Press Release

Hingga Oktober 2020, Pasar Penjualan Ritel Daihatsu Naik Jadi 18%

Statistik resesi GDP

JAKARTA (19/11): Menjelang akhir tahun 2020, Pasar otomotif mulai memasuki masa pemulihan dengan kenaikan pasar secara bertahap sejak sebelumnya sempat berada pada titik terendahnya di Kuartal II lalu karena kondisi pandemi Covid-19.

Secara nasional, penjualan otomotif mengalami pemulihan menuju tren positif pada Oktober dibandingkan September lalu. Kenaikan pasar terjadi pada retail sales sebesar 6% menjadi sekitar 46 ribu unit, dan pada wholesales sebesar 1% menjadi sekitar 49 ribu unit. 

Pada penjualan periode Januari – Oktober 2020, Daihatsu tetap mempertahankan posisi peringkat 2 penjualan otomotif nasional dengan capaian retail sales sebesar 81.623 unit, atau peningkatan market share menjadi 18% dibandingkan periode sama tahun 2019 lalu sebesar 16,9%. Sedangkan pada whole sales, secara total mencapai 77.471 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,4% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019 lalu sebesar 17,7%.

Pemulihan pasar otomotif juga sejalan dengan pemulihan perekonomian Indonesia secara bertahap. Sebagaimana diiformasikan oleh pemerintah Indonesia, laju pertumbuhan ekonomi yang tercermin pada PDB (Produk Domestik Bruto) secara YoY (Year on Year) walaupun memasuki kondisi resesi, namun terjadi peningkatan positif juga dimana pada Kuartal II berada di -5,32% menjadi -3,49% pada Kuartal III.

Selain itu, menurut laporan yang dikeluarkan oleh lembaga internasional seperti WEO – IMF (World Economy Outlook International Monetary Fund) pada Oktober 2020, persentase penurunan ekonomi Indonesia sebesar -1,7%, dapat dikatakan bahwa kondisi perekonomian Indonesia relatif lebih baik dibandingkan kondisi perekonomian negara lainnya. 

Kenaikan pada segmen komersil juga terjadi pada Daihatsu. Secara bulanan, retail sales Daihatsu pada Oktober 2020 tercatat sebanyak 8.135 unit, dengan Gran Max Pick Up kontributor di peringkat pertama yakni sebanyak 2.827 unit, atau berkontribusi sebesar 34,8%, disusul Sigra sebesar 1.782 unit (21,9%), dan Ayla 1.013 unit (12,5%).

“Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatatkan hasil positif. Kami berharap peningkatan penjualan di sektor otomotif dapat membantu pemulihan perekonomian Indonesia secara keseluruhan”, ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Others Press Release
Daihatsu Berikan Edukasi Memilih Suku Cadang Asli ke Sahabat Klub
Daihatsu Berikan Edukasi Memilih Suku Cadang Asli ke Sahabat Klub
Kegiatan ini menjadi ajang edukasi dalam membuka wawasan Sahabat komunitas tentang pentingnya penggunaan suku cadang asli sekaligus menunjukkan bagaimana Daihatsu menjaga standar kualitas suku cadang hingga sampai ke tangan konsumen.
Daihatsu Perkuat Komitmen Pendidikan Vokasi Lewat Sustainovation Dojo
Daihatsu Perkuat Komitmen Pendidikan Vokasi Lewat Sustainovation Dojo
Dalam menghadapi era industri yang menuntut kecepatan adaptasi dan kompetensi tinggi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus memperkuat kontribusinya di bidang pendidikan vokasi melalui inisiatif Sustainovation Dojo di Astratech.
Dua Sahabat Beruntung Bawa Pulang Mobil Modifikasi Eksklusif Daihatsu
Dua Sahabat Beruntung Bawa Pulang Mobil Modifikasi Eksklusif Daihatsu
Daihatsu menghadirkan dua program spesial bertajuk Gebyar Merdeka dan Super Giveaway Bahagia Sejak Pertama.
Daihatsu Raih Market Share 17,9% pada September, Tertinggi di Tahun 2025
Daihatsu Raih Market Share 17,9% pada September, Tertinggi di Tahun 2025
Daihatsu di bulan September alami kenaikan menjadi 11.390 unit dengan pangsa pasar sebesar 17,9%.
© Copyright 2025 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us