13 Komponen Transmisi Manual Mobil dan Fungsinya
Ada berbagai macam komponen transmisi manual. Sebenarnya, transmisi merupakan pedal atau tuas yang dimiliki kendaraan. Untuk kendaraan mobil, transmisi terbagi dalam 2 jenis yakni transmisi manual dan transmisi otomatis.
Mayoritas pemilik mobil mungkin sudah mengetahui bila menjalankan transmisi manual hanya harus menginjak pedal kopling tambahan yang dipergunakan ketika menginjak pedal gas, mengerem serta memindah gigi.
Padahal, ada berbagai macam komponen komponen penting yang berada di dalam transmisi manual. Simak dibawah ini!
Baca Juga : Mudah Kok! Ini Tips Mengendarai Daihatsu Sigra Transmisi Manual
Komponen Sistem Transmisi Manual Mobil dan Fungsinya
Inilah komponen-komponen yang dimiliki sistem transmisi manual pada mobil, antara lain:
1. Poros Input Transmisi
Sebenarnya, poros input transmisi adalah roda gigi atau poros yang bekerja secara bersamaan dengan kopling. Komponen ini memiliki fungsi sebagai pemutar gigi di gear box.
2. Gigi Transmisi
Komponen lainnya adalah gigi transmisi. Gigi transmisi digunakan untuk mengubah input dari tenaga yang dihasilkan mesin, dan berubah menjadi input gaya torsi.
Nantinya pengubahan dari gigi transmisi ini akan disesuaikan dengan apa yang diperlukan kendaraan.
3. Garpu Pemindah
Digunakan untuk memindahkan gigi dari porosnya, garpu pemindah ini memiliki fungsi yang penting. Dengan memindahkan gigi dari poros, gigi bisa lebih mudah dipasang maupun dibalikkan.
4. Tuas Transmisi
Nama lain dari tuas transmisi adalah tuas pemindah persneling. Fungsi komponen transmisi manual ini sebagai pengendali pengemudi agar dapat melakukan pemindahan gigi transmisi yang sesuai dengan kondisi pengemudi. Biasanya, komponen ini berada tidak jauh dari sang pengemudi.
5. Tuas Penghubung
Fungsi yang dimiliki dari tuas penghubung adalah untuk menghubungkan antara tuas persneling serta shift fork.
Baca Juga : Berapa Lama Umur Transmisi Matic Mobil? Ini Idealnya
6. Gigi Penyesuaian
Saat Anda tetap dapat memindahkan gigi dengan nyaman dan aman meskipun mobil sedang berjalan, komponen ini akan terlihat,
7. Output Shaft
Poros yang berfungsi untuk mentransfer torsi dari sistem transmisi ke gigi terakhir memiliki nama output shaft. Komponen ini juga dapat digunakan untuk dudukan persneling di mobil.
8. Bak Transmisi
Komponen lain yang harus Anda ketahui adalah bak transmisi. Bak transmisi ini digunakan untuk dudukan bearing transmisi dan poros-porosnya. Bukan hanya itu, bak transmisi juga digunakan sebagai wadah yang menyimpan oli transmisi.
Dengan adanya komponen ini, pergerakan dan pergeseran yang dimiliki setiap komponen dalam sistem transmisi mobil akan berjalan dengan baik.
9. Bantalan
Fungsi dari bantalan adalah mengurangi gesekan yang disebabkan karena permukaan komponen berputar di sistem transmisi.
10. Reverse Gear
Sebagai pengubah putaran output shaft, reverse gear tentu sangat dibutuhkan. Dengan adanya komponen ini, mobil Anda bisa berjalan mundur ketika menggerakkan tuas persneling ke reverse gear.
11. Counter Gear
Ada juga komponen dengan nama counter gear. Komponen ini dipergunakan sebagai penghasil torsi gigi input ke gigi kecepatan.
Baca Juga : 6 Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Yang Jebol
12. Speedometer Gear
Komponen speedometer gear akan membuat kecepatan mobil yang dikendarai menjadi lebih terukur.
13. Hub Slave
Fungsi yang dimiliki komponen hub sleeve adalah pengunci penyesuaian gigi. Dengan komponen tersebut, output shaft akan berputar serta berhenti.
Ternyata, ada begitu banyak komponen transmisi manual. Karena begitu banyaknya komponen ini, setiap komponen tentu bisa usang dan mengalami kerusakan. Agar dapat mencegah hal tersebut, Anda harus rutin membawa mobil ke bengkel.
Salah satu bengkel yang direkomendasikan adalah bengkel resmi atau dealer Daihatsu. Bengkel resmi Daihatsu akan memberi pelayanan serta penawaran terbaik agar semua suku cadang dan perangkat mobil yang Anda miliki tetap terawat dengan baik.