Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
10 Permainan Anak-Anak Indonesia Sebelum Adanya Gadget
09 Juni 2020
permainan anak anak

Sebelum game berbasis gadget merebak, anak-anak Indonesia dahulu lazim memainkan permainan tradisional. Permainan tradisional asli Indonesia sendiri sangat beragam. Setiap daerah pasti punya minimal satu permainan tradisional yang lazim dimainkan anak-anak.

Pada artikel ini, kami akan sajikan list permainan anak-anak di Indonesia, terutama yang lazim dimainkan sebelum adanya game berbasis gadget. List tersebut bisa Sahabat simak langsung di bawah ini!

1. Layangan

Sumber Gambar: https://www.denpasarkota.go.id/berita/baca/17232

Permainan anak yang pertama di daftar ini adalah layangan. Permainan ini lazim dimainkan anak laki-laki, serta lazim dilakukan di lapangan terbuka. Tak jarang, permainan ini juga lazim dilakukan di loteng rumah.

2. Gasing

Sumber Gambar: https://garuttrip.com/2019/06/12/permainan-tradisional-khas-sunda-gasing/

Di beberapa tempat, permainan ini lazim dikenal dengan nama lain. Di Jakarta misalnya. Di sana, gasing lazim dikenal dengan sebutan panggal. Sementara itu, orang Lampung lazim mengenali permainan ini dengan nama pukang. Permainan ini lazim dimainkan perseorangan maupun beramai-ramai. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun tak jarang juga memainkan permainan satu ini.

3. Petak Umpet

Sumber Gambar: http://cerita-seram-sederhana.blogspot.com/2017/06/doni-dan-petak-umpet.html

Orang Sunda mengenal permainan ini dengan sebutan ucing sumput. Permainan ini wajib dimainkan oleh beberapa orang. Satu orang akan menutupkan matanya dengan lengan yang disandarkan di tembok. Selama menutup mata, orang tersebut mesti berhitung hingga 10, 20, atau lebih. Tergantung kesepakatan bersama.

Beberapa orang lainnya akan bersembunyi di tempat yang sulit ditemukan. Si orang yang sebelumnya telah berhitung lantas mencari orang-orang yang telah bersembunyi.

4. Lompat Tali

Sumber Gambar: https://www.keluargacaplang.com/permainan/lompat-tali-merdeka-jARv8

Sesuai namanya, permainan ini memakai tali sebagai alat utama. Permainan ini umumnya dimainkan oleh perempuan. Namun, tak jarang laki-laki pun juga memainkan permainan ini. Permainan ini dilakukan dengan cara melompati tali dengan ketinggian tertentu. Kadangkala tali diputar-putar untuk menambah tingkat kesulitan permainan.

5. Bentengan

Sumber Gambar: https://kissparry.com/2017/03/15/permainan-tradisional-bentengan/

Seperti petak umpet, permainan satu ini juga mesti dilakukan oleh banyak orang. Dalam permainan ini, orang-orang yang terlibat pada permainan ini akan dibagi dua grup. Masing-masing grup harus terdiri atas 4 atau 5 orang.

Tiap grup mesti memiliki benteng-bentengan. Benteng-bentengan sendiri bisa berupa pilar, tiang, pohon, maupun tembok. Setelah memiliki benteng masing-masing, kedua grup lantas menyerang dan merebut benteng milik lawan.

6. Congklak

Sumber Gambar: https://tgrcampaign.com/read/78/manfaat-permainan-congklak

Selain lompat tali, permainan satu ini juga lazim dimainkan oleh perempuan. Permainan ini dilakukan dengan cara menaruh biji-bijian ke tiap lubang yang ada pada papan congklak. Papan congklaknya sendiri lazim dibuat kayu ataupun plastik.

7. Kelereng atau Gundu

Sumber Gambar: 

https://nasional.okezone.com/read/2017/04/21/337/1673626/top-files-sejarah-panjang-permainan-kelereng-begini-faktanya

Kalau yang satu ini lazim dimainkan oleh anak laki-laki. Cara melakukan permainan ini adalah dengan menyentil satu kelereng ke tumpukan kelereng yang diletakkan di tempat yang agak jauh. Setiap kelereng yang lepas dari tumpukan kelereng itu bisa dimiliki oleh mereka yang berhasil melepaskannya. Kelereng-kelereng tersebut bisa dijadikan koleksi pribadi ataupun dijual.

8. Egrang

Sumber Gambar: 

https://indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/1199/egrang-yang-mengubah-desa-buruh-migran

Permainan satu ini tak hanya dimainkan di waktu senggang. Tetapi, juga lazim dilombakan di ajang 17 Agustusan. Permainan ini dilakukan dengan cara berjalan di atas dua galah atau tongkat. Galah atau tongkat tersebut diposisikan secara vertikal, serta dilengkapi dengan pijakan kaki. 

Pijakan kaki itulah yang harus dipakai, kalau ingin bisa berjalan dengan dua galah atau tongkat itu. Perlu keseimbangan yang baik untuk bisa melakukan permainan ini. 

Walau begitu, Sahabat bisa melatihnya dengan baik di lapangan maupun di tempat yang luas. Pastikan untuk melakukannya dengan bantuan orang lain, agar Sahabat tidak mudah terjatuh sat latihan nanti.

9. Ular Naga

Sumber Gambar: https://www.keluargacaplang.com/permainan/ular-naga-BkVnl

Ini adalah permainan lainnya yang lazim dimainkan beramai-ramai. Pada permainan ini, beberapa orang mesti membuat barisan memanjang layaknya ular. Barisan itu lantas mesti melewati terowongan yang dibuat oleh dua orang.

Selain membuat terowongan, dua orang tersebut juga akan menyanyikan lagu untuk mengiringi barisan yang melintas. Saat lagu habis, akan ada satu orang dalam barisan yang bakal ditangkap oleh terowongan tersebut.

Orang tersebut nantinya harus memilih, apakah masuk tim A atau tim B. Hal itu mesti dilakukan hingga barisan ular naga habis. Tim yang anggotanya paling sedikit nantinya harus menangkap tim yang anggotanya paling banyak.

10. Gobak Sodor

Sumber Gambar: 

https://mediacenter.slemankab.go.id/melatih-fisik-dan-mental-dengan-gobak-sodor/

List permainan tradisional terakhir di artikel ini adalah gobak sodor. Boleh dibilang kalau permainan ini sudah semakin jarang dimainkan anak zaman sekarang. Tak seperti layangan atau egrang yang masih sering dimainkan.

Permainan ini hampir mirip dengan permainan benteng. Adapun yang menjadi pembeda adalah tidak adanya benteng pada permainan gobak sodor. Pada gobak sodor, salah satu kelompok mesti melewati hadangan kelompok lain, agar bisa melewati garis hingga baris terakhir.

Permainan ini lazim dilakukan di lapangan bulu tangkis ataupun lapangan yang telah diberi garis. Di beberapa tempat, permainan ini juga lazim disebut 

Permainan Online Anak yang Saat Ini Lazim Dimainkan Anak-Anak

Sejumlah permainan yang telah kami sebutkan sebagian ada yang masih dimainkan. Sebagian lainnya mulai jarang atau bahkan nyaris tak pernah dimainkan lagi.

Saat ini, anak-anak lebih sering bermain game secara online. Terutama, via gadget mereka. Selain seru, game online kini lebih dipilih karena dianggap praktis. Anak-anak tak perlu keluar rumah dan berkeringat untuk memainkannya.

Ada beberapa game online yang kini lazim dimainkan anak-anak. Beberapa game online itu adalah:

  • Mobile Legends

Sumber Gambar

https://akurat.co/iptek/id-1215016-read-games-mobile-legends-bang-bang-rilis-project-next-hari-ini-apa-itu

Game online pertama yang saat ini lazim dimainkan adalah Mobile Legends. Permainan ini menuntut tiap pemainnya untuk menghancurkan “base” lawan. Sambil tetap mempertahankan “base” mereka sendiri. 

Lawannya sendiri lazimnya adalah orang lain yang juga memainkan game satu ini. Tak hanya dimainkan di ponsel, game satu ini juga bisa dimainkan di laptop atau PC.

  • Minecraft

Sumber Gambar: 

https://tirto.id/menciptakan-dunia-dan-menghancurkannya-dengan-minecraft-elP2

Game online satu ini merupakan game bergenre arcade dengan ciri khas berupa grafiknya yang jadul. Walau terlihat jadul, game satu ini punya gameplan yang cukup ciamik. Pada permainan ini, setiap pemain akan melewati berbagai macam bioma Minecraft. Mulai dari Forest, Jungle, Warped Forest, hingga Soul Sand Forest.

Minecraft juga menuntut pemainnya untuk melakukan sejumlah kegiatan. Mulai dari bercocok tanam sampai melawan musuh. Musuhnya sendiri bisa siapa saja. Entah itu komputer ataupun orang lain yang juga memainkan game ini.

  • Fortnite Battle Royale

Sumber Gambar: https://esportsobserver.com/fortnite-br-history-part2/

Game yang lebih dikenal dengan nama Fortnite ini menuntut pemainnya untuk membangun banyak bangunan. Selain itu, pemain juga harus mengumpulkan resources agar bangunan tersebut tetap utuh.

Sudah banyak versi dari permainan ini. Salah satunya adalah Fortnite: Save The World. Dalam versi ini, pemain tak hanya membangun banyak bangunan. Tetapi, juga menyerang parang zombie yang bisa merusak bangunan.

  • PUBG

Sumber Gambar:  

https://teknologi.bisnis.com/read/20201126/564/1322812/hati-hati-ancaman-siber-berkedok-hadiah-game-pubg

Game bernama lengkap Player Unknown’s Battlegrounds ini menuntut para pemainnya untuk mendapatkan Chicken Dinner. Caranya, adalah dengan mampu bertahan hidup melampaui 99 pemain lainnya. Permainan ini memang melibatkan pemain hingga 100 pemain. Konon, game satu ini terinspirasi dari film Battle Royale yang dirilis di Jepang.

Baca juga : 7 Mainan Edukatif, Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku