Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
02 Maret 2020
doa perjalanan

Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau Safar itu salah satu hal yang dianjurkan oleh junjungan kita, Nabi Muhammad SAW. Terutama perjalanan dengan tujuan mulia dan diawali dengan doa perjalanan memohon keberkahan dari Sang Maha Pencipta. Bukan tanpa alasan Rasulullah menganjurkan umatnya untuk bepergian ke suatu tempat. Bepergian memiliki segudang manfaat yang tidak hanya baik untuk menjalin silaturahmi, tapi juga baik untuk kesehatan jiwa dan raga kita. Berikut merupakan manfaat bepergian dalam Islam.

Manfaat Melakukan Perjalanan

Berikut merupakan manfaat bepergian dalam Islam.

Menghilangkan gelisah

Safar bermanfaat untuk menghilangkan gelisah. Bepergian terbukti bisa menghilangkan penat dan mengusir kegundahan. Orang yang sering melakukan perjalanan lebih bahagia daripada orang yang hanya duduk manis di rumah. itulah salah satu alasan kenapa Rasulullah menganjurkan umatnya untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat.

Salah satu contoh yang sering kita temui terkait manfaat safar yang bisa menghilangkan gelisah adalah ketika kita mendengar saudara kita sedang sakit atau tertimpa musibah di tempat yang jauh dengan kita. Dengan melakukan perjalanan ke tempat saudara tersebut dan melihat sendiri kondisinya, hal ini tentu akan mengurangi rasa khawatir dan gelisah yang kita alami. 

Mengerti arti kehidupan

Manfaat bepergian yang selanjutnya adalah kita menjadi lebih mengerti tentang arti kehidupan. Kita semakin menyadari bahwa hidup ini seperti sebuah perjalanan. Kita hanya sebentar mampir untuk urusan tertentu. Jika nanti urusan kita sudah selesai, kita akan kembali pulang ke rumah. Begitu juga dengan kehidupan kita di dunia ini. Dunia ini hanya sementara. Jika urusan kita di dunia ini sudah selesai, kita akan kembali kepada Yang Maha Esa. 

Mendapatkan ilmu

Ketika melakukan perjalanan, kita akan bertemu dengan orang lain, baik orang baru maupun teman lama. Biasanya juga, kita akan terlibat obrolan seru yang tentang segala hal. Nah, secara tidak langsung telah terjadi pertukaran ide dan gagasan dalam obrolan selintas selama di perjalanan ini. Bahkan kita sendiri pun tidak mengira akan mendapatkan ilmu baru dari perjalanan yang kita lakukan ini. Bisa dibilang ini adalah bonus perjalanan. 

Menambah wawasan soal etika

Selain menambah wawasan soal pengetahuan umum, wawasan kita tentang etika pun akan ikut bertambah. Berbeda tempat,berbeda pula etika dan norma yang dianutnya. Dengan bepergian, Sahabat bisa tahu mengenai hal ini. Meskipun kini sudah banyak buku yang mengulas hal serupa, akan lebih puas rasanya jika kita mendapatkannya langsung di tempat asalnya. Selain tahu, kita juga bisa mempraktekkannya secara langsung.

Menambah kawan

Bepergian juga bermanfaat bagi kita yang ingin mencari kawan baru. Bepergian memberikan kesempatan pada kita untuk bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang suku, ras, dan agama. Pertemanan kita akan semakin beragam dan koneksi kita akan semakin luas. Hal ini sangat berguna membentuk pola pikir lebih terbuka.

Anjuran Dalam Bepergian

Membaca doa perjalanan

Sebelum melakukan bepergian, kita dianjurkan untuk membaca doa perjalanan. Tujuannya tentu saja mengharap keselamatan dari Sang Pemberi Hidup. Kita tentu tahu insiden kecelakaan yang merenggut nyawa tidak terjadi sekali dua kali, namun bisa dibilang cukup sering. Meskipun sudah berhati-hati selama berada di perjalanan, kita tidak pernah tahu marabahaya yang mungkin terjadi.

Dengan membaca doa, kita mengharap agar selamat sampai tempat tujuan hingga kembali lagi sampai di rumah. Ada tiga jenis doa yang sebaiknya kamu baca, yaitu :

1. Doa keluar rumah

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim

2. Doa naik kendaraan

Doa naik kendaraan dibedakan berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan. Jika menggunakan transportasi darat, doa yang dibaca adalah doa naik kendaraan darat. Begitu juga ketika naik transportasi udara dan laut.

Berdoa

Salah satu doa yang dikabulkan adalah doa orang yang melakukan perjalanan. Oleh karena itu, disunnahkan bagi kita yang sedang melakukan perjalanan untuk memanjatkan doa. Boleh doa apapun, termasuk berdoa memohon keinginan yang belum kita dapatkan.

Jangan sia-siakan kesempatan ini. Manfaatkan perjalanan sebaik-baiknya dengan memanjatkan doa kepada Tuhan terkait dengan keinginan kita. Insya Allah, doa kita akan dikabulkan oleh Allah yang maha pemurah.

Melakukan perjalanan di malam hari

Ketika memilih waktu untuk melakukan perjalanan, Rasulullah menyarankan untuk melakukannya pada waktu malam. Dianjurkannya hal ini bukan tanpa alasan. Menurut salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Al Hakim, Rasulullah menganjurkan bepergian pada malam hari karena perjalanan akan terasa lebih cepat dibandingkan dengan siang hari.

Bepergian di malam hari juga lebih nyaman karena hawanya yang sejuk, tidak terik seperti saat siang hari. Bagi seorang muslim, bepergian di malam hari juga sangat menguntungkan karena tidak bertabrakan dengan waktu shalat. Kita bisa tidur selama di perjalanan dan tidak khawatir ketinggalan waktu shalat. 

Melakukan perjalanan pada hari Kamis

Sunnah lainnya yang sebaiknya kita ikuti juga adalah melakukan perjalanan pada hari Kamis. Belum ada alasan yang pasti kenapa Rasulullah sering memilih hari Kamis ketika hendak bepergian. Namun seperti yang kita tahu, hari Kamis memiliki keistimewaannya sendiri. Beberapa diantaranya adalah :

1. Hari dibukanya pintu surga

2. Hari diperiksanya amal manusia

3. Hari yang disunnahkan untuk puasa

Meskipun ada anjuran demikian, bukan berarti kita tidak boleh melakukan perjalanan selain di hari Kamis. Rasulullah pun memilih bepergian di hari-hari lainnya, seperti jumat dan sabtu. Hanya saja, yang paling sering dipilih oleh beliau adalah hari Kamis.

Tidak bepergian sendirian

Rasulullah juga menganjurkan untuk tidak bepergian sendiri. Anjuran ini tidak hanya berlaku bagi kaum perempuan, tapi juga kepada laki-laki. Ketika kita bepergian sendirian tanpa kawan, mudharat-nya lebih besar daripada bepergian bersama dengan orang banyak. Dengan tidak bepergian sendirian, kita bisa saling membantu dan saling mengingatkan.

Membaca zikir selama di perjalanan

Selain membaca doa perjalanan jauh, kita juga dianjurkan untuk membaca zikir selama di perjalanan. Tujuannya sama, yaitu mengharap diberi keselamatan selama di perjalanan. Daripada kita bengong saja selama di perjalanan, tentu lebih berfaedah jika kita banyak melantunkan zikir dan shalawat.

Nah, itulah enam anjuran atau sunnah dalam bepergian. Karena hukumnya sunnah, kita boleh melakukannya, boleh juga tidak. Namun akan lebih utama jika kita melakukan anjuran tersebut. selain menambah pahala karena kita mengikuti hal yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, Allah juga akan menjaga diri kita dari bahaya yang mungkin terjadi selama dalam di jalan. Perjalanan kita pun rasanya akan semakin berkah karena Allah bersama menyertai kita.

Demikianlah  doa perjalanan sesuai sunnah beserta manfaat yang bisa kita peroleh apabila kita melakukan perjalanan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca juga : Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku