TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Beberapa Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar


Salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari proses untuk mencari kerja adalah pembuatan surat lamaran kerja. Walaupun terdengar sepele, akan tetapi surat lamaran pekerjaan yang Anda buat sebenarnya bisa menjadi penentu apakah Anda diterima disuatu perusahaan atau tidak. Banyak sekali contoh surat lamaran kerja umum yang bisa Anda lihat.

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, biasanya akan ada beberapa hal penting yang terlewatkan oleh banyak sebagian orang. Maka dari itulah, penting kiranya bagi Anda untuk melihat bagaimana contoh yang baik dan benar sehingga bisa menghindari kesalahan dalam pembuatannya. Kesalahan kecil dalam pembuatan surat lamaran kerja tentulah akan berdampak dengan diterima atau tidaknya Anda. Untuk itu, penting untuk memerhatikan detail isian dari surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum untuk Referensi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa membuat suatu surat lamaran pekerjaan merupakan hal yang seringkali banyak diremehkan oleh banyak pencari kerja. Padahal, surat lamaran ini menjadi suatu hal yang sangat penting dalam proses penilaian suatu calon pelamar pekerjaan. Nah, bagi Anda yang ingin membuat surat lamaran pekerjaan, berikut ini merupakan beberapa contoh yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Contoh 1

Malang, 23 September 2016

Hal : Permohonan Pekerjaan

Kepada. Manajer HRD

CV. Mujur Perkasa

Jl. Jombang No 12

Malang

 

Dengan Hormat,

Berdasar iklan dari lowongan pekerjaan oleh PT. Mujur Perkasa, yang dimuat dalam Radar Malang tanggal 19 September 2016. Maka dengan ini, saya ingin bisa menjadi salah satu anggota Tim Accounting dari CV. Mujur Perkasa. Adapun berikut ini adalah kelengkapan diri saya:


Nama                                : Lalisa Manoban, S.E

Tempat Tanggal Lahir    : Jakarta, 27 Maret 1995

Umur                                 : 24 tahun

Alamat                              : Perumahan Arjosari Malang

Pendidikan                       : Universitas Negeri Malang (S1)

No. Telepon                     : 081215773423

E-mail                               : Lalisam@gmail.com


Saya berada dalam kondisi yang baik, yakni sehat jasmani dan rohani serta memiliki keahlian dalam Bahasa Inggris baik secara lisan ataupun tertulis. Selain itu, predikat lulusan saya dari UM juga terbilang sangat memuaskanKemampuan akuntansi saya cukup baik dan saya juga mampu mengoperasikan paket MS. Office dengan baik. Kemampuan bekerja saya juga bisa dilakukan secara mandiri ataupun kelompok. Sebagai pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampirkan dokumen pendukung:


1.    Pas foto 4x6 1 lembar

2.    Curriculum Vitae

3.    Fotocopy KTP

4.    Fotocopy ijazah S1

5.    Fotocopy transkrip nilai

6.    Fotocopy sertifikat pendukung


Sangat besar harapan yang saya miliki agar agar Bapak/Ibu pimpinan perusahaan bersedia meluangkan sedikit waktunya guna memberikan kesempatan saya untuk menjelaskan secara langsung dan juga terperinci segala mengenai potensi saya. 

Sekian surat permohonan pekerjaan ini saya sampaikan, dan saya ucapkan terima kasih untuk perhatian yang diberikan.


Hormat saya,

 

Lalisa Manoban, S.E.

Contoh 2

Kemudian, contoh yang kedua adalah saat surat lamaran kerja itu Anda buat untuk mengisi kekosongan jabatan di sebuah perusahaan. Terkadang ada dimana sebuah perusahaan membutuhkan seseorang untuk melengkapi formasi dalam timnya karena mungkin ada seorang yang keluar dari tim tersebut. Format dan isinya hampir sama, namun lebih lengkapnya bisa dilihat dibawah ini.


Jakarta, 23 September 2017

Kepada:

Direktur PT. Tiara Jaya,

Jl. H. Agus Salin No. 12 Karawang

Perihal           : Permohonan Kerja

Lampiran       : 5 (lima) berkas

 

Saya, yang  bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                  : Jennie Anastasya, S.E

Tempat Tanggal Lahir      : Jakarta, 16 Januari 1995

Alamat                                : Jl. LetJend Suprapto No. 13 Karawang

Pendidikan                        : S2 Akuntansi


Dengan surat pengajuan permohonan pekerjaan ini, dan informasi lowongan pekerjaan terkait dengan adanya kekosongan formasi/jabatan, maka dengan surat ini saya mengajukan diri mengisi kekosongan jabatan atau formasi tersebutSaya memiliki kemampuan yang baik dalam hal desain web, grafis, serta memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengolah data di Microsoft Excel, Microsoft Word, dan juga ditambah dengan kemampuan yang baik dalam Bahasa Inggris secara lisan ataupun tertulis. Sebagai pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung diantaranya :


1. Daftar riwayat hidup

2. Pas foto bewarna 3x4

3. FC KTP

4. FC ijazah 1 lembar

5. FC sertifikat pendukung    


Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini. Semoga dapat menjadi pertimbangan agar saya dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk segala perhatiannya saya sampaikan terima kasih.


Hormat Saya,

 

Jennie Anastasya, S.E

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Dua contoh diatas merupakan surat lamaran kerja yang memiliki tujuan berbeda dalam pembuatannya. Yang mana hal ini bisa terjadi pada siapa pun yang memang sedang mencari pekerjaan. Contoh yang pertama merupakan surat lamaran kerja yang bisa Anda buat ketika Anda sudah bekerja di tempat tertentu akan tetapi karena alasan satu dan lain hal Anda tetap ingin mengajukan surat lamaran kerja di perusahaan yang lain. Sementara itu, contoh yang kedua adalah surat lamaran kerja yang bisa Anda buat ketika Anda menjumpai kekosongan posisi dalam suatu jabatan di perusahaan dan menginginkan untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut.


Lalu, kesalahan apa sih yang paling umum atau paling sering ditemui dalam sebuah surat lamaran kerja?

Berdasarkan contoh surat lamaran kerja umum yang tampilkan diatas, kesalahan umum yang sering kali dijumpai dalam sebuah surat lamaran kerja adalah kesalahan struktur pembuatan dan juga tata bahasa yang digunakan oleh para pelamar atau calon pekerja. Padahal dua hal tersebut menjadi hal yang sangat krusial bagi sebuah surat lamaran pekerjaan. Karena hal itulah, penting adanya bagi Anda untuk selalu melihat referensi atau contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar sebanyak mungkin untuk dapat menghindari kesalahan dalam pembuatan struktur surat dan juga tata bahasanya.


Perlu diingat lagi jika contoh surat lamaran kerja umum ini merupakan surat lamaran kerja yang dibuat dalam format dan bahasa full Indonesia. Bagi Anda yang ingin melamar kerja dengan bahasa Inggris, maka formatnya akan berbeda. Anda bisa melihat contoh dalam bahasa Inggris yang juga banyak sekali dimuat di internet. Kuncinya adalah perbanyak refernsi Anda dalam proses pembuatan surat lamaran pekerjaan itu. Jangan sampai Anda gagal diterima disuatu perusahaan hanya karena surat lamaran Anda tidak memenuhi syarat.


Nah, itulah beberapa contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar yang bisa Anda jadikan referensi. Selain menulis surat lamaran kerja, jangan lupa pula menuliskan curriculum vitae yang menarik. Biasanya banyak HRD akan luluh seketika melihat CV atau daftar riwayat hidup yang menarik. Semoga bisa menjadi contoh yang baik bagi Anda yang sedang melamar atau mencari pekerjaan, dan tetap semangat dalam mencari pekerjaan! Jangan menyerah!


Baca juga : Jadikan CV-mu Kunci Menuju Kesuksesan

 

2019-08-07 01:48:00