu percaya kepada diri sendiri dan bekerja keras. 

 

2019-07-29 05:34:53