Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Beberapa Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar
08 Juni 2020
surat lamaran

Salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari proses untuk mencari kerja adalah pembuatan surat lamaran kerja. Walaupun terdengar sepele, akan tetapi surat lamaran pekerjaan yang Sahabat buat sebenarnya bisa menjadi penentu apakah Sahabat diterima disuatu perusahaan atau tidak. Banyak sekali contoh surat lamaran kerja umum yang bisa Sahabat lihat. 

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, biasanya akan ada beberapa hal penting yang terlewatkan oleh banyak sebagian orang. Maka dari itulah, penting kiranya bagi Sahabat untuk melihat bagaimana contoh yang baik dan benar sehingga bisa menghindari kesalahan dalam pembuatannya. 

Kesalahan kecil seperti bertele-tele dalam pembuatan surat lamaran kerja tentulah akan berdampak dengan diterima atau tidaknya Sahabat. Untuk itu, penting untuk memperhatikan detail isian dari surat lamaran kerja baik dalam bentuk Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. 

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum untuk Referensi 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa membuat suatu surat lamaran pekerjaan merupakan hal yang seringkali banyak diremehkan oleh banyak pencari kerja. 

Padahal, surat lamaran ini menjadi suatu hal yang sangat penting dalam proses penilaian suatu calon pelamar pekerjaan. 

Nah, bagi Sahabat yang ingin membuat surat lamaran pekerjaan, berikut ini merupakan beberapa contoh yang bisa Sahabat gunakan sebagai referensi. 

Contoh 1 

Malang, 23 September 2016 

Hal : Permohonan Pekerjaan 

Kepada. Manajer HRD 

CV. Mujur Perkasa 

Jl. Jombang No 12 

Malang 

 

Dengan Hormat, 

Berdasarkan informasi yang saya terima dari surat kabar Radar Malang tanggal 19 September 2020, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan PT. Mujur Perkasa sebagai Senior Marketing. Sebagai bahan pertimbangan Bapak Ibu untuk dapat diterima bekerja, berikut saya lampirkan:

Nama Lengkap                                : Lalisa Manoban, S.E 

Tempat dan Tanggal Lahir        : Jakarta, 27 Maret 1995

Umur                                                   : 24 tahun 

Alamat                                                : Perumahan Arjosari III Malang 

Pendidikan                                       : Universitas Negeri Malang (S1) 

No. Telepon                                      : 081215773423

E-mail                                                 : Lalisam@gmail.com

Saya berada dalam kondisi yang baik, yakni sehat jasmani dan rohani serta memiliki keahlian dalam Bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis. Selain itu, predikat lulusan saya dari UM juga terbilang sangat memuaskan. 

Kemampuan akuntansi saya cukup baik dan saya juga mampu mengoperasikan paket MS. Office dengan baik. Kemampuan bekerja saya juga bisa dilakukan secara mandiri maupun kelompok. 

Sebagai pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampirkan dokumen pendukung:

  1. Pas foto 4x6 1 lembar
  2. Curriculum Vitae
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy ijazah S1
  5. Fotocopy transkrip nilai
  6. Fotocopy sertifikat keahlian
  7. Fotokopi sertifikat penghargaan kerja sebelumnya
  8. Fotokopi sertifikat bahasa inggris

Besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang Bapak Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih atas waktunya. 

Hormat saya, 

 

Lalisa Manoban, S.E. 

 

Contoh 2

Kemudian, contoh yang kedua adalah saat surat lamaran kerja itu Anda buat untuk mengisi kekosongan jabatan di sebuah perusahaan. Terkadang ada dimana sebuah perusahaan membutuhkan seseorang untuk melengkapi formasi dalam timnya karena mungkin ada seorang yang keluar dari tim tersebut. Format dan isinya hampir sama, namun lebih lengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

Jakarta, 23 September 2017 

Kepada:

Direktur PT. Tiara Jaya, 

Jl. H. Agus Salim No. 12 Karawang 

Perihal                 : Permohonan Kerja 

Lampiran            : 5 (enam) berkas

 

Saya, yang  bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                                    : Jennie Anastasya, S.E 

Tempat dan Tanggal Lahir         : Jakarta, 16 Januari 1995 

Alamat                                                 : Jl. LetJend Suprapto No. 13 Karawang 

Pendidikan                                        : S2 Akuntansi 

Dengan surat pengajuan permohonan pekerjaan ini, dan informasi lowongan pekerjaan terkait dengan adanya kekosongan formasi/jabatan, maka dengan surat ini saya mengajukan diri mengisi kekosongan jabatan atau formasi tersebut. 

Saya memiliki kemampuan yang baik dalam hal desain web, grafis, serta memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengolah data di Microsoft Excel, Microsoft Word, dan juga ditambah dengan kemampuan yang baik dalam Bahasa Inggris secara lisan ataupun tertulis. Sebagai pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung diantaranya :

  1. Curriculum Vitae atau Daftar riwayat hidup
  2. Pas foto berwarna 3x4
  3. FC KTP
  4. FC ijazah 1 lembar
  5. FC sertifikat pendukung

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini. Semoga dapat menjadi pertimbangan agar saya dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk segala perhatiannya saya sampaikan terima kasih. 

Hormat Saya,

 

Jennie Anastasya, S.E 

 

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Dua contoh diatas merupakan surat lamaran kerja yang memiliki tujuan berbeda dalam pembuatannya. Yang mana hal ini bisa terjadi pada siapa pun yang memang sedang mencari pekerjaan. 

Contoh yang pertama merupakan surat lamaran kerja yang bisa Sahabat buat ketika Sahabat sudah bekerja di tempat tertentu akan tetapi karena alasan satu dan lain hal Sahabat tetap ingin mengajukan surat lamaran kerja di perusahaan yang lain.

Sementara itu, contoh yang kedua adalah surat lamaran kerja yang bisa Sahabat buat ketika Kamu menjumpai kekosongan posisi dalam suatu jabatan di perusahaan dan menginginkan untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut. 

Lalu, kesalahan apa sih yang paling umum atau paling sering ditemui dalam sebuah surat lamaran kerja?

Berdasarkan contoh surat lamaran kerja umum yang tampilkan di atas, kesalahan umum yang seringkali dijumpai dalam sebuah surat lamaran kerja adalah kesalahan struktur pembuatan dan juga tata bahasa yang digunakan oleh para pelamar atau calon pekerja. Padahal dua hal tersebut menjadi hal yang sangat krusial bagi sebuah surat lamaran pekerjaan. 

Karena hal itulah, penting adanya bagi Sahabat untuk selalu melihat referensi atau contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar sebanyak mungkin untuk dapat menghindari kesalahan dalam pembuatan struktur surat dan juga tata bahasanya. 

Perlu diingat lagi jika contoh surat lamaran kerja umum ini merupakan surat lamaran kerja yang dibuat dalam format dan bahasa full Indonesia. Bagi Sahabat yang ingin melamar kerja dengan bahasa Inggris, maka formatnya akan berbeda. 

Sahabat bisa melihat contoh dalam bahasa Inggris yang juga banyak sekali dimuat di internet. Kuncinya adalah perbanyak referensi Sahabat dalam proses pembuatan surat lamaran pekerjaan itu. Jangan sampai Sahabat gagal diterima disuatu perusahaan hanya karena surat lamaran Sahabat tidak memenuhi syarat. 

Nah, itulah beberapa contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar yang bisa Sahabat jadikan referensi. Selain menulis surat lamaran kerja, jangan lupa pula menuliskan curriculum vitae yang menarik. Biasanya banyak HRD akan luluh seketika melihat CV atau daftar riwayat hidup yang menarik. 

 Semoga bisa menjadi contoh yang baik bagi Sahabat yang sedang melamar atau mencari pekerjaan, dan tetap semangat dalam mencari pekerjaan! Jangan menyerah! 

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku