TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Mengenal 10 Jenis Permainan Anak-Anak Perempuan yang Edukatif


Semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi membuat anak-anak kecil sekarang ini lebih memilih bermain gadget daripada permainan lainnya. Padahal ada banyak jenis permainan anak anak perempuan yang bisa Sahabat pilihkan untuk buah hati yang bisa mengasah kemampuan motorik halus dan juga daya kreativitasnya.

Permainan Anak-anak Perempuan yang Edukatif

Nah, untuk Sahabat para orang tua yang memiliki anak perempuan dan sedang dalam masa aktifnya mengeksplor segala sesuatu, berikut 10 jenis permainan untuk anak-anak perempuan yang tidak hanya menyenangkan tapi juga edukatif.

1. Masak-masakan 

Permainan yang pertama tentu saja adalah masak-masakan. Jenis permainan ini sangat identik dilakukan oleh anak-anak perempuan. Bahkan tanpa diajari pun, anak perempuan secara naluriah akan bermain masak-masakan, baik dengan teman sebayanya maupun bermain sendiri. Tahukah Sahabat, bermain masak-masakan ternyata punya manfaat yang banyak lho. Anak yang bermain masak-masakan secara tidak langsung mengasah kemampuan kreativitas dan daya imajinasinya. Mereka biasanya menggunakan peralatan seadanya dan bertingkah seolah-olah sedang benar-benar memasak. Mereka juga biasanya membangun sebuah cerita untuk mendukung kegiatan bermain mereka. Selain itu, bermain masak-masakan juga mampu mengembangkan motorik halus pada anak. Jenis permainan ini bukan hanya duduk diam, tapi butuh pergerakan sehingga motorik anak akan terasah. Jadi, jika anak perempuan Anda mengotori rumah karena sedang bermain masak-masakan, biarkan saja, karena hal tersebut sangat berguna untuk melatih kreativitas dan motorik halus anak Sahabat.

2. Rumah-rumahan

Jenis permainan apalagi yang paling sering dimainkan oleh anak perempuan? Yap, rumah-rumahan. Sepertinya anak-anak perempuan ini memiliki naluri mengurus hal-hal yang bersifat domestik sejak kecil. Hal ini bisa dibuktikan dari jenis permainannya yang tidak jauh-jauh dari dapur dan rumah. Main masak-masakan rasanya kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan main rumah-rumahan. Meskipun rumah jadi berantakan karena anak perempuan Anda bermain rumah-rumahan, Anda tidak perlu pusing. Jangan pula buru-buru membersihkannya sebelum si kecil selesai bermain.


Bermain rumah-rumahan sangat berguna untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak. Anak akan mengajak teman-temannya untuk ikut serta dalam permainan. Namun ada juga yang mengajak serta seluruh boneka yang dimilikinya untuk bermain rumah-rumahan. Jenis permainan ini juga mampu membuktikan kepada Anda bahwa anak adalah agen imitasi paling baik. Anda akan menyadari bahwa yang anak Anda lakukan selama bermain rumah-rumahan adalah hasil meniru kesibukan Anda setiap harinya. Jadi, Anda perlu memberikan contoh yang baik kepada anak perempuan Anda. Selain mengasah kemampuan berkomunikasinya, bermain rumah-rumahan juga mampu meningkatkan kreativitas anak. Biasanya anak akan berimajinasi dan memposisikan dirinya seakan-akan berada dalam situasi tertentu.

3. Permainan tepuk tangan

Jenis permainan anak anak perempuan yang selanjutnya adalah permainan tepuk tangan. Sebenarnya permainan tepuk tangan ini sifatnya universal. Bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Sebagai orang tua, Anda perlu mengajarkan permainan ini kepada buah hati Anda. Permainan ini sifatnya turun temurun. Kalau Anda tidak mengajarkannya kepada buah hati Anda, mereka mungkin tidak akan mengenal permainan ini. Permainan tepuk tangan ini akan mengasah kemampuan anak dalam mengingat sesuatu karena main tepuk tangan memang butuh hafalan. Ajarkan anak Anda permainan ini dan lihat bagaimana keceriaan menghiasi wajah-wajah mungil mereka yang menggemaskan.

4. Dress-up

Masak-masakan dan rumah-rumahan sudah. Masih ada jenis permainan lain yang juga cukup sering dimainkan oleh para anak perempuan. Permainan tersebut adalah dress up atau bermain menjadi putri raja. Tidak dipungkiri anak perempuan suka sekali berdandan. Mereka biasanya suka berimajinasi menjadi seorang princess. Anda sebagai orang tua sebaiknya tidak melarang ketika anak perempuan Anda sedang hobi bermain dress up. Hal ini sangat berguna agar anak Anda tidak segan-segan menunjukkan ekspresi mereka, terlebih kepada orang tuanya.

5. Finger painting 

Permainan lainnya yang tidak kalah seru adalah bermain finger painting. Sesuai dengan namanya, permainan ini merupakan jenis permainan mewarnai namun dengan media tangan. Pilih cat atau pewarna yang aman untuk anak-anak agar mereka bisa bermain dengan aman dan nyaman. Anak perempuan Anda pasti akan sangat senang jika diajak bermain finger painting ini. hampir semua anak kecil suka sekali dengan warna-warna yang cerah. Selain membuat anak Anda bahagia dan senang, permainan ini juga bisa mengembangkan motorik halus anak dan juga meningkatkan kreativitas buah hati Anda.

6. Mengasah kreativitas dengan permainan lilin

Permainan anak anak perempuan lainnya yang juga bisa mengasah kreativitas anak adalah permainan lilin. Anda hanya butuh lilin khusus yang aman untuk anak-anak dan biarkan buah hati Anda membuat bentuk-bentuk dari lilin tersebut sesuka hatinya. Jangan batasi daya kreativitas dan imajinasi anak Sahabat. Dengan membiarkannya berekspresi sesuka hati, Anda juga turut mengajarkan buah hati Anda agar bisa mengekspresikan dirinya tanpa takut dinilai buruk oleh orang lain. Juga, permainan jenis ini mampu mengasah kemampuan motorik halus sang anak.

7. Bermain bentuk dengan mencetak pasir

Masih sejenis dengan permainan lilin, Anda bisa menggunakan media berupa pasir. Sekarang ini sudah banyak media pasir yang didesain khusus ramah anak. Biasa dikenal dengan sebutan pasir ajaib. Berbeda dengan lilin yang bisa dibentuk sesuka hati, media pasir ini butuh cetakan agar bisa menghasilkan bentuk tertentu. Untuk menciptakan suasana baru, Anda bisa mengajak anak ke pantai dan bermain pasir pantai di sana. Mereka bebas membangun istana dari pasir pantai dan Anda sebagai orang tua hanya perlu mengawasinya sembari menikmati semilir angin pantai.

8. Permainan susun blok

Ada juga jenis permainan susun blok. Permainan ini berguna untuk mengasah kemampuan kreativitas anak. Sama seperti jenis permainan lilin dan mencetak pasir, anak perempuan Anda akan bebas menyusun blok sesuka hati mereka. Tidak ada kata bosan karena blok bisa disusun sekehendak hati mereka.

9. Bermain boneka

Bermain boneka bisa dikatakan sebagai permainan wajib anak perempuan. Jika anak laki-laki dibelikan mobil-mobilan, anak perempuan biasanya mendapatkan hadiah berupa boneka. Mulai dari boneka barbie hingga boneka dengan ukuran super besar yang bisa menjadi teman tidur mereka. Anak perempuan biasanya akan mengajak koleksi bonekanya untuk bermain rumah-rumahan. Si anak berperan sebagai orang tuanya dan bonekanya berperan sebagai anaknya. Sering juga mereka mendAndani boneka mereka sedemikian rupa agar terlihat cantik.

10. Bermain di taman bunga 

Perempuan identik dengan keindahan. Mereka menyukai segala sesuatu yang indah. Salah satunya bunga. Ajak anak Anda untuk bermain di taman bunga dan lihat ekspresi kegembiraan terpancar di wajah anak perempuan Anda. Atau bisa juga Anda mengajarkan sekalian untuk berkebun di taman rumah sehingga mereka bebas bermain di taman bunga milik sendiri.

Nah, itulah 10 jenis permainan anak anak wanita yang bisa Sahabat pilihkan untuk anak perempuan Anda. Daripada memberikan gadget kepada anak yang hanya demi melihat anak Anda duduk manis dan rumah tetap dalam kondisi rapi, lebih baik biarkan buah hati mengeksplorasi kreativitas mereka. Rumah yang berantakan bisa dibenahi. Berbeda dengan masa kecil anak yang tidak akan bisa terulang lagi.


Baca juga : Anak Perempuan Juga Bisa Ikut Melakukan 10 Permainan Anak Laki-Laki Ini

2019-08-16 02:07:54